ad art

Pengertian dan Contoh AD ART Organisasi

Jika bicara mengenai organisasi maka pembahasan tersebut tidak akan pernah lepas dari AD ART atau Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Bagi Anda yang sudah sering berkecimpung dalam organisasi pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Namun masih banyak yang belum mengetahui tentang istilah keorganisasian ini, apalagi cara membuatnya.

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan AD ART? Seperti apa juga contohnya? Kali ini LinovHR akan membahas secara lengkap mengenai segala hal tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang perlu Anda ketahui. 

 

 

Apa Itu AD ART?

AD ART adalah panduan bagi anggota dari sebuah organisasi mengenai apa saja aturan-aturan yang ada saat berorganisasi. Aturan-aturan ini dituangkan ke dalam bentuk tulisan berupa keterangan dan pasal-pasal yang menjadi panduan seluruh anggota organisasi dalam menjalankan kegiatannya. Umumnya, ketentuan yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ini bersifat mengikat bagi seluruh anggotanya. 

Di dalam AD ART berisi tata cara berorganisasi, aturan, hingga sanksi untuk anggota yang melanggar peraturan. Seluruh unsur ini memiliki tujuan akhir agar sebuah organisasi mampu meraih tujuan atau cita-citanya. 

Adanya Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ini maka hubungan antar anggota dan kelangsungan hidup organisasi diharapkan dapat berlangsung tertib dan tanpa harus melanggar sebuah peraturan. Dengan demikian masing-masing anggota bisa membentuk budaya organisasi yang baik demi terciptanya keharmonisan hubungan antar anggota.

Nantinya aturan yang dituangkan di dalam AD ART ini dapat dijadikan acuan saat membuat aturan organisasi yang sifatnya lebih khusus. Dapat dikatakan bahwa sebuah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga adalah pondasi dari sebuah organisasi yang mengatur seluruh anggota dan para anggota terikat pada pedoman tersebut. 

Secara ringkas AD adalah aturan yang bersifat umum, sedangkan ART adalah peraturan-peraturan yang bermaksud mengatur kegiatan sehari-hari organisasi tersebut. 

 

Apa Saja Fungsi dari AD ART?

AD ART adalah aspek penting dari sebuah organisasi, karena di dalamnya terdapat fungsi-fungsi sebagai berikut:

 

  • Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga memiliki fungsi untuk memberikan gambaran bagaimana mekanisme kerja yang terjadi di dalam organisasi.
  • Anggaran Dasar itu sendiri memiliki fungsi sebagai pondasi atau pedoman dasar aturan atau hukum yang dipegang oleh organisasi. 
  • Anggaran Dasar juga berfungsi untuk penjabaran pokok mekanisme organisasi tersebut. 
  • Anggaran Rumah Tangga memberikan keterangan tentang segala hal yang belum dijelaskan dengan rinci pada Anggaran Dasar. 
  • AD ART juga memiliki fungsi sebagai pedoman saat menyusun peraturan yang bersifat internal. Peraturan internal tersebut adalah segala peraturan yang berkaitan dengan pengelolaan manajemen, mulai dari bagaimana hubungan yang terjadi antara pengurus dengan anggota, atau pengurus dengan pengelola dan sebagainya. 
  • AD ART juga berfungsi untuk menyusun peraturan eksternal. Dimana di dalamnya berisi perjanjian atau kesepakatan bersama pihak ketiga yang berkaitan dengan modal. Modal ini sendiri bisa berupa perjanjian kredit, kerjasama usaha dan lain sebagainya.

 

Baca juga: Mengenal Struktur Organisasi Perusahaan dan Tugas Tiap Jabatan

 

Contoh AD ART

Agar lebih jelas mengenai AD ART, mari melihat contoh berikut ini. Sebagai catatan, contoh di bawah ini hanyalah berupa garis besar AD ART yang bersifat umum, sehingga bisa dijadikan template saat menyusun AD ART untuk organisasi Anda sendiri.

Asumsikan saja contoh berikut adalah rancangan AD ART dari sebuah koperasi karyawan LinovHR. 

 

ANGGARAN DASAR

  1. MUKADIMAH (Bagian ini berisi pembuka yang berisi keterangan keberadaan atau fungsi serta bagaimana dasar pelaksanaan dari organisasi)

 

BAB I 

NAMA DAN TEMPAT

Contoh: Koperasi LinovHR yang selanjutkan akan disebut Koperasi bertempat di: 

 

  1. Jalan* :
  2. Kecamatan* :
  3. Kelurahan*
  4. Kota* :
  5. Provinsi*

 

(*=isi sesuai alamat organisasi Anda)

 

PASAL 1

NAMA, WAKTU & TEMPAT

  1. Koperasi ini memiliki nama Koperasi LinovHR 
  2. LinovHR bertempat atau berkedudukan di Jakarta

 

PASAL 2

WAKTU

Koperasi LinovHR berdiri pada (sebutkan tanggal) 


 

BAB II

SIFAT, ASAS DAN TUJUAN

 

PASAL 1:

SIFAT

Koperasi LinovHR adalah organisasi (sosial, politik, kemasyarakatan, pendidikan dan lain-lain) yang memiliki sifat (kekeluargaan/gotong royong/dan lain-lain)

 

PASAL 2: 

ASAS

Koperasi LinovHR memiliki asas berlandaskan Pancasila

 

PASAL 3

TUJUAN

Koperasi LinovHR memiliki tujuan: 

  • Mensejahterakan anggotanya
  • Memberi dukungan ekonomi dan sosial kepada anggotanya
  • Dll

 

BAB III

 

PASAL 1

USAHA (Berisi misi yang dimiliki organisasi)

Agar tujuan yang tercantum pada pasal 5 terpenuhi maka Koperasi LinovHR menjalankan kegiatan usaha berupa Unit Simpan Pinjam/Toko Retail/Jasa/dll. 

(Selebihnya dapat dijabarkan dengan rinci apa saja usaha-usaha yang dilakukan oleh organisasi Anda)


 

BAB IV

KEANGGOTAAN

 

PASAL 1 

ANGGOTA

  1. Anggota Koperasi LinovHR merupakan setiap orang yang telah memenuhi syarat keanggotaan.
  2. Ketentuan lebih lanjut mengenai keanggotaan Koperasi LinovHR akan diatur di dalam Anggaran Rumah Tangga

 

BAB V

ORGANISASI

 

PASAL 1

CAKUPAN KERJA

  1. Koperasi LinovHR memiliki wilayah kerja di lingkungan internal perusahaan pada alamat dan tempat yang telah disebutkan sebelumnya. 
  2. (Dapat diisi oleh susunan pengurus)

 

PASAL 2

KEPENGURUSAN

  1. Pimpinan organisasi LinovHR disebut sebagai Ketua
  2. Persyaratan agar terpilih menjadi pengurus adalah sebagai berikut: (tulis poin-poin syarat menjadi pengurus)
  3. Masa jabatan pengurus adalah (tentukan berapa tahun)

 

PASAL 3

TUGAS PENGURUS (penjabaran tugas yang diemban pengurus)

a.

b.

c.


 

BAB VI

LAMBANG ORGANISASI

 

PASAL 1

Koperasi LinovHR memiliki lambang yang menyiratkan makna filosofi koperasi yang dianut. 

 

Baca juga: Kekurangan dan Kelebihan Struktur Organisasi Lini


 

BAB VII

KEUANGAN

 

PASAL 1

Keuangan LinovHR (atau nama organisasi Anda) didapatkan dari:

  1. Iuran anggota
  2. Anggaran perusahaan
  3. Sumbangan 
  4. (tambahkan lagi jika memang ada sumber lain)

 

PASAL 2

Seluruh jumlah keuangan yang diperlukan akan digunakan untuk operasional/pembelanjaan keperluan koperasi/dll (silahkan diisi sesuai tujuan anggaran). 


 

BAB VIII

ANGGARAN RUMAH TANGGA

 

PASAL 1

Segala hal yang tidak atau belum diatur di dalam Anggaran Dasar akan kemudian diatur di dalam Anggaran Rumah Tangga yang berisi penjabaran rinci bagaimana pelaksanaan Anggaran Dasar. 


 

BAB IX

PERUBAHAN ART

 

PASAL 1
  1. Perubahan Anggaran Dasar ditetapkan oleh ketua/forum anggota/dll. 
  2. Perubahan dari Anggaran Dasar ini akan dianggap sah apabila ditandatangani ketua/memenuhi kuorum/dihadiri oleh seluruh anggota/dan lain-lain. 

 

BAB X

PEMBUBARAN

 

PASAL 1

PEMBUBARAN KOPERASI

Pembubaran Koperasi LinovHR (atau organisasi Anda) akan ditetapkan dan diatur di dalam, rapat/pertemuan anggota/rapat final lima tahunan/dll, atas alasan (dapat disebutkan alasan yang mendasari pembubaran). 


 

BAB XI

PENUTUP

 

PASAL 1

PENUTUP

Segala hal yang belum diatur didalam Anggaran Rumah Tangga akan diatur di dalam Peraturan Khusus.


 

Catatan: Contoh di atas adalah contoh sederhana dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga sebagai pedoman awal bagaimana gambaran dari sebuah AD ART. 

AD ART adalah komponen yang sangat penting dimiliki oleh organisasi apapun. Sebab seluruh pengurus sampai dengan anggota dapat mengetahui apa saja tugas, kewajiban dan pedoman bagaimana sebaiknya bertindak dan melakukan sesuatu di dalam manajemen organisasi. Dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang jelas maka tidak akan ada kebingungan mengenai arah organisasi.