software hris Indonesia

Membandingkan Software HRIS Indonesia dan Luar Negeri, Lebih Bagus Mana?

Manajemen SDM telah berkembang semakin kompleks dari tahun ke tahun, terutama dengan berkembangnya pekerjaan jarak jauh dan tren globalisasi. Ekspektasi perusahaan terhadap sistem informasi sumber daya manusia (SDM) pun juga terus tumbuh dan berubah.

Dibutuhkan software HRIS yang dapat mendukung perkembangan SDM tersebut. Membahas tentang HRIS, saat ini terdapat dua pilihan yang sering diperbincangkan yaitu menggunakan software hris indonesia atau software hris dari vendor luar negeri.

 

Tren Penggunaan HRIS Tahun 2022

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai perbandingan software hris indonesia maupun software hris luar negeri, tidak ada salahnya untuk melihat lagi tren penggunaan HRIS yang akan terjadi di tahun 2022.

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh perusahaan Software Sage menemukan bahwa 81% eksekutif mengatakan bahwa teknologi terkait SDM memainkan peran penting dalam tahun 2022, terutama di masa Covid-19 ini. 

Sementara itu, 83% pemimpin SDM mengatakan bahwa teknologi membantu mereka menjadi lebih responsif dan fleksibel selama masa perubahan kebutuhan. Pengelolaan SDM dituntut untuk berkembang dengan cepat. 

 

Perbandingan Software HRIS Indonesia dan Luar Negeri

Dilansir dari TechTarget, sebuah HRIS mempunyai 3 fungsi inti, yakni:

  1. Core HR dan Payroll
  2. Talent Management
  3. Workforce Management.

 

Oleh karena itu ketika ingin membandingkan antara software hris indonesia dengan luar negeri penting untuk membandingkan ketiga fungsi inti HRIS tersebut ke setiap jenis software hris baik itu dari indonesia maupun dari luar negeri.

Simak ulasan dari LinovHR mengenai perbandingan ketiga fungsi inti tersebut.

 

Core HR & Payroll

Secara umum, antara software hris luar negeri maupun dari indonesia telah memiliki fitur Core HR dan Payroll yang cakap. Akan tetapi terdapat beberapa poin yang perlu Anda perhatikan.

Software HRIS indonesia memiliki fitur Asset Management di dalamnya, sedangkan luar negeri tidak punya.

Fitur Asset Management dapat membantu Anda dalam mengontrol aset perusahaan secara mudah, sehingga memperkecil resiko kehilangan aset. Selain itu, proses dokumentasi juga bisa lebih praktis jika dibandingkan menggunakan spreadsheet. 

 

Talent Management

Pada umumnya Talent Management memiliki beberapa fitur seperti ini:

  • Recruitment dan onboarding
  • Performance management. 

 

Poin plus pada software HRIS indonesia adalah mempunyai kedua fitur tersebut ditambah dengan dua fitur lainnya yang tak kalah penting pada talent management, yakni fungsi Learning Management dan Succession Management.

Succession Management dapat memudahkan HR untuk melakukan pencarian kandidat pengganti untuk posisi penting pada perusahaan. 

Sedangkan Learning Management sendiri berfungsi untuk memberikan pelatihan serta pengembangan skill ke karyawan. 

 

Baca Juga: Mengenal Workforce Planning dan Tahapannya

 

Workforce Management

Workforce Management adalah salah satu komponen pembentuk HRIS yang penting. Software HRIS luar negeri telah banyak memiliki fitur ini.  Tetapi Software HRIS Indonesia LinovHR juga memiliki berbagai modul dan fitur yang dapat membentuk workforce management menjadi lebih baik.

Seperti fitur time management untuk memudahkan HR mengatur jadwal kerja karyawan, lalu ada ESS yang membuat karyawan lebih mudah saat mengajukan izin tidak masuk kerja atau melakukan presensi.

Selanjutnya ada reimbursement yang memberi kemudahan karyawan untuk mengajukan klaim reimburse, selain itu HR juga akan lebih mudah dalam melakukan manajemen reimburse khususnya bagi perusahaan yang memiliki karyawan ratusan bahkan ribuan.

Disamping kedua modul dan fitur tersebut masih banyak lagi modul dan fitur dalam Software HRIS LinovHR yang akan membuat workforce management berjalan menjadi lebih baik.

Selain itu ada beberapa keunggulan penting dari software HRIS indonesia dibandingkan luar negeri, diantaranya adalah:

  1. Dari sisi peraturan ketengakerjaan sudah sesuai dengan indonesia
  2. Sudah sesuai dengan budaya kerja indonesia

 

LinovHR: Software HRIS Indonesia, Fitur Terlengkap

 

software hris

 

Dilihat dari ulasan sebelumnya, fitur yang dimiliki oleh software HRIS Indonesia tak kalah lengkapnya dari software luar.

Jika Anda telah berpikir untuk menjatuhkan pilihan Anda ke software HRIS Indonesia, LinovHR merupakan solusi yang tepat. 

LinovHR adalah software HRIS Indonesia yang memiliki berbagai fitur modern yang berfungsi untuk menyederhanakan kegiatan HR sehari-hari untuk mencapai tujuan bisnis secara strategis. 

LinovHR dapat memberikan kemudahan atur data HR, penggajian karyawan, dan kegiatan krusial HR lainnya baik yang bersifat teknis maupun strategis melalui penerapan HRIS yang baik. 

Tidak perlu khawatir akan human error dalam penyajian data, LinovHR memiliki tingkat keakuratan yang tinggi. Tak hanya itu, keuntungan lainnya Anda akan menghemat banyak waktu dan tenaga, karena semuanya dapat terselesaikan dengan mudah dengan LinovHR. 

 

LinovHR sebagai software HRIS Indonesia menyediakan berbagai jenis fitur dan modul yang Anda butuhkan untuk menciptakan pengelolaan Human Resource dan Payroll perusahaan yang efisien dan efektif.