hr

Mewujudkan Kebahagiaan Karyawan Dengan Aplikasi SDM Online

Perusahaan terdiri dari beberapa orang dengan kepribadian yang berbeda. Perbedaan yang ada membuat kemungkinan munculnya berbagai macam konflik, seperti perbedaan gaya bekerja, miskomunikasi, dan lain-lain. Belum lagi dengan padatnya tugas yang dikerjakan karyawan. Penting bagi HRD untuk mengoptimalkan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) agar karyawan merasa bahagia dan bekerja secara optimal dengan Aplikasi SDM Online. 

 

Mengapa Kebahagiaan Karyawan Penting? 

Bahagia di tempat kerja berarti menikmati sepenuhnya apa yang dilakukan. Karyawan yang bahagia biasanya adalah orang-orang yang peduli dengan perusahaan. Saat karyawan bahagia, mereka merasa berharga dan lebih terdorong untuk bekerja. Memiliki karyawan yang bahagia sangat penting untuk kelangsungan hidup dan kinerja perusahaan mana pun.

 

Baca Juga: Cara Mengatasi Miskomunikasi dari HR

 

Karyawan yang bahagia akan bekerja lebih keras, bekerja sama lebih baik dalam tim, dan umumnya lebih produktif. Karyawan juga akan lebih aware dengan kondisi sekitarnya dan mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya. Semua faktor tersebut akan bersatu dan membawa perusahaan selangkah lebih maju dalam meraih keuntungan. Di samping itu, kebahagiaan karyawan juga akan mempengaruhi citra perusahaan. Karyawan unggulan dan terbaik merasa lebih betah bekerja di perusahaan dan enggan untuk beralih ke perusahaan lain.  Citra baik akan tercipta dan menjadi magnet yang  mengundang talenta dari kandidat unggulan di luar sana. 

 

Hubungan Pengelolaan SDM dengan Kebahagiaan Karyawan

HRD sebagai pihak yang secara langsung mengelola SDM memainkan peran penting dalam membina kebahagiaan karyawan. Walau pekerjaan dan tugas karyawan menumpuk, pihak HRD harus mampu mencari celah untuk membina hubungan baik agar menciptakan suasana kerja yang menyenangkan. Contoh kegiatan sederhana yang bisa diselenggarakan oleh HRD adalah games sederhana atau family gathering. Namun, pandemi COVID-19 yang sedang melanda dunia tidak memungkinkan untuk mengadakan acara yang melibatkan banyak orang. HRD profesional tidak akan kehabisan akal. Cara yang bisa dilakukan adalah menyelenggarakan interaktif games online yang bisa diikuti semua karyawan saat karyawan sedang work from home

Menciptakan kebahagiaan pun tak hanya bisa dilakukan dengan penyelenggaraan kegiatan yang menyenangkan. Tata kelola administrasi karyawan seperti penggajian, pencatatan kehadiran, approval cuti, dan lain-lain pun juga akan mempengaruhi kebahagiaan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan lancarnya kegiatan administrasi yang dilakukan oleh HRD akan mempengaruhi karyawan. Misalkan, proses penggajian yang lancar sehingga karyawan selalu menerima gaji tepat waktu, proses approval cuti tidak berbelit, dan pengajuan slip gaji mudah adalah salah satu contoh bagaimana lancarnya proses administrasi akan membuat karyawan lebih bahagia. 

Saat staf HRD mampu menciptakan kebahagiaan melalui berbagai macam strategi dan pengelolaan SDM yang baik, karyawan akan merasa nyaman dan senang bekerja dalam perusahaan meski ada berbagai tantangan yang muncul selama bekerja. Karyawan tidak akan merasa sendirian dalam menghadapi berbagai hal di pekerjaannya, karena mereka tahu bahwa perusahaan akan selalu mendampingi dan membina karyawan dengan baik. Karyawan yang lebih bahagia akan bekerja lebih produktif dan termotivasi dibandingkan dengan karyawan yang merasa tidak betah. 

 

Mengelola SDM dengan Aplikasi SDM Online

Walau bekerja sebagai pihak yang berwenang untuk mengelola SDM, staf HRD bagaimanapun juga berstatus sebagai karyawan yang punya tantangan dan hambatan tersendiri selama bekerja. Pengelolaan SDM merupakan kegiatan yang melibatkan banyak data dan informasi karyawan. Sering kali ditemukan hambatan seperti kesalahan input atau pengolahan data dan informasi karyawan. Ketika hal itu terjadi, karyawan pun akan merasa tidak puas karena merasa dirugikan. Contohnya, karyawan mendapatkan kabar buruk bahwa anggota keluarganya meninggal dunia dan harus izin cuti hari itu juga. Tidak mungkin karyawan saat itu juga membuat surat cuti dan menunggu approval secara manual, bukan? Hal ini dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan Aplikasi SDM Online. 

 

Baca Juga: Mudah Mengajukan dan Mengelola Cuti Online

Tidak hanya itu, tumpukan tugas HRD membuat staf HRD juga sering merasa kewalahan. Makanya, alih-alih membahagiakan karyawan lain, staf HRD justru tambah dibuat stress dengan berbagai tumpukan tugas administrasi manual dan sulit untuk dituntaskan. Staff HRD jadi mudah stress dan gampang terdistraksi dalam menyusun rencana strategis berkaitan dengan pengembangan karyawan. Jika sudah demikian, saatnya perusahaan beralih dari pengelolaan SDM manual ke Aplikasi SDM Online yang memudahkan pekerjaan HRD. 

 

Tingkatkan Kebahagiaan Karyawan dengan Aplikasi SDM Online dari LinovHR

Penting untuk diingat bahwa staf HRD di perusahaan adalah karyawan juga yang bertanggung jawab untuk mengelola karyawan lain. Dengan beralih ke Aplikasi SDM Online dari LinovHR, HRD dapat memanfaatkan otomatisasi dan sinkronisasi data karyawan guna mempercepat dan membuat  tugas administrasi HRD jauh lebih cepat. Misalkan dalam penggajian, proses dapat dilakukan secara serentak untuk banyak karyawan sekaligus. Hasilnya, karyawan akan lebih cepat menerima gaji bulanan dengan perhitungan yang akurat. 

Karyawan pun tak perlu menunggu waktu lama dalam berbagai pengajuan untuk kebutuhan tertentu. Contoh lainnya adalah dalam pengajuan cuti mendadak untuk keperluan penting. Karyawan cukup mengajukan cuti kepada HRD secara online tanpa perlu membuat surat atau pergi ke kantor terlebih dahulu. Pengajuan cuti yang masuk dalam sistem Aplikasi SDM Online akan terdata secara real time, sehingga dapat disetujui oleh pihak manajerial saat itu juga. Dengan begitu, karyawan merasa puas dan bangga bekerja dalam perusahaan. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Aplikasi SDM Online tidak hanya memudahkan proses administrasi dan pengelolaan SDM, tetapi juga dapat meningkatkan kebahagiaan karyawan, baik dari divisi lain maupun divisi HRD. Karyawan senang, HRD juga ikut  tenang. Tertarik untuk meningkatkan kebahagiaan karyawan di perusahaan Anda? LinovHR menyediakan uji coba gratis khusus bagi Anda dengan menghubungi  tim layanan kami.  Tunggu apalagi? Hubungi LinovHR sekarang juga!