task management

4 Task Management Skill yang Dibutuhkan agar Kerja Lancar

Terkadang kita bertanya-tanya tentang bagaimana orang-orang yang sangat sibuk dapat mengatur waktunya dan juga pekerjaannya setiap hari.

Hal ini sangat mungkin untuk dilakukan bila seseorang mengaplikasikan task management yang dapat membantu seseorang untuk mengatur kegiatannya dalam sehari, sehingga waktu yang tersedia akan terorganisir dengan baik.

Namun, apa yang dimaksud dengan task management itu sendiri?

 

Pengertian Task Management

Pada dasarnya, task management adalah penjadwalan dan pengelolaan tugas menggunakan detail dan tenggat waktu tertentu.  Penentuan tenggat waktu ini diharapkan ditaati oleh segenap anggota tim sehingga setiap anggota dapat bekerja sama seproduktif mungkin.

Dengan mengaplikasikan task management, akan dijamin pekerjaan yang Anda miliki untuk selesai dengan tepat waktu tanpa adanya kendala. Tetapi dibutuhkan beberapa skill yang dapat melancarkan pekerjaan untuk menyelesaikan task management.

 Apa saja skill yang dimaksud?

 

Skill Task Management yang Dibutuhkan

Untuk melaksanakan hal tersebut, tentunya dibutuhkan beberapa aspek dalam pengerjaannya.

Berikut ini adalah beberapa contoh task management skill yang cukup dibutuhkan dan tentunya akan membekali Anda kedepannya.

 

Pengelolaan Pekerjaan

Anda diharapkan untuk dapat mengelola pekerjaan yang harus diselesaikan sesuai dengan prioritas dan juga tenggat waktu yang sudah ditentukan.

Seorang karyawan harus memahami apa saja yang harus dilakukan supaya pekerjaannya cepat selesai tanpa mengurangi kualitas.

 

Menentukan Prioritas

Setelah semua tugas terorganisir, Anda akan mengetahui mana saja tugas yang harus diselesaikan terlebih dahulu sesuai dengan deadline yang sudah ditentukan sehingga Anda akan lebih produktif setiap harinya untuk mengerjakan tugas tersebut untuk mencapai hasilnya sebelum tenggat waktu.

 

Kolaborasi tim

Hal ini tidak hanya untuk individu, namun dapat juga mencakup kolaborasi tim. Dengan bekerja sama, Anda akan mendapatkan gagasan terbaik dari anggota tim sehingga akan lebih cepat untuk menyelesaikan tugas.

 

Efisiensi waktu

Dibandingkan memutuskan untuk tugas apa yang harus dikerjakan selanjutnya atau mana yang lebih penting, dengan menggunakan task management Anda kan lebih mudah untuk mengurangi waktu yang terbuang sehingga Anda akan selalu tahu mengenai tugas apa yang harus segera dikerjakan.

 

Baca Juga: Tuntaskan Rekap Absensi dengan Software Time Management LinovHR!

 

Bagaimana Cara Memilih Tools Task Management yang Tepat?

Perlu diketahui juga bahwa penggunaan task management tools untuk mengorganisir pekerjaan akan lebih mudah dibandingkan mengerjakan proyek tanpa menggunakan media yang tepat atau cara manual.

Memilih tools management yang tepat untuk task management merupakan hal yang cukup penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan pemilihan tools yang benar dan tepat sesuai dengan kebutuhan akan memberikan kemudahan dalam perencanaan dan juga penyelesaian tugas hariannya.

Sebelum memilih tools yang tepat, penting untuk diketahui juga beberapa hal sebelum berinvestasi pada suatu tools.

Dibawah ini adalah beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri untuk lebih jelas dalam hal mengenai kebutuhan penggunaan task management dan penentuan tools itu sendiri.

 

  • Proyek seperti apa yang hendak Anda kerjaan?

Penting bagi Anda untuk mengetahui proyek apa yang Anda kerjakan dan sekiranya hal-hal yang bersangkutan mengenai proyek tersebut, sehingga penggunaan tools tidak sia-sia.

Jangan sampai Anda sudah berinvestasi menggunakan tools management namun proyek yang Anda kerjakan tidak serumit itu dan dapat dikerjakan tanpa perencanaan yang rumit.

 

  • Apakah kolaborasi tim sering dilakukan dan dapat memberikan keuntungan dengan fitur-fitur yang disediakan oleh tools management?

Anda harus mengenali pola kerja tim Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan tools sehingga tools yang digunakan untuk task management pun tidak sia-sia untuk digunakan.

 

 

  • Berapa banyak orang dalam tim Anda?

Hal ini tentunya sangat penting karena akan memberikan dampak dalam perihal biaya yang digunakan untuk menggunakan tools task management.

 

  • Apakah Anda membutuhkan fitur laporan dan analitis? 

Bila Anda membutuhkan fitur ini, tentunya akan berpengaruh dengan jenis tools yang Anda gunakan untuk melakukan task management.

 

Baca Juga: Anda Sering Minderan? Mungkin Itu Gejala Inferiority Complex! 

 

HRIS LinovHR: Lancarkan Semua Tugas HR dengan Mudah

software hris

 

Task management memanglah hal yang cukup dibutuhkan bagi beberapa orang perihal mengatur tugas-tugas yang banyak dalam kesehariannya. Salah satu orang yang cukup membutuhkan tools untuk task management adalah seorang HR.

Maka dari itu, LinovHR menyediakan berbagai hal yang akan membuat para HR lebih mudah dalam hal mengelola tugasnya.

LinovHR menyediakan berbagai fitur seputar HR yang meliputi rekrutmen, organization management, personnel administration, payroll, performance management, competency management, reimbursement, succession management, time management, loan, ESS atau employee self services hingga learning and development.

Fitur-fitur ini tentunya akan didapatkan dari penggunaan software HR yang ditawarkan oleh LinovHR. Ingin tahu lebih lengkap mengenai HRIS LinovHR? Klik tautan berikut dan ajukan demo bersama tim kami!

Demikian ulasan mengenai  task management dan skill yang perlu dikuasai agar kinerja Anda lebih produktif.

Dengan manajemen dan komunikasi yang baik, diharapkan berbagai tugas lebih terstruktur dan juga dapat selesai sesuai dengan tenggat waktu yang sudah ditentukan. Semoga dapat membantu!

 

Referensi:

https://www.teamwork.com/blog/task-management/