pengusaha sukses

Mau Jadi Pengusaha Sukses? Ikuti 10 Tips Berikut Ini!

Pengusaha adalah sebuah profesi yang cukup diidamkan banyak orang. Walau terkesan hebat, pengusaha harus serba bisa, jago lobi, punya koneksi, dan diandalkan. Banyak yang gagal menjadi pengusaha sukses karena kurangnya ketekunan dan niat yang setengah – setengah. Menjadi pengusaha sukses pun diperlukan kerja ekstra dan ketekunan. Apa saja yang harus Anda lakukan jika ingin menjadi pengusaha sukses? Simak tips-tips untuk menjadi pengusaha yang sukses di bawah ini! 

 

Kenapa harus menjadi Pengusaha? 

Pertanyaan yang selalu dilontarkan orang – orang adalah kenapa sih harus menjadi pengusaha? Pengusaha kesannya punya fase hidup yang naik turun sebelum bisa jadi pengusaha sukses. Sebagian hidupnya tidak tenang dan setiap hari harus dikejar deadline dan target untuk mengembangkan bisnisnya. Baik itu usaha yang dirintis dengan modal investor, maupun modal sendiri atau bahkan pinjaman. Anda yang lebih memilih untuk punya pekerjaan dengan profesi dan gaji tetap pasti bingung kenapa orang – orang ingin sekali menjadi pengusaha. 

Pengusaha adalah orang membuka lapangan pekerjaan, bukan mengambil lapangan tersebut. Pengusaha menambah kesempatan bagi orang di luar sana untuk meningkatkan derajat atau memenuhi kebutuhan hidupnya. Menjadi pengusaha membuat individu bisa belajar banyak hal, hidup dengan banyak inovasi atau dipaksa untuk menghasilkan inovasi

 

Tips Cara menjadi Pengusaha Sukses

Menjadi pengusaha memang bukan impian semua orang. Tetapi bisa menjadi pengusaha sukses sudah pasti keinginan semua orang. Tidak mudah menjadi seorang pengusaha, tapi bukan berarti hal itu tidak mungkin. Anda bisa mulai dengan mengikuti 10 tips menjadi pengusaha yang sukses berikut ini. 

 

Kerja keras 

Satu poin yang lugas dan menjadi utama dalam proses menjadi seorang pengusaha yang sukses adalah kerja keras. Sebelum menjadi pengusaha, pikirkan kembali niat dan latar belakang. Perlu ada motivasi besar yang mendorong untuk menjadi seorang pengusaha dan poin selanjutnya yang terpenting adalah passion. Memiliki pekerjaan masih mungkin tanpa atau sedikit passion. Tapi pengusaha akan mengalami kesulitan terbesar jika apa yang diusahakannya bukanlah passion dalam hidupnya. 

 

performance review

Percaya Diri 

Pengusaha harus mempercayai apa yang ia tawarkan sebelum membuat orang lain percaya pada produk yang ditawarkan. Bagaimana membuat orang lain percaya atau tergoda untuk menggunakan atau membeli produk atau layanan kita jika kita saja tidak pernah mengetahui bagaimana rasanya? 

Seorang pengusaha tidak hanya harus yakin dan percaya diri pada calon pelanggannya tetapi juga investor jika modal yang digunakan diperoleh dari investor. Contoh saja sebuah startup, pengusaha yang merintis usaha ini pasti sudah lebih dulu mendekati calon investor mereka dengan konsep yang meyakinkan dan penuh percaya diri sebelum usaha tersebut dirintis. 

 

Berani ambil risiko dan tidak mudah takut

Pengusaha yang sukses bisa lahir karena mereka mampu mengambil resiko dan mengesampingkan rasa takut. Tapi jangan salah kaprah, banyak pengusaha gagal juga dilahirkan dari terlalu sembrono mengambil risiko dan over confidence. Keberanian mengambil resiko juga harus didukung dengan kalkulasi dan analisa. Tidak sembarangan berani mengambil resiko jika tidak memprediksi bagaimana outcome  yang mungkin dihasilkan dari keputusan yang diambil. Namun, kalkulasi dan analisis juga membuat kita tidak ragu – ragu dalam mengambil keputusan. 

 

Partner, Keuangan, dan Waktu

Seorang calon pengusaha harus mampu memilih dan menentukan partner, keuangan atau modal usaha serta mendedikasikan waktunya untuk usaha yang dirintis. Pilih partner dengan tingkah laku yang baik, bertanggung jawab, dan jujur serta yang terpenting punya visi yang sama dengan kita. 

Tentukan asal modal usaha dan pelajari bagaimana sifat masing – masing modal usaha tersebut agar mampu mengelolanya dengan baik. Poin utama dari usaha yang kerap diremehkan adalah financial. Meskipun banyak modal yang digelontorkan, jika efektivitas pemakaiannya tidak dipikirkan matang, maka modal hanya akan hangus tanpa membuahkan hasil. Keuangan juga menentukan keberlangsungan usaha yang dirintIs. Selanjutnya adalah waktu. Pengusaha harus bisa mendedikasikan 24 jam waktunya dan harus bisa kapan saja. 

 

Baca Juga: 8 Kiat Menentukan Skala Prioritas Pekerjaan dengan Mudah

 

Koneksi

Penting bagi seorang pengusaha untuk mencari koneksi dan membangun relasi. Karena calon – calon pelanggan serta investor lahir dari koneksi tersebut. Pengusaha harus serba bisa mendekat dan masuk ke dalam lingkaran – lingkaran dari berbagai kultur dan lingkungan. Apalagi jika lingkaran tersebut sudah spesifik menjadi targetnya. Perluas sebanyak – banyaknya koneksi.

 

Segera Lakukan

Ide dan inovasi tidak bisa dipendam terlalu lama. Jika sudah jelas, laksanakan karena ide tersebut juga harus sesuai timingnya. Jika tidak, ada berjuta – juta pengusaha lainnya yang juga sudah memikirkan ide tersebut.  Maka, rencana saja tak akan cukup untuk menjadi pengusaha yang sukses. 

 

Belajar dan Analisa 

Pengusaha harus cepat dalam berinovasi. Berbeda dengan pekerja tetap di bawah naungan pemimpin, pengusaha harus berpikir seratus bahkan seribu kali lebih cepat dan lebih banyak. Ide harus berkembang, ikuti trend, dan pasang target. Belajar dari kesalahan juga termasuk dalam tips untuk menjadi pengusaha sukses. Gagal bukan berarti tidak pernah sukses. Kegagalan justru memberikan ide untuk inovasi selanjutnya. 

 

Fokus 

Kerja keras, koneksi, dan poin lainnya tidak akan berjalan jika pengusaha tidak fokus, tidak mampu menemukan atau menentukan objektif secara jelas. Tidak bisa langsung menjaring semua, tetapkan fokus, kemudian buat menjadi baik sebelum berpindah fokus pada yang lain. 

 

Jadikan pelanggan sebagai salah satu sumber masukan

Apapun usaha yang dirintis tentu saja untuk kebutuhan target customer atau pelanggan maupun pengguna. Mengerti apa yang mereka mau merupakan tips penting agar pengusaha mampu mengembangkan usahanya. Dekat dengan pelanggan, mengerti dan belajar dari pengaduan – pengaduan pelanggan kemudian buat semuanya lebih baik. 

 

Pahami sektor industri yang digeluti

Poin yang satu ini seharusnya ada di benak calon pengusaha sukses pertama kali ia ingin merintis usahanya. Pelajar sektor industri yang digeluti, tahu mau pelanggan, siapa kompetitor, dan ciptakan inovasi baru dari hasil analisis tersebut. Pengusaha sukses mampu memahami dan  membaca situasi perkembangan industi tempatnya bergerak. 

Tidak mudah menjadi pengusaha sukses di Indonesia maupun internasional. Karena pengusaha harus memiliki dorongan yang kuat, kegilaan yang tinggi untuk menciptakan sebuah ide dan inovasi. Ide tidak muncul hanya dengan duduk dan berpikir atau bahkan membaca teori saja. Meski harus struggle di awal, pengusaha yang sudah sukses dapat meningkatkan kekayaannya lebih besar dari pekerja biasa, membantu alur produk ke pasar nasional maupun internasional, bahkan bisa meningkatkan pendapatan nasional. Nah, sudahkah Anda siap menjadi pengusaha?