Bootcamp

Baru Lulus Kuliah Tapi Belum Pede Kerja? Ikut Bootcamp Solusinya!

Berhasil mendapatkan kerja dengan cepat setelah lulus kuliah merupakan impian hampir setiap orang. Namun, pada kenyataannya masih banyak hal yang perlu Anda siapkan sebelum benar-benar siap terjun ke dunia kerja. Salah satu alternatif untuk belajar dan mendapat pekerjaan adalah dengan mengikuti program bootcamp. 

Pada dasarnya program tersebut memungkinkan pesertanya mendapatkan program studi secara intensif sehingga mendapatkan keterampilan tertentu dengan cepat.

Saat ini, tersedia cukup beragam program dengan beberapa bidang yang Anda dapat pilih. Tidak lagi terbatas hanya pada bidang yang berkaitan dengan IT namun masih dalam lingkup digital.

Kali ini LinovHR akan membahas lebih dalam mengenai program bootcamp serta menjelaskan berbagai manfaat serta perbedaannya dengan program kuliah biasa.

Simak terus artikel berikut ini.

 

Apa Itu Bootcamp?

Bootcamp adalah sebuah program pelatihan yang intensif yang dirancang khusus untuk para calon profesional sesuai dengan bidang program tersebut.

Umumnya, program ini mengkhususkan bidang IT yang bertujuan untuk menghasilkan orang-orang yang siap bekerja menjadi software engineer, developer, dan sebagainya.

Namun seiring berjalannya waktu, terdapat bidang-bidang lain dari program ini seperti digital marketing. Bootcamp dilaksanakan rata-rata selama tiga hingga enam bulan dengan materi khusus yang telah dipersiapkan.

Program ini tentunya memberikan Anda pengetahuan dasar serta keterampilan yang spesifik yang pastinya dibutuhkan oleh perusahaan ketIka Anda telah menyelesaikan program.

Sebagai contoh programming bootcamp, beberapa materi yang perlu dipelajari di antaranya yaitu:

  • Web Development
  • UI/UX
  • Software Engineering, dan lain-lain.

 

Selain itu dalam bootcamp juga akan mempelajari bahasa pemrograman seperti Java, Ruby, Phyton, SQL, dan lain-lain.

Waktu yang dibutuhkan program ini tergolong relatif singkat. Meskipun demikian, Anda tetap akan mendapatkan materi-materi penting yang dapat membantu Anda menguasai keterampilan yang diperlukan oleh perusahaan nantinya.

 

Apa Bedanya Kuliah dengan Bootcamp?

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, program bootcamp memiliki perbedaan dalam segi waktunya. Program tersebut dapat diselesaikan selama 3-6 bulan dengan materi yang begitu padat.

Selain itu, hal yang membedakannya dengan kuliah pada umumnya adalah harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Anda tidak perlu membayar selama 8 semester seperti layaknya kuliah pada umumnya.

Hal lain yang menjadi pembeda adalah materi yang dipelajari jauh lebih fokus dan singkat. Jika Anda bandingkan dengan materi kuliah yang relatif banyak dan umum, materi dalam program bootcamp lebih padat dan singkat sehingga peserta dapat dengan mudah mengaplikasikan keterampilannya segera.

 

Baca Juga: 10 Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

 

Manfaat Mengikuti Bootcamp

Perkembangan teknologi yang kian mutakhir membawa transformasi digital semakin cepat. Hal ini tentunya harus diikuti dengan adaptasi yang cepat terhadap teknologi.

Perusahaan-perusahaan saat ini banyak membutuhkan tenaga kerja yang mampu mengoperasikan teknologi dengan sebaik-baiknya. Oleh sebab itu, program bootcamp ini ada untuk menjawab semua tantangan tersebut.

Berikut beberapa manfaat bagi Anda jika mengikuti program intensif ini.

 

1. Dapat Belajar dalam Waktu Singkat

Jangka waktu menjadi salah satu manfaat program bootcamp yang perlu Anda ketahui. Rata-rata program ini memakan waktu sekitar 3 bulan sampai dengan 6 bulan.

Meskipun waktu yang ditempuh relatif singkat, Anda masih mendapatkan begitu banyak materi yang tidak kalah penting seperti materi di bangku kuliah. Bahkan, ketika Anda telah menyelesaikan program tersebut Anda sudah siap untuk terjun langsung ke dunia kerja.

 

2. Memperbesar Peluang Mendapatkan Pekerjaan

Dengan mempelajari banyak keterampilan-keterampilan yang diperlukan oleh perusahaan saat ini menjadikan bootcamp salah satu cara agar Anda segera mendapatkan pekerjaan.

Hal ini karena materi yang diajarkan kepada para peserta telah dipersiapkan sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Selain itu, umumnya terdapat hiring partner yang segera dapat merekrut Anda setelah menyelesaikan program secara penuh.

 

Baca Juga: Skill Wajib yang Wajib Dikuasai Programmer Handal 

 

Jenis Bootcamp

Terdapat beberapa jenis bootcamp yang dapat dibagi menjadi dua kategori besar yaitu berdasarkan jadwalnya dan berdasarkan jenis programnya.

 

Berdasarkan Jadwalnya

Program bootcamp biasanya memiliki dua pilihan jadwal untuk para pesertanya yaitu part time dan full time. Bagi Anda yang sedang aktif memiliki pekerjaan atau jadwal kuliah yang tetap, Anda dapat memilih program part time.

Program part time umumnya dilaksanakan pada malam hari. Lamanya waktu program ini kurang lebih 34 minggu.

Sementara itu terdapat jenis bootcamp full time. Peserta jenis program ini diharapkan dapat fokus terhadap pembelajaran sehingga mendapatkan keterampilan yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis part time.

 

Berdasarkan Jenis Bidangnya

Meskipun secara umum bootcamp memberikan program pelatihan yang berkaitan dengan bidang IT, saat ini telah berkembang meluas ke beberapa bidang lainnya.

Saat ini banyak ditemukan digital marketing bootcamp dimana pesertanya akan dipersiapkan untuk terjun langsung ke dalam dunia digital marketing. Seperti yang diketahui, banyak bisnis yang bertransformasi ke arah digital untuk mengikuti perkembangan bisnis dan berkembangnya literasi digital di kalangan masyarakat.  

Selain bidang digital marketing, terdapat program business development. Bidang ini sangat penting bagi perkembangan perusahaan khususnya di bidang teknologi. Bahkan, jika Anda ingin mengikuti program business development tidak perlu memiliki latar belakang bisnis sebelumnya.

Salah satu jenis bootcamp yang paling banyak saat ini adalah programming bootcamp. Dalam program tersebut tentunya Anda akan mempelajari banyak hal mengenai IT programming yang siap terjun ke dalam pekerjaan IT Developer.

 

PT Lawencon Internasional menawarkan mereka yang berminat dalam dunia IT untuk mengikuti program bootcamp yang dilaksanakan 1 – 3 bulan secara intensif.

Lulusan dari program tersebut dipersiapkan untuk menjadi IT Developer dengan pembekalan proyek pengembangan software perusahaan.

 

Tentunya program ini menjadi opsi yang menarik bagi Anda yang baru lulus dan masih ingin mengasah keterampilan kerja lebih dalam. Anda juga dapat memperluas networking dimana dapat menunjang karir Anda.

 

Nah, bagaimana apakah Anda tertarik untuk mengikuti bootcamp?

Tentunya mengikuti bootcamp merupakan salah satu opsi yang menarik mengingat tingkat kompetisi yang ketat dalam mendapatkan pekerjaan.

Semoga ulasan singkat di atas dapat memberi wawasan baru serta bermanfaat untuk Anda!