Kupas Tuntas Tentang Sales Manager dalam Perusahaan

Kegiatan penjualan produk atau jasa perusahaan dapat berjalan lancar dengan adanya sales manager atau pemimpin penjualan. Dimana posisi ini memimpin tim penjualan dan menjadikannya lebih solid. Dapat dipastikan bahwa pemimpin dalam penjualan memegang peranan penting dan tidak dapat dihilangkan. Sosok mereka juga mempengaruhi peningkatan dan penurunan penjualan perusahaan. 

 

Apa itu Posisi Sales Manager?

Berdasarkan jurnal dari Career Explorer, sales manager adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memimpin dan mengarahkan tim penjualan (sales). Profesi ini memiliki tugas utama mengatur kuota dan target dari para sales. Serta  turut membuat perencanaan penjualan perusahaan untuk jangka pendek dan jangka panjang. Sementara itu, berdasarkan tulisan yang dirilis oleh Management Study Guide, sales manager menjadi orang yang bertanggung jawab dalam tercapainya target penjualan produk atau jasa dari perusahaan.

Pada hakikatnya profesi sales manager setara dengan manager-manager lainnya. Sebab mereka adalah orang pertama yang bertanggung jawab jika terjadi kegagalan dan keberhasilan proses penjualan. Divisi sales memiliki anggota di bawah pimpinan yakni sales yang bersedia menjalankan program yang sudah direncanakan perusahaan.

 

Tugas Sales Manager

Semua perangkat perusahaan memiliki tugas beragam untuk mendukung operasional. Ada beberapa tugas sales manager yang harus dilaksanakan demi berjalannya penjualan produk atau jasa perusahaan, antara lain: 

 

Mengawasi Tim Penjualan

Manajer akan mengepalai seluruh staf dan tim penjualan. Oleh sebab itu pekerjaan tim penjualan harus diarahkan dan diperhatikan dalam pengawasan manager. Diharapkan setelah dilakukannya pengawasan dan pengarahan akan mendorong tim sales bekerja secara dinamis untuk mencapai target perusahaan.

 

Menangani Keluhan Konsumen

Seringkali pelanggan perusahaan protes atau mengeluh atas produk atau jasa yang digunakan. Oleh karenanya, pemimpin penjualan dituntut dapat menangani keluhan dari para pelanggan apabila tim sales tidak sanggup menanganinya. 

 

Menyusun Anggaran

Supaya kinerja tim sales berjalan dengan lancar maka dibutuhkan anggaran. Dalam hal ini penyusunan anggaran tim penjualan ditentukan oleh pemimpin sales. Adapun penyusunan anggaran ditentukan berdasarkan kebutuhan dan prioritas tim sales perusahaan.

 

Memimpin Penjualan

Profesi ini bertugas memimpin sales karena kinerjanya akan mempengaruhi produktivitas tim sales. Jadi, seorang pimpinan sales dituntut agar memiliki sikap kepemimpinan. Selain itu, melakukan analisis data sales setiap minggu dan bulan agar memperoleh penghitungan yang tepat.

 

Memberikan Keuntungan Pada Perusahaan

Sales manager harus siap memberikan kontribusi bagi perusahaan, terutama dalam hal mendatangkan keuntungan dari penjualan. Seperti pencapaian target penjualan agar memberi keuntungan kepada perusahaan.

 

Menentukan Bentuk Promosi

Disamping itu, perlu merencanakan bentuk promosi yang efektif untuk diterapkan kepada divisi pemasaran. Waktu penyelenggaraan promosi dan teknik promosi akan ditentukan oleh manager. Tujuannya agar arah para sales lebih pasti dan mencapai target dengan kinerja maksimal. 

 

Menyelenggarakan Pelatihan

Manager juga mendorong kinerja sales dengan cara menyelenggarakan pelatihan. Termasuk menjadwalkan pelatihan bagi divisi sales guna meningkatkan performa tim penjualan. Manager akan meminta bantuan kepada HRD untuk menyusun program pelatihan tersebut. 

 

Skill yang Harus Dimiliki Sales Manager

Skill atau keterampilan akan melengkapi tugas seseorang dalam perusahaan. Jika ingin menjadi pemimpin penjualan yang profesional dan handal, maka berikut skill yang harus dimiliki:

 

Komunikasi

Kemampuan untuk berkomunikasi merupakan kualifikasi penting yang dimiliki kepala sales. Sebab, manager akan banyak memberi arahan dan berbicara kepada staf sales yang lain mengenai seputar penjualan. Kelancaran komunikasi dapat memberikan informasi produk dan pengarahan rencana kepada semua staf sales.

 

Leadership

Seorang manager harus memiliki skill leadership karena bertindak sebagai pimpinan sekaligus memberikan motivasi kepada anggota tim agar bekerja dengan semangat dan memberikan kontribusi maksimal bagi perusahaan.Tanpa adanya skill leadership yang cukup, maka bisa dibilang seorang manager tidak layak untuk mengisi posisi tersebut. 

 

Baca Juga: Berbagai Gaya Leadership yang Wajib Manager Ketaahui

 

Perencanaan

Semua perencanaan harus disusun dengan matang, apalagi untuk penjualan yang berhubungan langsung dengan pendapatan perusahaan. Perencanaan yang matang dilakukan tim penjualan agar berjalan efektif dan efisien.

 

software hris

 

Tech Savvy

Hampir semua perusahaan sudah memanfaatkan teknologi secara sederhana untuk mendukung operasional. Contohnya e-mail, cloud drive, hingga chat. Penggunaan teknologi tersebut mengharuskan manager menjadi seseorang yang familiar dengan teknologi atau tech savvy. Teknologi dapat mendukung melakukan pekerjaan dalam hal pendataan, pelaporan, analisa, presentasi dan lainnya.

 

Bahasa Asing

Perluasan wilayah penjualan dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Sebab, pembeli datang dari banyak daerah termasuk luar negeri. Agar komunikasi bisnis lancar dengan pembeli dari luar negeri, manager harus menguasai bahasa asing yang umum digunakan seperti Bahasa Inggris atau Mandarin. Kemampuan berbahasa mendorong komunikasi dengan orang asing dan memperluas jaringan perusahaan.

 

Jenjang Karir Sales Manager

Penjualan dalam sebuah perusahaan dipengaruhi oleh seseorang yang memimpin proses penjualan tersebut. JIka penjualan sukses, dapat dipastikan bahwa manager tersebut memiliki kemampuan yang luar biasa. Posisi manager sales dinilai memiliki jenjang karir yang cukup luas. Pasalnya, pengalaman seorang sales mendorong seseorang menjadi multitasking. Terkadang manager penjualan juga dapat merencanakan keuangan dan pengadaan barang bagi perusahaan. 

Jika seorang manager memiliki kinerja yang baik maka berpotensi dipromosikan untuk menduduki jabatan lebih tinggi. Semakin jago dan handal kemampuannya, maka akan semakin luas jenjang karirnya. Bahkan, manager penjualan bisa menjadi kepala cabang dari perusahaan.

 

Gaji Sales Manager

Setiap perusahaan tentu memiliki standarisasi yang berbeda terkait posisi ini, tergantung seberapa besar perusahaan tersebut, tetapi dapat dibuat rata – rata  gaji sales manager berada di kisaran Rp 5 jutaan sampai dengan Rp 8 jutaan.  Tentu semakin kompleks dan besar tanggung jawab maka gaji pun akan berbeda.

 

Kelola Jenjang Karir Sales Manager dengan LinovHR 

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat dipahami bahwa keberadaan manager dalam perusahaan sangatlah penting. HRD patut memastikan apakah orang yang mengisi posisi manager penjualan sudah tepat atau tidak. Apakah harus merekrut orang dari luar perusahaan atau harus melatih staf sales untuk menjadi manager? Apapun keputusannya, HRD harus mengambil keputusan paling tepat dengan risiko paling kecil. Kini LinovHR dapat membantu HRD dalam merencanakan posisi manajerial dengan modul Career Path.

Dengan begitu, Career Path dapat memastikan bahwa posisi krusial seperti sales manager diisi oleh orang yang tepat. Coba gratis Software HRD dari LinovHR, yuk!