Gaya Kepemimpinan

Mengenal Jenis Gaya Kepemimpinan. Anda Termasuk yang Mana?

Setiap orang adalah pemimpin atas dirinya sendiri. Namun tidak setiap orang memiliki kemampuan untuk memimpin suatu kelompok organisasi atau perusahaan. Perlu kemampuan serta pengetahuan untuk bisa menjalankan misi kepemimpinan.

Seorang pemimpin dalam suatu organisasi atau perusahaan juga harus bisa mempengaruhi semua yang terlibat dalam organisasi tersebut. Terutama hal-hal yang berhubungan dengan tujuan yang sudah dibuat sebelumnya. Penerapan gaya kepemimpinan tepatlah yang bisa membuat seorang pemimpin berhasil menjalankan misi kepemimpinan.

Ada banyak gaya kepemimpinan, untuk mengetahui lebih jelasnya mari mengenal lebih jauh apa saja gaya kepemimpinan yang biasa digunakan, atau bahkan salah satunya adalah gaya kepimpinan anda ?

 

1. Pemimpin yang Otokratis atau Otoriter

yang pertama ada gaya kepimpinan yang otokratis atau biasa disebut otoriter, Gaya kepemimpinan yang dalam tindakannya akan mendominasi dari segala macam bentuk pengambilan keputusan, kebijakan, hingga prosedur atas ide yang telah dibuat oleh dirinya sendiri.

Jenis kepemimpinan Otokratis atau otoriter bisa dibilang selalu menjadikan diri sendiri sebagai pusat kekuasaan. Orang yang memiiki gaya kepimpinan ini bahkan akan sangat membatasi saat ada inisiatif atau pendapat dari anggota kelompoknya.

Gaya kepemimpinan ini akan sangat cenderung untuk berkomunikasi 1 arah saja, yakni dari atasan ke bawahan. Di Indonesia, pemimpin dengan gaya seperti ini bisa kita temukan dalam akademi kepolisian, dan akademi kemiliteran.

 

2.Pemimpin yang Birokrasi

Selanjutnya adalah gaya kepemimpinan Birokrasi. Pemimpin dengan gaya ini biasanya diterapkan dalam perusahaan atau organisasi yang secara efektif bisa menjalankan tujuan perusahaan bila karyawan dapat mengikuti tiap alur atau pun prosedur dalam perusahaan secara rutin.

Di dalam gaya kepimpinan ini semua prosedur sudah baku dan telah diatur sehingga para anggota tak bisa melakukan inovasi sebab semuanya sudah diatur dengan jelas sesuai dengan prosedurnya.

 

3.Pemimpin yang Partisipatif

yang ketiga ada gaya pemimpin partisipatif, gaya kepemimpinan yang partisipatif berbeda dengan gaya pemimpin yang sebelumnya. Di sini para anggota dapat memberikan ide, sebab adanya pemecahan masalah akan diputuskan secara bersama atau bergantian.

Artinya pemimpin tak akan membatasi ruang gerak anggota, sebaliknya anggota boleh ikut serta dalam pengambilan keputusan. Maka suasana saling mempercayai bisa saja tercipta karena gaya yang partisipatif seperti ini, Gaya kepimpinan ini banyak diterapkan di perusahaan stratup yang ada di indonesia maupun luar .

 

Baca Juga : Latih Jiwa Leadership Karyawan dengan Materi Kepemimpinan ini

 

4. Pemimpin yang Melayani

Maksud dari gaya kepemimpinan melayani adalah seorang pemimpin jenis ini sangat mampu melayani anggota dengan standar moral spiritual. Para pemimpin yang memiliki gaya ini juga akan lebih mengutamakan apa yang dibutuhkan, kepentingan serta aspirasi dari anggotanya.

Itulah beberapa  gaya kepemimpinan  dalam sebuah organisasi, lembaga atau perusahaan. Masing-masing gaya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga untuk memilih mana yang terbaik tergantung pada kondisi kelompok yang dipimpin. Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, mana gaya kepemimpinan mu?