Manajemen Waktu

Kerjaan Kantor Menumpuk? Gunakan 7 Aplikasi ini untuk Perbaiki Manajemen Waktu Anda

Setiap harinya setiap manusia mendapat jatah waktu yang sama, yaitu 24 jam. Tetapi pernahkah kalian merasa bahwa waktu tersebut tidak cukup? Ketika tumpukan tugas di kantor tampak tak pernah ada habisnya dan deadline menunggu di depan mata, sebanyak apapun waktu pada akhirnya seolah berjalan cepat. Itulah mengapa, manajemen waktu menjadi hal penting yang harus dipahami oleh semua orang terutama mereka yang senantiasa dihadapkan pada banyak tugas setiap harinya.

Beruntung di era teknologi seperti sekarang, manajemen waktu juga sudah memiliki aplikasi yang bisa diakses menggunakan gadget. Penggunaan aplikasi untuk melakukan manajemen waktu tentu akan memberikan kemudahan, efektifitas, dan efisiensi. Pilihan aplikasi manajemen waktupun cukup banyak dengan keunggulannya masing-masing. Berikut 7 aplikasi manajemen waktu yang cocok untuk kalian dengan tingkat kesibukan tinggi.

 

1.Toggl

toogl

Sudah tahu istilah Pomodoro? Pomodoro adalah teknik manajemen waktu di mana kita yang melakukannya harus fokus secara maksimal dalam jangka waktu yang disediakan. Konsepnya dengan membuat blok-blok waktu 25 menit kerja fokus, 5 menit break, lalu 25 menit kerja fokus lagi, dan 5 menit break lagi.

Konsep inilah yang diterapkan dalam aplikasi Toggl dimana berperan sebagai timer yang mengatur kerja atau mengatur pomodoro. Penggunaan aplikasi Toggl akan memudahkan seseorang memantau berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk sebuah pekerjaan. Penggunanya bisa melihat hasil review harian, mingguan, atau bulanan yang tercatat di aplikasi apakah waktu fokus bekerja sudah sesuai atau bahkan menjadi ‘pomodoro terbailik’ alias break lebih panjang dibanding fokus kerja.

 

2.Rescue Time

rescuetime

Menggunakan aplikasi Rescue Time artinya kalian akan dipantau dalam produktivitas mengerjakan tugas-tugas kantor. Hal ini terjadi karena aplikasi Rescue Time berbasis web yang melakukan pelacakan segala aktivitas dunia maya baik di gadget ataupun komputer. Aplikasi ini secara berkala megirimkan update yang menunjukkan data harian, mingguan, bulanan, atau tahunan. Penggunanya bisa melacak tingkat produktivitas hariannya, apakah lebih cenderung habis untuk aktivitas produktif atau yang tidak berkaitan dengan pekerjaan.

 

3.Remember The Milk

remember the milk

Aplikasi manajemen waktu dengan nama unik ini menghadirkan solusi bagi kalian yang bekerja dengan banyak perangkat berbeda. Aplikasi yang kompatibel dengan ponsel, komputer, gmail, outlook, dan sebagainya ini membantu penggunanya dalam mencatat segala hal yang perlu dilakukan dalam satu hari secara terstruktur dan sinkron. Dengan tampilan sederhana, Remember The Milk mirip dengan to-do-list namun dengan fitur yang lengkap seperti widget dan notifikasi.

 

4.MyLifeOrganized

mylifeorganized

Aplikasi manajemen waktu ini fokus untuk membantu penggunanya mengelola tugas. MyLifeOrganized memiliki fitur untuk membuat daftar tugas dan mengaturnya sesuai kebutuhan. Prinsipnya sama seperti to-do-list dimana kalian bisa membuat target dan fokus akan tugas mana yang diprioritaskan.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk disinkronkan dengan perangkat lain. Selain itu, sinkroniasai semua daftar tugas yang ada di aplikasi komputer akan tersimpan di hard disk komputer. Tak kalah pentingnya, terdapat juga alarm pengingat dan mengatur durasi untuk setiap tugas sehingga kalian bisa mengontrol diri agar produktif dalam bekerja.

 

Baca Juga : Manajemen Waktu : Antara Pekerjaan & Keluarga

 

5.Wunderlist

wunder list

Sebagai aplikasi manajemen waktu, Wunderlist berperan sebagai pengingat. Aplikasi yang pernah menyabet penghargaan sebagai aplikasi terbaik Apple tahun 2013 ini, memiliki fitur untuk penggunanya menuliskan pekerjaan yang harus dikerjakan. Bisa diakses baik dari desktop, iOS, atau android, Wunderlist tampak sederhana namun dengan fitur yang cukup memadai. Beberapa fitur selain daftar agenda dan alarm pengingat ialah berbagai list agendakepada teman, mengatur tanggal deadilne, email notofikasi yang terkirim otomatis, menambahkan konten web di browser, dan lain sebagainya.

 

6. Todoist

todoist

Aplikasi Todoist akan membantu penggunanya dalam menjadwalkan semua tugas yang ingin dilakukan (task manager). Setiap item bisa ditandai sebagai prioritas dan diberi tenggat waktu sehingga akan lebih memudahkan memanajemen waktu. Setidaknya ada 4 fitur utama di Todist yaitu Inbox, Today, Next 7 days, dan Tab Project, Labels, dan Filters.

 

7. Forest

forest

Manajemen waktu yang ditawarkan aplikasi Forest adalah memberikan penggunanya kesempatan untuk fokus pada apa yang dikerjakan dengan tidak memegang smartphone. Caranya sederhana namun cukup unik, pengguna cukup membuka aplikasi forest dan menanam pohon virtual. Atur waktu pertumbuhan pohon yang merupakan waktu mengerjakan tugas, maka pohon ini akan terus tumbuh selama penggunanya tidak keluar dari aplikasi forest. Artinya, jika pengguna sering fokus pada pekerjaan, maka ia bisa memiliki hutan virtual.

 

Tumpukan tugas di kantor memang menyebalkan. Tetapi dengan manajemen waktu yang baik, hal tersebut bisa dihindari. Jika biasanya gadget justru menjadi alasan kita tidak produktif, maka dengan menggunakan 7 aplikasi diatas, gadget justru bisa sangat membantu. Tapi semua tentu akan kembali kepada konsistensi diri sendiri.