tindakan ekonomi

Tindakan Ekonomi : Pengertian, Jenis, Motif, Beserta Contoh di Kehidupan Sekitar

Kehidupan manusia modern tidak pernah lepas dari tindakan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Mungkin hal ini tidak akan disadari banyak orang. Lantas, apakah yang dimaksud dengan tindakan ekonomi? Semua akan dibahas melalui ulasan LinovHR di bawah ini! 

 

Pengertian Tindakan Ekonomi

Sebelum bicara jauh tentang tindakan ekonomi, mari simak seperti apa pengertian ekonomi itu sendiri. Ekonomi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang berfokus untuk mempelajari tentang produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga hal tersebut merupakan asas yang saling berkaitan satu sama lain yang berada dalam lingkaran ekonomi.

 

Untuk lengkapnya, mari perhatikan pengertian tindakan ekonomi menurut para ahli. 

Dilansir dari sumber yang terpercaya, Rohmatul hamidah mengatakan bahwa Tindakan Ekonomi yaitu adalah segala upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Lebih dari itu, Rendy Andika juga mengungkapkan bahwa Tindakan Ekonomi yakni seluruh usaha manusia untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup yang jumlahnya tidak terbatas. Tindakan yang dilakukan umumnya selalu dengan pertimbangan yang cukup baik berdasarkan skala prioritas untuk bisa mencapai kemakmuran hidup masing-masing.

Dikutip dari wikipedia, Tindakan Ekonomi adalah sebuah istilah yang mengacu pada setiap usaha manusia yang selalu dilandasi oleh sebuah pilihan. Umumnya manusia akan selalu memilih pilihan yang dianggap paling baik dan paling menguntungkan untuknya. 

Hal ini juga sesuai dengan penjelasan Subhan El-Hafiz dalam buku Psikologi sosial kontemporer yang menyatakan bahwa pilihan rasional manusia adalah ketika pilihan tersebut lebih menguntungkan untuk dirinya. Seperti itulah sifat umum manusia dalam menentukan sebuah pilihan. Di bawah ini merupakan jenis-jenis dari tindakan ekonomi, diantaranya adalah: 

Jadi, dapat dikatakan bahwa tindakan ekonomi adalah suatu perbuatan yang dilakukan manusia guna mencapai titik tertentu dalam kesejahteraan. Secara umum tindakan ini dianggap sebagai cara manusia bertahan hidup dengan memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Dalam tindakan manusia selalu memiliki pilihan untuk melakukannya dengan sempurna agar hal tersebut bisa berjalan sesuai harapan. Tindakan yang harus dilakukan juga selalu bersinggungan dengan hal-hal yang dianggap prioritas. Hal tersebut umumnya membuat manusia memilah mana yang harus didahulukan berdasarkan sebuah kepentingan.

 

Baca Juga: Ekonomi Manajerial: Pengertian, Tujuan & Ruang Lingkup

 

Salah satu ciri dari tindakan ekonomi adalah ketika tindakan tersebut bisa dilakukan dengan mempertimbangkan pengorbanan untuk mencapai titik tertentu hingga hasil. Tak jauh berbeda dengan sebab akibat, tindakan ekonomi juga merupakan hal yang tidak terjadi dengan cuma-cuma atau gratis begitu saja.  

 

Jenis-Jenis Tindakan Ekonomi

 

Tindakan Ekonomi Rasional

Sesuai dengan namanya, tindakan ekonomi rasional sebuah tindakan yang dilakukan oleh seseorang berdasarkan pilihan  yang paling rasional bagi orang tersebut. Tindakan rasional selalu didasari oleh pertimbangan yang dianggap lebih menguntungkan. Karena berorientasi pada hal-hal yang dianggap menguntungkan, tindakan rasional umumnya selalu mencapai pada tingkat perolehan dengan kepuasan yang sangat maksimal. 

Dalam bisnis, tindakan yang rasional juga sangat penting untuk mempertahankan usaha Anda. Hal ini tentu saja sangat berkaitan dengan situasi pandemi yang saat ini menyulitkan banyak pihak tak terkecuali juga para pengusaha. 

Tindakan rasional bisa saja menjadi alternatif satu-satunya yang bisa dilakukan agar usaha tetap berjalan. Misalnya ketika pandemi dan pemasukan bisnis Anda berkurang, perusahaan  perlu memikirkan tindakan apa yang paling rasional saat ini. Bisa berupa dengan meminimalisir pengeluaran perusahaan atau dengan tetap mencari target pasar lain seperti memberikan potongan harga, diskon dll.

 

Baca Juga: Pengertian Segmentasi Pasar dan Jenis-Jenisnya

 

Tindakan ekonomi rasional juga sangat bermanfaat untuk individu sebagai cara dalam bertahan hidup. Lagi-lagi saat pandemi seperti ini, tindakan rasional akan sangat membantu setiap orang yang ingin bertahan dalam krisis. 

Maraknya PHK dalam sektor bisnis juga sangat terasa bagi orang-orang yang kehidupan sehari-harinya bergantung pada hal tersebut. Meskipun tindakan ini dilakukan oleh seorang individu, namun dampak dari keputusan tersebut bisa jadi berpengaruh pada orang sekitarnya. Contohnya ketika individu tersebut menentukan skala prioritas antara keinginan dan kebutuhan. 

 

Tindakan Ekonomi Irasional

Tak seperti tindakan rasional, tindakan irasional adalah berupa tindakan yang awalnya dianggap akan menguntungkan namun justru menuai hasil yang tidak sesuai harapan. tindakan irasional adalah suatu tindakan yang dilakukan setiap individu yang menurutnya akan menguntungkan namun hasil akhirnya malah merugikan. Mengapa demikian? Umumnya hal ini terjadi akibat individu tersebut tidak begitu memperhatikan faktor-faktor lain yang amat beresiko.

Tindakan irasional biasanya terjadi tanpa pertimbangan yang mendalam. Sebab hal tersebut diluar dari kemampuan individu. Maka, ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh individu untuk menghindarinya. Caranya yakni mpertimbangkan banyak faktor-faktor tak terduga lainnya seseorang setidaknya bisa menghindari hal-hal yang menyebabkan kerugian. 

 

Baca Juga: Pengertian Kegiatan Ekonomi dan Contohnya

 

Motif Tindakan Ekonomi

Secara umum, terdapat motif tindakan ekonomi, yakni: 

 

Motif Intrinsik 

Motif intrinsik berasal dari dalam individu. Semua yang dilakukan karena kemauan diri sendiri. 

 

Motif Ekstrinsik 

Sementara itu, motif ekstrinsik berasal dari luar diri seorang individu. Jadi, yang tindakan dilakukan berdasarkan faktor eksternal. 

 

Tujuan Dari Tindakan Ekonomi

Mengapa individu harus melakukan tindakan ekonomi? Apa saja tujuannya? Simak poin berikut! 

  • Supaya mampu menganalisis dan kemudian membedakan hal yang menguntungkan dengan hal yang merugikan. 
  • Mampu membedakan kualitas dan harga barang dan jasa
  • Mampu menentukan skala prioritas sehingga bisa membedakan barang atau jasa yang dibutuhkan dan yang diinginkan

Dari poin yang dijelaskan diatas, bisa diambil satu kesimpulan dari tujuan tindakan ekonomi yang merupakan sebuah keputusan yang menentukan cara bertahan. 

Tujuan dari tindakan sangat penting sebab hal tersebut bisa membuat manusia lebih berhati-hati dan mempertimbangkan sesuatu sebelum mengambil keputusan.

 

Baca Juga: Apa Itu Resesi dan Bagaimana Cara Atasi Resesi?

 

Contoh Tindakan Ekonomi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut contoh-contoh dari tindakan ekonomi :

Contoh Tindakan Ekonomi Rasional

  • Kemajuan teknologi mempermudah proses Anda untuk memilah dan memilih suatu produk. Kini banyak sekali orang yang menjual suatu produk dengan persaingan yang ketat dan harga cukup bersaing. Dengan begitu  Anda bisa memilih suatu produk yang lebih bagus dengan harga lebih murah. Dengan kemajuan teknologi Anda bisa langsung membedakan suatu produk berdasarkan ulasan serta penjelasan dari penjual itu sendiri. 

 

Contoh Tindakan Ekonomi Irasional

  • Jika Anda terjebak dalam suatu kondisi dimana harus memilih prioritas antara kualitas atau harga. Misalnya ketika Anda hanya memiliki uang 100 ribu rupiah dan harus membeli kebutuhan pokok seperti beras yang harganya 80 ribu rupiah dengan kualitas terbaik. Namun jika Anda membeli beras seharga 80 ribu, Anda hanya memiliki sisa uang 20 ribu untuk membeli bahan pokok lain yang pastinya itu tidak akan cukup. 

 

Baca Juga: Sistem Ekonomi Kerakyatan: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh

 

Anda lalu memutuskan untuk membeli beras dengan harga yang lebih murah namun secara kualitas sangat jauh dari beras harga 80 ribu. Anda berpikir bahwa itu bisa menyisakan lebih banyak uang untuk membeli kebutuhan pokok lain. Sayangnya ketika Anda membeli beras dengan harga lebih murah justru Anda tertipu dengan kualitas yang buruk dimana beras tersebut justru sudah tidak layak konsumsi. 

Hal ini merupakan contoh sederhana dimana Anda yang awalnya berniat untuk menghemat tapi justru malah terjebak. Keadaan membuat Anda sulit untuk mempertimbangkan faktor lain seperti kualitas dari barang tersebut. 

Dengan penjabaran diatas, harusnya kita mampu untuk lebih cerdas dalam menentukan tindakan ekonomi. Sebagai bentuk pertahanan diri yang penting, tindakan ekonomi harusnya dipelajari lebih jauh agar kita memiliki cukup pondasi ketika hendak menentukan prioritas. Semoga penjabaran di atas bisa memberi insight yang bermanfaat untuk Anda.