ekonomi manajerial

Ekonomi Manajerial: Pengertian, Tujuan & Ruang Lingkup

Perusahaan akan melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bisnis. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menerapkan ilmu ekonomi manajerial yang baik di perusahaan. Simak ulasan LinovHR secara tuntas mengenai ekonomi manajerial.

 

Pengertian Ekonomi Manajerial

Apa itu ekonomi manajerial? Ekonomi manajerial adalah suatu ilmu yang mengkombinasikan antara teori ekonomi dan teknik dalam mengambil keputusan. Melalui pengetahuan demikian, diharapkan perusahaan bisa memperoleh target dengan lebih efektif dan efisien.

Konsep ekonomi manajerial adalah pengelolaan organisasi secara baik. Hal ini dilakukan dengan cara pengambilan keputusan, menjalankan kegiatan, dan pencapaian tujuan. Jadi, bila dipahami secara seksama, ilmu ini dapat diimplementasikan baik untuk bisnis maupun luar bisnis.

Dengan pemahaman secara mendalam pada ilmu ekonomi, pimpinan organisasi akan lebih bijak dalam melakukan sinergi operasional antar divisi kerja. Sehingga segala hambatan dan masalah dapat diselesaikan sedini mungkin.

Selain itu, aktivitas kerja baik karyawan maupun antar divisi dapat berkolaborasi dengan semakin maksimal. Alhasil, target organisasi dapat tercapai dan kesejahteraan pun diperoleh.

 

Baca Juga: Mengenal Pengertian dan Ruang Lingkup Ekonomi Makro

 

Tujuan Ekonomi Manajerial

Penerapan ekonomi manajerial memiliki beberapa tujuan. Berikut beberapa tujuan tersebut.

 

1. Pengelolaan Finansial

Fungsi utama ilmu ini untuk mengelola finansial agar organisasi dapat memperoleh laba sebanyak mungkin. Hal ini dilakukan dengan menganalisis komponen operasional sebaik mungkin.

Jadi, bila hal demikian dapat terlaksana maksimal, potensi target laba tak tercapai akan menurun. Sehingga perusahaan tidak mengalami pailit.

 

2. Metode Evaluasi

Pengetahuan manajerial dapat digunakan sebagai metode evaluasi aturan perusahaan yang lama menjadi baru. Hal tersebut akan sangat bermanfaat bila terjadi perubahan jajaran pimpinan.

Dengan begitu, pimpinan baru bisa menganalisis aturan lama yang telah berlangsung. Lalu, menemukan celah pengembangan manajemen yang baik.

 

3. Mempermudah Penyelesaian Masalah

Fungsi selanjutnya dari wawasan ini adalah membantu pimpinan dalam penyelesaian berbagai masalah. Ekosistem bisnis terus terbarukan setiap waktu. Hal tersebut tentu akan membuat perusahaan menemukan berbagai masalah.

Bila manajemen memahami ekonomi manajerial dengan optimal, maka pencapaian perusahaan akan mencapai ke tingkat maksimal.

 

4. Memperbaiki Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan bukanlah hal yang mudah. Manajemen perlu memperhatikan berbagai aspek dan analisis. Dengan wawasan manajerial yang luas, jajaran manajemen organisasi bisa mengambil keputusan dengan lebih cepat dan tepat. 

 

5. Mengenal Ekosistem Bisnis dengan Lebih Dekat

Ekonomi manajerial memiliki peran dalam mengidentifikasi ekosistem bisnis. Hal tersebut lantaran ilmu ini memiliki kaitan erat dalam pengambilan keputusan. Setiap pengambilan keputusan tentu harus menganalisis bisnis dengan tepat.

Maka dari itu, semakin sering manajemen mengambil keputusan maka kian paham pula dengan ekosistem bisnis yang sedang berkembang. Dengan demikian, perusahaan Anda dapat mengikuti perkembangan perdagangan dari waktu ke waktu. 

 

Baca Juga: Pengertian, Tugas, Fungsi dan Tujuan Administrasi Keuangan

 

Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

Adapun ruang lingkup yang masuk dalam jejaring ekonomi manajerial, meliputi sebagai berikut:

 

Teori Perekonomian

Teori Ekonomi menjadi dasar pengambilan keputusan dalam ilmu ini. Dalam penerapannya, ilmu ekonomi terbagi menjadi dua area utama yang vital, yaitu makro dan mikro. 

Ekonomi mikro memiliki kaitan dengan aktivitas perekonomian, meliputi perdagangan, sumber daya, aktivitas individu. Lalu, untuk ekonomi makro lebih condong kepada iklim investasi, penghasilan, lapangan kerja, dan sebagainya.

 

Teknik Dalam Mengambil Keputusan

Dalam ilmu manajerial diperlukan langkah pengambilan keputusan yang akurat. Hal demikian dapat dilakukan dengan kepemilikan sumber daya, meliputi manusia, uang, material dan metode. Dengan kombinasi antara keempat hal tersebut, bisa diperoleh hasil keputusan yang lebih tepat.

 

Wawasan Administrasi Bisnis

Dalam ekonomi manajerial disokong oleh banyak elemen. Salah satunya ialah wawasan administrasi bisnis. Bila manajemen di perusahaan Anda paham betul dengan prinsip ekonomi manajerial maka akan lebih mudah dalam mengelola organisasi.

Pengelolaan tersebut dapat meliputi manajemen SDM, keuangan, dokumentasi, akuntansi, dan analisis pencapaian target. Alhasil perusahaan dapat beroperasi dengan lebih efisien.

 

Di dalam bisnis, ekonomi manajerial memiliki peran vital dalam upaya pengembagan operasioanl perusahaan Anda. Ada baiknya, dalam memilih jajaran pemimpin, perusahaan Anda memilih orang-orang yang paham betul dengan ilmu ekonomi manajerial. Dengan demikian, jalannya perusahaan Anda akan terlaksana dengan lebih tertata, terstruktur, dan sesuai dengan visi misi organisasi.