cari kerja

Tips Jitu Cari Kerja untuk Lulusan Baru Anti Pusing

Setiap tahunnya terdapat lulusan baru dari  berbagai universitas di seluruh Indonesia. Para mahasiswa baru tersebut mau tak mau harus siap bersaing dengan sesama lulusan baru untuk mendapatkan pekerjaan. Tidak jarang terdapat beberapa lulusan baru mengalami kesulitan dalam proses pencarian kerja. Namun, sulit cari kerja bukan berarti tidak mungkin untuk mendapatkan pekerjaan yang diidamkan. Untuk mengatasi kesulitan dalam proses pencarian kerja, berikut tips mencari kerja bagi para lulusan baru.

 

Ketahui Jenis Pekerjaan yang Diinginkan

Pekerjaan pertama yang akan didapatkan oleh lulusan baru merupakan pintu gerbang bagi langkah karir yang lebih tinggi. Agar tidak salah melangkah, ketahui jenis pekerjaan yang diinginkan sebelum melamar pekerjaan. Dalam memilih pekerjaan bagi lulusan baru, sebaiknya mempertimbangkan pengalaman dan kemampuan terhadap jenis pekerjaan yang dipilih.

 

Gunakan Website Job Portal

Ada banyak lowongan pekerjaan yang tersedia di internet. Oleh karena itu, gunakan website job portal untuk mempermudah pencarian lowongan kerja. Pastikan lowongan kerja dari website job portal tersebut merupakan lowongan yang valid dan tidak memuat unsur penipuan. Lowongan yang memuat unsur penipuan umumnya meminta sejumlah uang dari calon pelamar kerja dengan dalih biaya administrasi.

 

Catat Semua Lamaran Kerja yang Dikirimkan ke Perusahaan

Agar lebih mudah melacak kemana saja lamaran kerja disebar, sebaiknya para lulusan baru mencatat semua lamaran yang telah ditujukan ke perusahaan tertentu. Pencatatan lamaran ini juga dapat digunakan sebagai pembanding lowongan dari satu perusahaan dengan perusahaan lain demi mendapatkan pekerjaan yang paling sesuai dan cocok.

 

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar

 

Jangan Hanya Menunggu

Sebagai pencari kerja, lulusan baru tidak bisa hanya berdiam diri menunggu satu kepastian dari lamaran kerja yang telah dilamar. Sebaiknya lamaran tetap dikirim ke perusahaan lain sembari menunggu kepastian lamaran kerja.

 

Asah Skill Sambil Menunggu Kepastian

Sambil menunggu kepastian lamaran kerja, hal lain yang dapat dilakukan oleh lulusan baru adalah mengasah skill. Mengasah skill bisa dilakukan melalui mengikuti kursus gratis maupun berbayar, review materi semasa perkuliahan, maupun membaca buku untuk mengasah daya analisis. Mengasah skill juga dapat meningkatkan kompetensi lulusan baru. Sehingga ketika mendapatkan pekerjaan, lulusan baru memiliki skill yang bagus dan dapat pelan-pelan mengikuti pola kerja rekan yang sudah berpengalaman.

 

Percaya Diri dan Jangan Berkecil Hati

Jangan merasa berkecil hati ketika mendapatkan penolakan dalam proses pencarian kerja! Penolakan adalah hal yang wajar dialami oleh lulusan baru khususnya yang belum pernah terjun ke dunia kerja secara langsung. Tetaplah percaya diri dan mencoba hingga mendapatkan pekerjaan yang diidamkan. 

 

Manfaatkan Sosial Media untuk Membangun Citra Positif

Sosial media menjadi salah satu platform yang sering digunakan semua orang dalam berekspresi. Tak jarang pihak HRD pun menyeleksi calon karyawan berdasarkan sosial media si calon karyawan. Untuk menarik perhatian HRD, lulusan baru dapat membangun citra positif di sosial media melalui postingan dan interaksi antar pengguna sosial media yang lain dengan positif. Dengan demikian, pihak HRD pun akan mempertimbangkan lulusan baru tersebut untuk bergabung dalam perusahaan.

 

Baca Juga : Trend HR – Menerawang Calon Karyawan lewat Sosial Media

 

Bangunlah Networking yang Positif

Manusia merupakan makhluk sosial yang tak bisa berdiri sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain. Bersosialisasi pun menjadi kegiatan yang tak dapat dipisahkan. Networking yang baik dalam bersosialisasi dapat membantu lulusan baru untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja, skill baru, serta rekomendasi untuk bergabung dalam perusahaan tertentu.

 

Berkonsultasi dengan Pihak yang Lebih Berpengalaman

Sebagai pemula yang mulai ‘berperang’ dalam masa pencarian kerja, lulusan baru membutuhkan banyak saran yang membangun. Jangan malu untuk berkonsultasi! Konsultasi mengenai pekerjaan dapat dilakukan dengan pusat layanan karir yang tersedia di kampus, keluarga, teman, bahkan dosen semasa menjalani perkuliahan. 

 

Berani untuk Belajar dari Kesalahan

Sebuah pepatah menyebutkan bahwa kesalahan adalah salah satu pembelajaran terbaik. Tidak jarang para lulusan baru melakukan kesalahan selama proses cari kerja. Terima kesalahan tersebut dengan berani dan mulai coba untuk perbaiki. Kesalahan tersebut dapat dijadikan pedoman dalam proses selanjutnya agar tak kembali terulang,

 

Sekian tips mencari kerja untuk lulusan baru. Ingat, segala sesuatunya butuh proses dan usaha keras tidak akan mengkhianati hasil. Semoga mendapat pekerjaan idaman bagi para lulusan baru!