hari pertama kerja

Baru Masuk Kerja? Simak Tips Hari Pertama Kerja!

Setelah melewati proses yang cukup panjang, kini tiba saatnya Anda mendapatkan pekerjaan. Agar saat hari pertama kerja dapat memberikan kesan yang baik, pastinya terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan mulai dari kesiapan diri hingga barang apa saja yang harus dibawa. 

Sering kali ketika seseorang memasuki hari pertama kerja pastinya akan muncul perasaan gugup. Namun jangan khawatir, kali ini LinovHR akan memberikan tips bagi Anda yang akan memulai kerja. Langsung saja simak tips di bawah ini!

 

Baca Juga : Baru Menjadi Karyawan? Yuk, Kenali Tipe OJT!

 

1. Melakukan Persiapan Sehari Sebelumnya

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan persiapan sehari sebelumnya. Hal yang mungkin bisa Anda siapkan seperti memilih baju terbaik. Pilihlah pakaian terbaik yang nyaman dan dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Selain itu membawa buku catatan dan pulpen juga menjadi hal penting untuk dibawa. Pastikan semua itu Anda persiapkan dari malam hari agar tidak terburu-buru saat berangkat kerja.

 

2. Jangan Datang Terlambat!

Sebagai karyawan baru yang tidak ingin memberikan kesan buruk di hari pertamanya, sebaiknya Anda datang lebih awal ke kantor. Karena sebagai karyawan baru pastinya terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk memulai aktivitas kerja.

Selain itu Anda juga bisa mengenali kondisi lalu lintas mulai dari rumah hingga sampai kantor, apakah sering terjadi kemacetan atau hal lain yang akan menghambat waktu Anda pergi bekerja.

 

3. Perkenalkan Diri Anda

Sebelum memulai kerja, lakukanlah perkenalan diri kepada semua rekan kerja Anda. Sebutkanlah nama, divisi, tempat tinggal, dan hal-hal lain yang bisa disebutkan. Dengan begitu, seluruh karyawan akan mengetahui keberadaan Anda.

 

4. Ingatlah Rekan Kerja Anda

Setelah memperkenalkan diri, lakukanlah perkenalan dengan sesama rekan kantor. Jangan malu untuk mengajak kenalan dan menyapanya jika bertemu di tempat lain. Hal ini akan menunjukan bahwa Anda adalah orang yang ramah dan sangat terbuka untuk banyak orang. 

 

5. Catatlah Setiap Hal-Hal Penting

hari pertama kerja
Source Image: Pexels

Agar Anda bisa mengingat hal-hal apa saja yang penting dan harus dikerjakan, catatlah semua hal tersebut ke dalam buku kecil atau notes yang terdapat di ponsel Anda. Saat hari pertama kerja, pastinya atasan atau rekan kerja akan memberikan tugas-tugas yang harus Anda kerjakan. Dengan mencatat semua hal tersebut, Anda akan lebih mudah mengingat kembali dengan melihatnya di catatan pribadi.

 

6. Inisiatif Untuk Melakukan Hal Baik

Saat menjadi karyawan baru, lakukanlah inisiatif untuk membantu karyawan lain atau hal-hal baik lainnya. Jadikanlah diri Anda menjadi karyawan yang aktif dan peka terhadap lingkungan sekitar. Hal tersebut akan membuat Anda menjadi lebih mudah berbaur dengan karyawan lain dan juga memudahkan mendapatkan bantuan jika sedang mengalami masalah.

 

7. Jangan Mengerjakan Urusan Pribadi Saat Jam Kerja

Fokuslah pada tugas dan tanggung jawab yang sedang dikerjakan. Jangan mengerjakan pekerjaan lain seperti mengurusi bisnis pribadi, menjalani pekerjaan freelance, atau bermain social media pada saat jam kerja. Lakukanlah semua itu diluar jam kerja atau jam istirahat.

 

8. Dengarkan Setiap Saran

Setiap saran yang diberikan pastinya memiliki tujuan yang baik. Jadi, dengarkanlah setiap saran yang diberikan baik itu dari rekan kerja ataupun atasan Anda. Walau saran tersebut mungkin tidak cocok untuk dilakukan, setidaknya jangan langsung menolak setiap saran yang telah diberikan.

 

9. Usahakan Untuk Pulang Lebih Lama

Dalam aturan kantor, pastinya sudah ditetapkan waktu datang dan pulang kerja. Tapi saat memulai hari pertama kerja, cobalah untuk pulang lebih lama atau keluar bersama karyawan lainnya. Di saat waktu luang untuk menunggu jam pulang ini, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk memulai obrolan dengan teman kerja atau mungkin dengan atasan divisi Anda.

 

10. Hindari Izin Jika Tidak Penting

Hindarilah untuk meminta izin atau cuti untuk keperluan yang tidak terlalu penting seperti liburan atau hanya sekedar sakit ringan. Jika dalam sebulan pertama kerja Anda sudah meminta izin, cuti, atau mendadak tidak masuk tanpa memberikan alasan yang jelas pastinya akan memberikan kesan yang buruk kepada rekan kerja Anda.

 

Baca Juga : Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja & Contohnya

 

Demikianlah tips hari pertama kerja yang mungkin bisa Anda lakukan. Semoga beberapa tips di atas bisa membantu Anda untuk lebih bisa berbaur dengan karyawan lain dan dapat melakukan setiap tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Selamat bekerja!