Trend Teknologi HR - Aplikasi dan Software HR

Trend Teknologi HR: Lakukan Hari Ini Untuk Masa Depan HR

HR Trend saat ini menjadi sangat “trending”. Topik ini pun banyak pula dibahas dengan versi penyampaian seperti bagaimana pekerjaan akan berjalan atau topik akan seperti apa tempat kita bekerja saat ini.

Berbagai Aplikasi dan Software HR yang mumpuni lahir sebagai embrio sekaligus solusi dalam permasalahan HR akhir-akhir ini.

Tentu saja teknologi HR memainkan peran yang besar hampir pada semua penilaian terlebih lagi pada laporan yang mencoba memprediksi masa depan berdasarkan trend yang berlangsung saat ini.

Jadi, apa trend teknologi HR saat ini? Berikut trend teknologi HR saat ini.

 

1. Teknologi Untuk HR

Hal pertama yang perlu dilakukan saat ini adalah pengembangan teknologi pada seluruh bidang HR. Dalam HR perubahan terjadi bukan pada peran dan fungsi HR, namun pada cara kerja HR yang didukung oleh perkembangan teknologi. Anda dapat merasakan dan pasti akan merasakan teknologi dalam HR saat ini.

Kebaruan ini semakin lama menjadi sesuatu yang normal yang pasti dilakukan dalam HR. Jadi, kalau Anda tidak mau tertinggal jauh dibelakang, ini adalah saat yang tepat bagi Anda dan perusahaan untuk meningkatkan teknologi untuk sekarang juga.

 

payroll

 

2. Apps untuk HR

Jika seseorang memberikan pernyataan HR tidak dapat diakses via apps, berikan jawaban tidak untuk hal itu. Faktanya saat ini, Anda sangat dekat dengan teknologi HR salah satunya adalah penggunaan apps.

Optimalisasi mobile untuk website organisasi perlu dilakukan. Hal ini dikembangkan agar dapat digunakan dengan mudah dan diakses melalui apps via mobile.

Pengembangan HR apps dengan tampilan yang simpel serta elegan perlu dibuat. Beberapa apps HR yang dapat diunduh adalah engagement surveys, moods apps dan feedback tools.

 

Baca juga:  https://www.linovhr.com/hrd-modern-wajib-gunakan-5-aplikasi-ini/

 

3. Kolaborasi online dan jejaring sosial

Online tools yang memfasilitasi komunikasi, kerja tim, dan inovasi akan berubah dari “penting” menjadi “krusial”. Apa yang membuat hal ini menjadi krusial?

Tentu saja karena bakat-bakat yang Anda cari ada di mana-mana ―melintasi ranah global atau yang bekerja secara remote― dan tools ini pula yang membawa mereka untuk menciptakan, menyelesaikan, dan berhubungan dengan kolega dan pelanggan yang akan sangat diperlukan.

Organisasi saat ini sudah mencoba berkolaborasi dengan beberapa tools seperti Yammer, Basecamp, ConceptBoard, Slack, dan lain sebagainya untuk menguji secara ekonomi nilai dan keberhasilan organisasi.

 

Baca juga: Trend HR: Kerja Remote dan Manfaat Terbesar di Dalamnya

 

4. Wearables Technologies

Hasil penelitian terkini menunjukkan bahwa 31% responden mengidentifikasi wearables merupakan hal paling penting untuk teknologi HR masa depan. Banyak organisasi berbicara tentang lompatan langsung ke wearables dalam waktu mendatang. 

Yang dimaksud dengan wearables adalah paduan teknologi yang dapat digunakan sebagai peralatan dan perlengkapan sehari-hari. Contohnya smart watch, virtual reality, action camera, dan sebagainya. Kini, staf HRD pun bisa mulai mengelola rapat dan mengatur waktu interview hanya dari smartwatch! Tentu saja hal ini akan berdampak positif bagi kinerja HRD. 

Siap untuk perubahan dan perkembangan tren teknologi HRD?

 

Trend teknologi HR berguna untuk mencari jalan terbaik untuk fungsi HR yang lebih baik. Sehingga, produktivitas kinerja HRD pun dapat jauh lebih baik dibandingkan dengan mengandalkan cara manual. Semoga penjelasan di atas dapat membantu tim Anda dalam mengelola sumber daya manusia!