Pentingnya Software Learning and Development untuk Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Pentingnya Software Learning and Development
Isi Artikel

Software learning and development adalah sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan oleh perusahaan dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh para karyawan yang dimilikinya.

Dengan bantuan perangkat lunak ini, perusahaan dapat meningkatkan skill karyawan dengan cara yang efektif dan efisien.

Seperti yang sama-sama kita ketahui bersama, selama ini tantangan dalam melakukan pelatihan karyawan adalah bagaimana hasilnya dapat diukur dan diterapkan setelah pelatihan berakhir.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai apa itu aplikasi learning and development, simak penjelasan artikel LinovHR berikut sampai tuntas ya!

 

Mengenal Software Learning and Development

Software learning and development adalah suatu aplikasi dari bagian software HR yang bertanggung jawab untuk memberdayakan pertumbuhan karyawan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan mereka untuk mendorong kinerja bisnis yang lebih baik. 

Aplikasi ini sendiri juga sering disebut dengan istilah Learning Management System (LMS) dalam dunia HR. 

Biasanya, perusahaan akan melakukan beberapa program melalui software learning and development, seperti program onboarding dan perekrutan baru, pengembangan karier, pelatihan berkelanjutan, program pengembangan kepemimpinan, pelatihan keterampilan, strategi dan manajemen bakat, hingga kursus-kursus lainnya yang diperlukan seperti pelatihan kepatuhan. 

 

Keuntungan Menggunakan Software Learning and Development untuk Proses Pelatihan

Perusahaan yang menggunakan software learning and development pada proses pelatihan yang mereka lakukan terhadap karyawannya, tentu akan mendapatkan banyak keuntungan dan kemudahan.

Adapun beberapa keuntungan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Dapat Memudahkan Perusahaan dalam Melihat Perkembangan Pelatihan

Keuntungan pertama dari aplikasi learning and development adalah perusahaan dapat dengan mudah dalam melihat perkembangan pelatihan yang dilakukan oleh setiap karyawan.

Dalam hal ini, perusahaan juga dapat mengetahui apakah program pelatihan yang disediakan oleh perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap para karyawan yang mengikuti pelatihan tersebut. 

 

  1. Menghemat Waktu dan Biaya

Selain itu, software learning and development juga dapat menghemat waktu dan biaya yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini dapat terjadi, karena seluruh rangkaian proses pengembangan skill karyawan tidak dilakukan secara manual. 

Seluruh proses pengembangan skill karyawan yang ingin dilakukan oleh perusahaan dapat dilakukan secara otomatis dan terorganisir melalui aplikasi tersebut.

Dengan begitu, perusahaan akan menghemat banyak waktu dan biaya yang bisa dialokasikan untuk kegiatan lainnya yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. 

 

  1. Memudahkan Evaluasi Efisiensi Pembelajaran

Dalam melakukan kegiatan pengembangan skill karyawan, tentu perusahaan harus bisa mengevaluasi dan mengetahui apakah program yang dilakukannya ini memiliki pengaruh terhadap para karyawannya.

Melalui aplikasi learning and development, perusahaan akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan evaluasi terhadap program yang dilakukan terhadap karyawannya.

Hal ini dapat terjadi, karena dalam aplikasi ini seluruh hal yang berhubungan dengan pembelajaran akan terintegrasi. Sehingga perusahaan dapat mengetahui apakah program yang diadakan memang tepat sasaran atau tidak.

 

  1. Dapat Melakukan Personalisasi Karyawan

Melalui aplikasi learning and development, perusahaan juga dapat mengetahui hasil pelatihan dan perkembangan para karyawan selama proses pengembangan skill yang mereka lakukan.

Dalam hal ini, perusahaan dapat menentukan program apa saja yang harus dilakukan oleh karyawan di kemudian hari, guna meningkatkan pengetahuan dan skill karyawan.

 

  1. Lebih Transparan dalam Hal Penggunaan Budget Karyawan

Selain itu, penggunaan software learning and development juga dapat membantu perusahaan untuk melakukan perhitungan terhadap anggaran yang dimilikinya dalam melakukan program pelatihan karyawan.

Dalam hal ini, perusahaan dapat menentukan mengenai cara perhitungan anggaran  yang bisa disesuaikan dengan anggaran utama perusahaan Anda.

Melalui cara ini, tentu perusahaan dapat melihat anggaran yang dimilikinya secara transparan dalam melakukan program pengembangan karyawan. 

 

Baca Juga: Apa Keuntungan Menggunakan LSM Berbasis Cloud?

 

Tips Mendapatkan Software Learning and Development Terbaik

Sebelum menggunakan software learning and development, terdapat beberapa tips yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan software terbaik dalam melakukan aktivitas pengembangan karyawan yang Anda miliki, di antaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Fitur yang Tersedia

Sebelum menggunakan aplikasi learning and development, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah mengenai fitur yang ditawarkan oleh aplikasi yang Anda tunjuk. 

Pastikan aplikasi tersebut mempunyai segala fitur yang dapat membantu perusahaan Anda dalam melakukan kegiatan pengembangan skill karyawan.

Adapun beberapa fitur penting yang harus tercantum dalam aplikasi learning and development, di antaranya seperti e-learning, course, learning, question type, feedback theme, e-learning overview, quiz, ESS request e-learning.

Fitur tersebut wajib sekali ada agar perusahaan bisa menyelenggarakan pelatihan lebih fleksibel, efektif dan efisien.

 

  1. Tingkat Keamanan Data dan Informasi

Keamanan data dan informasi perusahaan adalah salah satu hal yang paling krusial. Maka dari itu, pastikan bagi Anda untuk memilih aplikasi yang sudah terintegrasi dalam tingkat keamanan data dan informasi perusahaan.

 

  1. Kompatibilitas

Hal ini juga tidak kalah pentingnya dari dua hal yang sudah dijelaskan di atas. Seperti yang Anda ketahui, teknologi yang efektif adalah teknologi yang dapat diakses oleh siapapun melalui perangkat apapun.

Maka dari itu, Anda harus bisa memilih aplikasi yang mudah untuk digunakan oleh siapapun dan melalui perangkat apapun.

Dengan menggunakan software learning and development yang kompatibel dengan perangkat apapun, maka para pengguna juga akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses program pelatihan yang disediakan oleh perusahaan kapan saja dan dimana saja.

 

Baca Juga: Menyiapkan Learning Journey Karyawan, Begini Caranya

 

Software Learning and Development Solusi Tingkatkan Skill Karyawan

Software learning and development sangat membantu perusahaan dalam kegiatan pengembangan skill yang dimiliki oleh para karyawan perusahaan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, tentu perusahaan tidak lagi membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang besar untuk mengelola kegiatan pelatihan karyawan. Pelatihan karyawan pun bisa diadakan lebih efektif dan efisien.

Selain itu, aplikasi ini juga akan memudahkan perusahaan dalam mengelola jenis training, konten, budget, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kegiatan pelatihan karyawan secara cepat, tepat, dan mudah.

Di Indonesia sendiri, sudah tersedia software learning and development terbaik yang dapat digunakan oleh perusahaan. 

Software tersebut adalah Learning Management System LinovHR yang memiliki fitur-fitur yang lengkap. 

 

Panduan Mengakses E-learning di LMS LinovHR
Panduan Mengakses E-learning di LMS LinovHR

 

Melalui LMS LinovHR, perusahaan bisa mengadakan pelatihan secara online karena telah tersedia fitur Go to E Learning, di mana dengan fitur ini perusahaan bisa mengunggah materi pelatihan perusahaan ke website atau ESS sehingga karyawan akan mudah mengaksesnya.

Lalu, tersedia juga fitur Course yang mana dengan fitur ini, perusahaan bisa membuat pelatihan secara lengkap dan detail dengan silabusnya. Ada juga fitur Question Type yang memungkinkan Anda untuk membuat pertanyaan untuk menilai keberhasilan pelatihan.

Tipe pertanyaan juga beragam mulai pilihan ganda, skala opini, skala kepuasan, dan lainnya.

Karyawan pun bisa mengajukan pelatihan apa yang mereka inginkan kepada perusahaan melalui ESS Prequest E-Learning.

Dengan menggunakan software Learning Management System LinovHR, perusahaan dapat melakukan kegiatan pelatihan karyawan secara cepat, tepat, dan mudah. 

Tunggu apa lagi? Segera gunakan Software Learning Management System dari LinovHR sekarang juga!

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter