work perfomance

Mengukur Work Performance dengan Software HRD dari LinovHR

Kesuksesan perusahaan tidak mudah diraih. Semua kesuksesan itu diraih dari tekad, dedikasi, dan kerja keras karyawan selama bekerja. HRD (Human Resource Department) memainkan peranan untuk membantu karyawan mengoptimalkan work performance atau performa kerja karyawan. Penilaian dan pengukuran work performance dapat dilakukan melalui evaluasi tahunan yang akan lebih efektif dan efisien melalui Software HRD dari LinovHR. Untuk lebih lengkapnya, simak pembahasan berikut ini! 

 

Pentingnya Work Performance dalam Perusahaan

Performa kinerja dari seorang karyawan adalah langkah awal bagi perusahaan untuk mengembangkan perusahaan lebih baik. Kinerja karyawan bersifat fluktuatif. Dengan kata lain, perusahaan harus secara kontinu mengawasi dan mengontrol kinerja karyawan agar selalu sesuai dalam perencanaan. Setelah itu, perusahaan harus mengevaluasi kinerja karyawan untuk mencari tahu apakah kinerja tersebut berjalan dengan lancar. Bila ditemukan suatu kelemahan atau kesalahan dalam kinerja, HRD dan manajerial akan bersama-sama menyusun rencana mengoptimalkan kinerja karyawan.

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Menerapkan Team Management & Kelola Kinerja Tim?

 

Setelah menyusun rencana untuk mengoptimalkan dan memperbaiki kinerja karyawan, HRD dan manajer akan memberi feedback atau masukan kepada karyawan mengenai apa saja yang harus karyawan perbaiki dalam kinerja mereka. Masukan ini bukan bertujuan untuk menjatuhkan karyawan, tetapi bertujuan untuk meningkatkan kinerja  karyawan jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Dengan begitu karyawan mendapat gambaran luas mengenai apa yang harus diperbaiki atau dipertahankan dari kinerjanya masing-masing. 

 

performance review

 

Fitur LinovHR untuk Mengukur Work Performance 

Tujuan utama dari mengukur work performance adalah meningkatkan komunikasi dan memberikan feedback untuk memperbaiki kinerja. Mengukur performa kerja dengan cara manual bukanlah sebuah pilihan tepat. Jumlah karyawan yang cukup banyak membuat HRD memerlukan banyak lembaran kertas untuk menilai kinerja. Ditambah lagi sulitnya penentuan parameter penilaian yang menyebabkan penilaian kinerja tidak tepat sasaran. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem untuk membantu HRD mengukur performa kerja. 

Software HRD dari LinovHR adalah solusi bagi HRD untuk pengukuran performa kerja yang tepat sasaran. Melalui sistem, penilaian dan pengukuran kinerja karyawan bisa dilakukan secara otomatis untuk beberapa karyawan sekaligus. Penilaian dan pengukuran yang sistematis dapat menghasilkan hasil yang lebih akurat untuk penentuan keputusan dan strategi yang tepat. Fitur Software HRD dari LinovHR yang bisa digunakan untuk mengukur work performance antara lain: 

 

Performance Review

Performance review adalah fitur yang digunakan untuk me-review seluruh kinerja karyawan. Dengan begitu akan terlihat bagaimana perkembangan kinerja karyawan yang bersangkutan. Performance review dapat dilakukan sesuai periode yang ditetapkan HRD dan perusahaan. Terdapat berbagai macam tipe review, yaitu

 

  • Self review,
  • Manager Review,
  • Subordinate Review,
  • Peer to Peer Review,
  • Team Review,
  • Internal Review,
  • External Review,
  • Custom Review

 

 

Goals and KPI

Perusahaan selalu menetapkan serangkaian tujuan atau goals setiap periode untuk mencapai visi misi perusahaan. Fitur Goals pada Software HRD dari LinovHR dapat dimanfaatkan perusahaan untuk menentukan dan mengetahui sejauh mana kinerja perusahaan dalam mencapai tujuannya. Sedangkan untuk KPI (Key Performance Indicators) merupakan fitur untuk melakukan penilaian hasil kerja karyawan berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan. Dengan begitu karyawan dan manajerial akan mengetahui sejauh mana jarak atau gap antara kinerja menuju tujuan tersebut.

 

Baca Juga: Mengelola Company Goals dengan Performance Management LinovHR

 

Feedback

Penilaian atau evaluasi tidak akan lengkap tanpa adanya feedback atau masukan untuk perbaikan kinerja. HRD dapat memanfaatkan fitur feedback yang dapat digunakan untuk memberi masukan kepada rekan kerja, manajer, bahkan untuk dirinya sendiri. Proses tersebut dilakukan sekali di setiap periode yang telah ditentukan. Performance feedback sendiri terbagi menjadi beberapa macam, yaitu: 

 

  • Self Feedback,
  • Manager Feedback,
  • Subordinate Feedback,
  • Peer to Peer Feedback,
  • Team Feedback,
  • Internal Feedback,
  • External Feedback,
  • Custom Feedback. 

 

 

Keunggulan LinovHR dalam Mengukur Work Performance 

LinovHR adalah vendor terpercaya yang berpengalaman dalam membantu pengelolaan karyawan melalui Software HRD. Dengan fitur-fitur yang canggih, Software HRD dari LinovHR mampu mengotomatisasi penilaian dan pengukuran work performance lebih efektif dan cepat. Cloud based server dibalik Software HRD dari LinovHR juga mendukung keamanan dan kerahasiaan data penilaian kinerja. 

HRD dapat melakukan berbagai proses berkaitan dengan work performance seperti penilaian secara otomatis, memantau kinerja karyawan hingga menentukan KPI. Karyawan juga dapat terlibat aktif dalam proses penilaian dengan cara memasukkan daftar pencapaian, menilai kinerja rekannya, dan menilai kinerjanya sendiri. Cara ini akan meningkatkan employee engagement di perusahaan. Penasaran bagaimana mudahnya mengukur work performance dengan Software HRD dari LinovHR? Coba gratis Software HRD sekarang juga!