management team

Bagaimana Cara Menerapkan Team Management & Kelola Kinerja Tim?

Suatu tim membutuhkan team management atau manajemen tim agar dapat bekerja dengan baik secara berkelanjutan. Manajemen tim adalah istilah yang mengacu pada berbagai kegiatan yang menyatukan dan memperkuat tim dalam perusahaan untuk melaksanakan kinerjanya.  Hal ini termasuk dalam tugas manajer yang wajib dipenuhi. Keaktifan dan kinerja manajer pun sangat diharapkan dalam mengelola kinerja tim yang efektif.  

 

Alasan Pentingnya Team Management

Team management yang kuat sangat penting jika perusahaan ingin terus tumbuh dan berkembang. Sebab, seiring perkembangan bisnis perusahaan, masalah yang dihadapi tim pun semakin beragam pula. Di bawah ini beberapa alasan pentingnya team management dalam sebuah perusahaan: 

 

Kinerja yang Efektif dan Efisien

Salah satu manfaat dari manajemen tim adalah menciptakan kinerja yang efektif dan efisien. Ketika karyawan saling melengkapi, lebih mudah bagi sebuah tim untuk menghindari kesenjangan dalam keahlian dan miskomunikasi antar karyawan. Kemampuan unik dari masing-masing karyawan dapat menjadi peluang bagi manajer untuk mendelegasikan proyek kepada orang yang tepat. 

 

Memperkuat Produktivitas

Karyawan yang memiliki tanggung jawab dan tujuan yang jelas dapat lebih fokus pada tugas mereka, terutama ketika tanggung jawab tersebut terkait erat dengan spesialisasi dan minat karyawan. Sehingga produktivitas dalam tim menjadi lebih kuat. Selain itu, kerja tim yang efektif memungkinkan anggota untuk bekerja sama satu sama lain saat mereka membutuhkan bantuan. Jadi, jika salah satu karyawan mengalami kesulitan anggota tim lainnya turun tangan untuk membantu rekannya. Cara tersebut akan mendorong karyawan menjadi lebih baik dan lebih baik dari waktu ke waktu

 

Eksplorasi Perspektif Baru

Alasan lain dari pentingnya team management adalah membuka kesempatan bagi setiap orang untuk belajar dan mengeksplorasi perspektif baru. Misalnya, karyawan baru pasti akan mendapatkan ilmu dari karyawan lama yang lebih berpengalaman. Karyawan yang berbeda dengan berbagai bakat dan kemampuan dapat bertukar keterampilan yang tidak mereka miliki sebelumnya melalui diskusi, brainstorming, menjalani proyek bersama, dan lainnya. 

 

Baca Juga: Cara Membangun Growth Mindset di Lingkungan Kerja

 

Kepuasan Kinerja Karyawan

Manajemen tim yang efektif tak hanya membentuk tim yang kuat dari segi kinerja, tetapi juga dari segi bonding dan sense of belonging.  Ikatan ini menciptakan suasana positif di tempat kerja yang penting untuk produktivitas serta kesehatan mental karyawan. Hubungan karyawan yang lebih baik berasal dari suasana yang menyenangkan dan kepercayaan. Sehingga karyawan lebih bahagia dan memiliki tingkat kepuasan kinerja tinggi. 

 

Cara Mengelola Kinerja Tim

Peran serta tugas manajer tak selalu mudah. Manajer harus menginspirasi, memimpin, dan memotivasi tim  untuk mencapai serangkaian tujuan perusahaan dengan segala kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun, hal ini tidak menjadi masalah bila manajer mampu menerapkan team management dengan baik.  Jadi, bagaimana mengelola kinerja tim dengan baik? 

 

Menjaga Komunikasi

Karyawan ingin selalu mendapat informasi tentang tujuan, deadline, dan proses dari proyek yang melibatkan karyawan saat ini.  Penting untuk berkomunikasi dengan baik dengan karyawan dan memberitahu mereka tentang hal-hal yang terjadi di dalam perusahaan.  Penting juga untuk meminta pendapat dan masukan dari karyawan. 

Semakin banyak pendapat atau opini menandakan bahwa semua anggota tim memperhatikan dengan benar bagaimana progres proyek berlangsung. Jangan pernah meremehkan opini dari karyawan meskipun agak unik atau bertentangan dengan visi awal perusahaan! Hal itu hanya akan membuat karyawan merasa tidak dihargai dan rendah diri. 

 

Beri Penghargaan

Selain memberikan kritik, jangan lupa untuk memberikan penghargaan ketika karyawan berhasil melakukan sesuatu. Penghargaan kecil seperti ucapan terima kasih pun dapat membuat karyawan termotivasi dan merasa dihargai. Sehingga karyawan akan lebih terdorong untuk lebih aktif dan produktif di masa mendatang. Yang perlu diingat adalah jangan fokus untuk memberikan penghargaan kepada karyawan yang itu-itu saja! Bersikap konsisten dan tidak memihak berlebihan sehingga manajer tidak dianggap pilih kasih.

 

software hris

 

Jujur dan Transparan

Manusia merasakan berbagai emosi dalam dirinya, seperti rasa takut, panik, butuh bantuan, dan lainnya. Bersikaplah jujur dan jangan takut untuk mengakui kesalahan. Dengan menunjukkan sisi manusiawi, karyawan dapat bekerja lebih rileks. Transparansi menunjukkan integritas dan membangun kepercayaan dengan setiap karyawan. Berbohong atau menahan informasi hanya dapat membahayakan hubungan dengan karyawan yang berujung kepada konflik.

 

Delegasikan Pekerjaan Kepada Orang yang Tepat

Istilah “the right man in the right place” sesuai dengan pembahasan ini. Semua karyawan memiliki keunggulannya masing-masing. Penting bagi manajer untuk memahami keunggulan karyawannya dan mendelegasikan tugas kepada karyawan yang sesuai tingkat keterampilannya. Karyawan dapat bekerja lebih baik saat mereka  menggunakan keterampilan terbaik mereka. Jadi mendelegasikan tugas kepada karyawan yang tepat akan berdampak signifikan pada produktivitas tim.

 

Baca Juga : Mudahnya Kelola Competency Employee dengan LinovHR

 

Kelola konflik

Hal penting dalam team management adalah kemampuan untuk mengelola konflik. Kepribadian dan karakter karyawan yang berbeda akan menyebabkan perselisihan dan  memungkinkan adanya konflik. Ketika ada konflik di tempat kerja dan tidak boleh diabaikan. Menutup mata dapat menyebabkan suasana negatif yang dapat berdampak pada produktivitas dan komunikasi. Segera atasi masalah saat masalah mulai muncul sebelum berkembang besar. Saat masalah berkembang lebih besar, maka akan semakin sulit untuk diatasi.  

 

Baca Juga: 5 Contoh Konflik Perusahaan dan Penyelesaiannya

 

Team Management dan Mengelola Kinerja Tim Lebih Mudah dengan Performance Management LinovHR 

Mengelola tim memang gampang-gampang susah. Seorang manajer dituntut harus cepat dan efektif dalam mengelola kinerja tim, mengingat perkembangan bisnis yang semakin besar akan menghadapi banyak tantangan. Agar lebih mudah melakukan dan menerapkan team management, manajer dapat memanfaatkan fitur manage team dalam performance management dari Software HRD dari LinovHR. Manage team berfungsi untuk melakukan pengaturan yang terkait dengan tim kerja dalam suatu perusahaan. 

Manajer dapat dengan mudah melihat daftar tim dalam perusahaan berdasarkan tim yang masih aktif (active), sudah selesai atau closed, dan menghapus tim yang sudah closed atau tidak bekerja lagi. Dengan create, manajer bisa membuat tim baru untuk keperluan proyek tertentu yang terdiri dari beberapa karyawan dari berbagai divisi. Cukup pilih add atau remove, maka sistem akan otomatis menambahkan atau menghapus karyawan dari tim. 

Proses team management yang sederhana melalui fitur manage team dari Software HRD dari LinovHR membuat manajer dapat memfokuskan pikiran dalam merancang strategi untuk menghadapi tantangan selama tim akan bekerja. Hubungi LinovHR melalui tautn berikut linovhr.com/contact-us/ untuk keterangan lebih lanjut!