VP adalah Vice President

Siapa Itu VP (Vice President) dan Apa Tugasnya?

Vice President atau VP adalah salah satu jabatan yang banyak ditemukan di perusahaan. Dudukan posisi ini bisa dibilang tinggi dan memainkan peranan penting di perusahaan.

 

 

Pada dasarnya, VP atau Vice President adalah jabatan eksekutif di tingkat senior yang ada di suatu perusahaan. Tugas dan tanggung jawabnya cukup luas karena membawahi anggota karyawan di perusahaan.

Lantas, siapa sebenarnya Vice President itu dan apa saja tugasnya? Jika Anda ingin tahu selengkapnya, mari simak artikel dari LinovHR berikut ini!

Rangkuman:

  • Vice President atau biasa disingkat sebagai VP adalah sebuah jabatan eksekutif di tingkat senior yang ada di suatu perusahaan. Sedangkan Direktur merupakan jabatan yang berada satu tingkat di bawah eksekutif tingkat senior.
  • Seorang Vice President memiliki tanggung jawab untuk melakukan pelaporan kepada CEO karena tugasnya adalah mengarahkan dan bertanggung jawab terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan perusahaan.
  • Seorang Vice President memerlukan keterampilan berkomunikasi, kepemimpinan, interpersonal yang baik, mampu mengambil keputusan krusial. Selain itu kemampuan networking yang luas, pengetahuan yang luas terkait bisnis dari perusahaan, dan ambisius juga diperlukan.
  • Gaji seorang Vice President tergantung dari bidang perusahaan, ukuran perusahaan, jam terbang, dan sebagainya.

 

Apa Itu Vice President? 

Vice President adalah posisi senior-level executive di dalam organisasi perusahaan. Ia punya tanggung jawab untuk melapor kepada CEO. Seorang VP dalam organisasi perusahaan berfungsi sebagai komando kedua atau ketiga.

Dalam sebuah perusahaan, biasanya gelar VP dibagi menjadi beberapa tingkatan. Executive VP merupakan tingkatan tertinggi, diikuti oleh Senior VP, Assistant VP, dan Associate VP. Seluruhnya merupakan posisi di tingkat manajemen dengan tugas dan tanggung jawab yang berbeda.

VP juga merupakan jabatan yang digunakan untuk menunjuk pemimpin bagian-bagian organisasi atau fungsi-fungsi di dalam organisasi. Area fungsional ini sering disebut departemen atau grup. Misalnya, seseorang dapat menjadi VP sumber daya manusia atau VP pemasaran, VP keuangan, atau VP layanan pelanggan.

Selain itu, Vice President perlu memelihara hubungan baik dengan setiap karyawan, aparat setempat dan masyarakat disekitar perusahaan agar menjaga keberlangsungan bisnis.

Jumlah VP dan tanggung jawab pekerjaan mereka sangat bervariasi di setiap organisasi. Organisasi yang lebih kecil mungkin memiliki lebih sedikit manajer di tingkat VP tetapi posisi manajer mungkin memiliki tanggung jawab dan status yang luas. Organisasi yang lebih besar mungkin memiliki banyak lapisan kepemimpinan eksekutif di tingkat VP.

 

Baca Juga: Apa Saja Posisi C Level itu?

 

Bagaimana VP Bekerja?

VP bertanggung jawab secara langsung kepada president atau CEO perusahaan. Bila kedudukan VP di dalam organisasi adalah sebagai orang kedua di dalam hirarki setelah president, maka ia memegang peran dalam kepemimpinan dan bertanggung jawab atas segala tujuan strategis organisasi.

Seorang VP juga dapat membuat komitmen dan menandatangani dokumen penting, membantu menyusun strategi, mengevaluasi pekerjaan pemimpin lain, dan mengevaluasi keberhasilan suatu organisasi. Ia juga biasanya akan memenuhi peran pembuat keputusan cadangan dalam ketidakhadiran presiden atau CEO.

 

Perbedaan Vice President dan Direktur

Masih banyak orang yang menyangka bahwa posisi VP itu sama dengan direktur. Walaupun keduanya merupakan bagian dari tim manajemen di perusahaan. Di mana tugas dan tanggung jawabnya sama-sama membawahi anggota karyawan. Namun, sebenarnya kedua posisi ini memiliki beberapa perbedaan.

Secara  struktur hierarkinya, direktur tidak dianggap sebagai tim eksekutif senior dan biasanya posisi direktur berada satu tingkat di bawah VP.

Selain itu, seorang direktur biasanya mengelola satu departemen atau tim divisi, sedangkan VP dapat mengelola seluruh departemen di perusahaan. Bisa dikatakan bahwa VP memiliki posisi yang lebih tinggi dibandingkan direktur perusahaan.

Berikut adalah perbedaannya:

 

VICE PRESIDENTDIREKTUR
Biasanya dianggap sebagai eksekutif tingkat seniorBiasanya dianggap setidaknya satu tingkat di bawah eksekutif tingkat senior
Memberikan laporan dan pertanggungjawaban bisnis langsung kepada CEOMemberikan laporan kerja kepada VP
Tugas dan tanggung jawabnya bersifat strategisTugas dan tanggung jawabnya bersifat taktis
Mengelola seluruh departemen yang ada di perusahaanMengelola hanya satu departemen

 

Tugas VP di Perusahaan

VP punya tugas penting dalam perusahaan, ia harus memastikan bisnis perusahaan berjalan dengan baik dan benar. Salah satu tugas Vice President atau VP adalah mengarahkan dan bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan yang dilaksanakan di perusahaan. Berikut adalah beberapa tugas umum VP di perusahaan:

  • VP bertanggung jawab atas keberlangsungan bisnis perusahaan
  • Menjadi pionir utama dalam mensukseskan goals perusahaan
  • Menjadi controller dan evaluator atas pengembangan bisnis di perusahaan
  • Menyusun rencana strategi perusahaan
  • Menetapkan pemutusan hubungan kerja karyawan
  • Bertanggung jawab terhadap pemasaran bisnis perusahaan
  • Bertanggung jawab terhadap branding perusahaan
  • Mengimplementasikan arahan strategis CEO, untuk dieksekusi oleh seluruh departemen perusahaan
  • Menetapkan objective dan key result yang harus dicapai oleh seluruh tim divisi
  • Membuat keputusan penting di bidang integrasi, investasi, penjualan dan aliansi perusahaan
  • Mengelola sumber daya manusia di perusahaan dan memantau kinerja seluruh departemen perusahaan

 

Banyaknya tugas dan tanggung jawab seorang VP tergantung dari besar atau kecilnya suatu perusahaan. 

Jika di perusahaan kecil, seorang VP akan bekerja sama langsung dengan owner untuk menjalankan bisnis. Jika di perusahaan besar, seorang VP akan bekerja sama dengan C-suite. Dengan kata lain, seorang VP adalah orang yang membantu eksekutif dalam menjalankan bisnis.

 

Kualifikasi dan Persyaratan Vice President (VP)

Jabatan prestisius dan tinggi seperti ini, tentu memerlukan kualifikasi dan persyaratan yang cukup banyak. Hal ini karena memilih seorang Vice President adalah suatu keputusan yang sangat rumit.

Berikut ini adalah beberapa persyaratan untuk menjadi seorang Vice President yang berhasil kami rangkum:

  1. Keterampilan berkomunikasi dengan seluruh tim, personal, client, ataupun mitra bisnis baik secara lisan maupun non-lisan. Skill ini merupakan sebuah kewajiban bagi seorang VP agar dapat berkomunikasi efektif dan jelas.
  2. Kepemimpinan juga merupakan kemampuan wajib seorang VP karena akan memimpin sebagian besar tim di perusahaan. Selain itu juga dapat memotivasi dan menyatukan pemikiran seluruh tim agar mencapai tujuan yang sama.
  3. Decision Maker (pengambil keputusan) merupakan sebuah kemampuan yang perlu seorang VP miliki. Segala kegiatan tentu tidak perlu keputusan dari seorang CEO, sehingga ada batasan yang seorang VP perlu ambil tanggung jawabnya.
  4. Pengetahuan yang luas menjadi syarat mutlak seorang VP. Hal ini karena, jika tidak memiliki pengetahuan yang luas, seorang VP akan kesulitan mengambil keputusan yang tepat.
  5. NetworkingSeorang Vice President perlu kemampuan satu ini agar dapat meningkatkan peluang bisnis maupun hubungan lainnya dengan perusahaan.
  6. Ambisius, integritas, dan etika kerja yang tinggi. Seorang Vice President memerlukan ketiga skill ini, tanpa ini bisnis tidak dapat berjalan dengan baik karena kemampuan ini termasuk kejujuran.
  7. Analisis yang kuat. Kemampuan analisa yang kuat juga menjadi hal yang penting untuk menunjang sustainability perusahaan. Seperti saat terjadi penurunan pendapatan hingga ekspansi perusahaan.

 

Besaran Gaji VP (Vice President)

Gaji seorang Vice President sangat bervariatif sekali tergantung bidang perusahaan, ukuran perusahaan, jam terbang, dan sebagainya. Rata-rata gaji seorang VP berada di kisaran 30-100 Juta per bulan atau bahkan bisa lebih.

Berikut kami rangkum besaran gaji yang kami dapatkan:

  1. VP Hubungan Pemerintahan – 170 juta rupiah
  2. VP Data Science – 150 juta rupiah
  3. VP Engineering – 150 juta rupiah
  4. VP Legal – 130 juta rupiah
  5. VP Marketing – 120 juta rupiah

 

Sudah Paham Apa Itu Vice President?

Vice President adalah sebuah jabatan yang prestisius dalam sebuah perusahaan dan memiliki peranan yang sangat krusial. Mengetahui tugas, tanggung jawab, hingga bayarannya tentu akan membuat kita memiliki ambisi untuk mencapai posisi tersebut. Dengan memahaminya, kita dapat mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk memenuhi kriterianya.

Demikianlah artikel tentang pengertian Vice President beserta tugas dan tanggung jawabnya. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda dalam mengetahui posisi VP.