ceo

Siapa itu CEO? Kenali Serba-serbi CEO Berikut Ini!

Jika sebuah perusahaan sukses, maka orang pertama yang diberikan publikasi biasanya adalah CEO. Namun apa yang terjadi jika sebuah perusahaan collapse? CEO pula yang menjadi orang pertama dimintai pertanggungjawaban.  

 

Pengertian CEO

Kepanjangan CEO adalah Chief Executive Office dan merupakan posisi tertinggi pada sebuah organisasi. Jabatan ini juga merupakan posisi eksekutif yang memiliki level paling tinggi dalam sebuah perusahaan. Posisi ini dipilih atau diangkat oleh dewan sebuah perusahaan beserta dengan para pemegang saham. Merekalah yang menentukan siapa yang akan menjadi Chief Executive Office untuk perusahaan dibawah naungan organisasi dimana dewan dan pemegang saham ini berada. 

Istilah Chief Executive Office biasanya digunakan oleh perusahaan besar, dalam artian perusahaan tersebut besar dalam skala usaha sampai dengan jumlah karyawan. Beberapa perusahaan yang lebih kecil seperti pada perusahaan terbatas, perusahaan menengah atau perusahaan non-profit juga memiliki posisi dengan tanggung jawab layaknya CEO. Hanya saja penggunaan istilah jabatan bagi perusahaan yang lebih kecil mungkin berbeda. Contohnya saja presiden, direktur eksekutif, dan lain sebagainya. Tanggung jawab umum yang diemban oleh seorang  Chief Executive Office  adalah sukses atau tidaknya sebuah perusahaan. Cukup berat, ya? 

 

Baca Juga: Pengertian Perusahaan Dagang dan, Karakteristiknya 

 

Perbedaan CEO, Owner dan Direktur

Banyak orang yang terkecoh mengenai jabatan atau posisi di perusahaan. Untuk memperjelas serba serbi mengenai tentang posisi tertinggi di perusahaan, Anda perlu mengetahui apa perbedaan CEO dan owner  serta perbedaan CEO dan direktur. 

 

Owner

Owner atau pemilik adalah perorangan atau sebuah kelompok yang menaruh investasi pada perusahaan. Investasi yang dimaksud biasanya berbentuk saham. Sehingga siapapun yang memiliki saham perusahaan termasuk sebagai owner. Misalnya saja Anda memiliki 1 saham pada sebuah perusahaan, maka Anda termasuk sebagai pemilik perusahaan untuk 1 saham yang Anda miliki tersebut. 

 

Direktur

Dalam sebuah perusahaan terdapat yang disebut Dewan Direksi. Dewan Direksi adalah mereka yang mengambil hampir semua keputusan perusahaan. Direktur merupakan bagian dari Dewan. Direktur bisa merupakan posisi Eksekutif atau Non-Eksekutif. Hanya saja di Indonesia, penjabaran secara hukum mengenai perbedaan CEO dan direktur tidak didefinisikan secara gamblang. Sebab dalam hukum positif Indonesia, istilah CEO tidak dikenal. 

Tetapi kemudian pada peraturan Kepmenakertrans Nomor 40 tahun 2012, Chief Executive Office diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi Kepala Eksekutif Kantor. Sehingga pada prakteknya posisi  Chief Executive Office di Indonesia sedikit berbeda dengan di luar negeri yang merupakan posisi eksekutif tertinggi. Sebab di Indonesia, Chief Executive Office dikerucutkan menjadi kepala kantor yang mengurus hal-hal mengenai administrasi dan personalia. Bukan CEO dalam artian lingkup jabatan Presiden Direktur atau DIrektur Utama. 

 

CEO

CEO adalah jabatan paling tinggi di sebuah perusahaan yang memiliki tugas untuk memimpin seluruh perusahaan. Secara umum Chief Executive Office mengemban tugas agar perusahaan mencapai tujuan perusahaan serta harus mampu mengarahkan semua elemen perusahaan sesuai dengan arah dan sasaran yang dituju perusahaan. Jika sebuah perusahaan dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka Chief Executive Office bisa disebut berhasil. Chief Executive Office sendiri mempertanggungjawabkan kinerjanya kepada Dewan Direksi perusahaan. 

 

Tugas CEO 

Semakin tinggi jabatan seseorang, maka akan semakin besar rangkaian tugasnya. Apa saja tugas  dari seorang Chief Executive Office ? Berikut diantaranya:

 

Menentukan strategi perusahaan.

Seorang Chief Executive Office memiliki tugas untuk mengatur strategi perusahaan. Mulai dari rencana, bagaimana mengeksekusi rencana tersebut, juga mengawasi bagaimana rencana tersebut dilaksanakan. Sehingga pada prakteknya, Chief Executive Office memiliki andil untuk mengatur jalannya perusahaan. Mulai dari saat awal perencanaan, pelaksanaan sampai mengawasi. Termasuk jika dalam perjalanannya diperlukan suatu kebijakan untuk mengatasi hambatan di tengah proses..

 

Memimpin perusahaan.

Salah satu tugas Chief Executive Office adalah memimpin dengan visi. Chief Executive Office sebaiknya memiliki pola pandang yang visioner, agar ia dapat mengetahui harus diarahkan kemana perusahaan yang ia pimpin. Dengan jarak pandang yang jauh ke depan, ia juga sebaiknya mampu memprediksi apa saja kemungkinan hambatan yang ada. Visi yang paling penting harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah ia memiliki gambaran akan seperti apa perusahaan selama bertahun-tahun ke depan. Visi tersebut menjadi panduan dan target yang harus ia capai bersama perusahaan.

 

Menjadi komunikator ulung 

Chief Executive Office harus mampu berkomunikasi baik dengan eksternal perusahaan maupun dengan orang-orang di dalam perusahaan. Dengan kemampuan komunikasi yang baik maka akan tercipta keharmonisan dalam perusahaan. Semua bagian akan saling percaya satu sama lain. Begitu juga seorang Chief Executive Office harus mampu berkomunikasi dengan pihak eksternal. Hal ini sangat penting untuk memperluas kerjasama perusahaan, tawar menawar, sampai dengan menjaga kredibilitas perusahaan di mata dunia luar.

 

Menjadi wajah perusahaan yang dipimpin.

Contoh paling mudah adalah Mark Zuckerberg. Ia menjadi founder sekaligus Chief Executive Office yang sampai saat ini menjadi wajah dari Facebook. Setiap kali ada pemberitaan penting, ia yang maju ke depan mewakili perusahaan. Seorang CEO harus mampu menjadi wajah dari perusahaan yang ia pimpin. Chief Executive Office adalah orang pertama yang dilihat oleh pihak lain. Sehingga bila CEO memiliki kematangan, penampilan yang baik, visi yang jelas, inovasi yang berkesinambungan dan termasuk kehidupan pribadi yang baik, semua ini akan membuat nama perusahaan yang dipimpinnya ikut menjadi baik.

 

Menganalisa.

Chief Executive Office bertugas menganalisis segala macam permasalahan di perusahaan. Ia juga harus mengkoordinasikan jajaran manajemen agar menyelesaikan masalah yang ada. Sebagai contoh ada permasalahan mengenai target penjualan yang menurun. Dari masalah yang ada, CEO harus mampu menganalisa dimana titik permasalahan utama. Apakah dari pemasok yang terus menerus mengalami keterlambatan mengirimkan bahan baku, Public Relations yang buruk, atau kondisi daya beli masyarakat yang sedang menurun.

 

Tanggung Jawab CEO

Selain tugas, Chief Executive Office juga memiliki tanggung jawab yang mengiringi jabatan. Berikut adalah tanggung jawab yang diemban:

  1. Memimpin perusahaan dengan sebaik-baiknya
  2. Membuat, mengkomunikasikan, dan melaksanakan visi misi
  3. Memimpin pengembangan dan implementasi strategi secara keseluruhan
  4. Meminta nasihat dan bimbingan dari Dewan Direksi
  5. Merumuskan dan melaksanakan rencana strategis
  6. Mengawasi keseluruhan operasi sesuai dengan arahan yang ditetapkan dalam rencana strategis
  7. Mengevaluasi keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya
  8. Mewakili perusahaan dalam kegiatan sipil dan asosiasi profesional di tingkat nasional dan internasional
  9. Berpartisipasi dalam acara atau asosiasi terkait industri yang akan meningkatkan keterampilan kepemimpinan, reputasi, dan potensi kesuksesan perusahaan.

 

Baca Juga: Kupas Tuntas Tentang Sales Manager dalam Perusahaan

 

Gaji CEO

Sepertinya Anda semua akan setuju jika bagian ini merupakan bagian yang paling menarik! Siapa yang tidak tergiur dengan pendapatan Chief Executive Office? Akan tetapi yang harus Anda selalu camkan adalah, penghasilan yang besar seiring sejalan dengan beban tugas dan tanggung jawab yang diemban. Sering kali posisi ini juga mempunyai tunjangan jabatan khusus. Berikut adalah gambaran seberapa besar gaji CEO:

  • Rata-rata gaji seorang Chief Executive Office berada di kisaran $12,4 juta atau sekitar 180 miliar rupiah
  • Chief Executive Office dengan bayaran tertinggi pada tahun 2019 adalah Elon Musk. Chief Executive Office dari Tesla dan SpaceX memiliki gaji $595 juta atau setara dengan Rp8,5 triliun. 
  • Chief Executive Office Apple yaitu Tim Cook berada di posisi kedua pada tahun 2019 dengan memiliki penghasilan $133 juta atau dalam rupiah mencapai Rp1,9 triliun. 
  • Jika beranjak ke perusahaan lokal kita ambil contoh maskapai Garuda Indonesia. Gaji CEO Garuda Indonesia mencapai Rp 960 juta pertahun atau sekitar Rp 80 juta untuk setiap bulan. 
  • Menurut Situs Qerja.com Pendapatan CEO tertinggi di Indonesia salah satunya dimiliki oleh Chief Executive Office Bank BCA yaitu Jahja Setiaatmadja dengan gaji per tahun sebesar Rp 27,5 milyar. 

 

Kesimpulan

CEO adalah bagian penting dari sebuah perusahaan. Karena ia memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar. Bahkan kemajuan atau kemunduran perusahaan bergantung pada kinerjanya. Akan tetapi seiring dengan tanggung jawab yang besar, kompensasi berupa gaji juga mengiringi seorang Chief Executive Office yang tak jarang memiliki penghasilan fantastis. Itulah serba serbi tentang CEO atau Chief Executive Office. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan Anda semua. Salam sukses selalu!