5 Rekomendasi Software Data Karyawan untuk Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

software data karyawan
Isi Artikel

Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) pasti akan memerlukan berbagai macam data karyawan, seperti status kerja, background pendidikan, kompetensi karyawan, dan lain-lain.

Penyimpanan data karyawan menggunakan cara manual kini tidak begitu efektif. Maka dari itu, software data karyawan mulai dilirik banyak perusahaan. 

Apa yang menyebabkan perusahaan tertarik menggunakan software dalam pengelolaan karyawan? Sebab, program data karyawan mampu menyimpan banyak data karyawan dalam satu pusat secara aman. Pastinya ini juga akan memudahkan HRD dalam melakukan pekerjaannya sehari-hari. 

Di bawah ini adalah rekomendasi software database karyawan yang Anda pertimbangkan untuk kelancaran manajemen perusahaan. Mari kita ulas satu-satu! 

 

LinovHR

Rekomendasi pertama yang dapat Anda pertimbangkan adalah LinovHR. Banyak perusahaan di Indonesia sudah mempercayai LinovHR sebagai vendor ternama yang menyediakan program data karyawan berbasis cloud database. Jaminan kerahasiaan dan keamanan data lah yang membuat LinovHR dikenal andal dan terpercaya. 

Melalui modul Personnel Administration dari Software Data Karyawan LinovHR, HRD dapat mengelola dan memantau seluruh data karyawan secara terperinci dan runtun. Ada pun fitur-fitur yang disediakan oleh modul Personnel Administration dari LinovHR adalah: 

  1. Personal details: menampilkan informasi umum dari seorang karyawan
  2. Employee: mengatur informasi terkait pekerjaan dan kontrak kerja
  3. Time employee: menunjukkan status kehadiran tiap karyawan, termasuk lembur, izin, dan cuti
  4. Payroll: menyajikan data gaji karyawan internal, termasuk tunjangan dan pajak penghasilan
  5. Reimbursement: memperlihatkan informasi reimbursement karyawan, baik yang sudah dan sedang diklaim maupun sisa hak karyawan
  6. Education & experience: merincikan status pengalaman serta latar belakang pendidikan karyawan terkait karir dan pekerjaan
  7. Award & punishment: memudahkan HRD dalam mencatat karyawan mana saja yang sudah pernah mendapatkan penghargaan (award) atas prestasi kerja dan karyawan mana yang mendapatkan hukuman (punishment) karena pelanggaran tertentu

 

Baca Juga: Kekurangan Software Data Karyawan Gratis

 

Freshteam 

Freshteam adalah vendor penyedia software data karyawan asing yang berdiri tahun 2010. Dari sejak itu, Freshteam telah melayani lebih dari 40000 perusahaan dari berbagai skala.

Fitur yang ditawarkan oleh Freshteam antara lain adalah; employee records, employee self service portal, organization charts, dan time off management.

Namun, fitur itu tidak terintegrasi dengan sistem lain seperti kehadiran, penilaian karyawan, dan penggajian. Jika perusahaan ingin meningkatkan kinerja fitur, maka perusahaan harus membayar $50 – $200 untuk fitur yang lebih reliable. 

 

Myhrtoolkit

Manajemen data karyawan tidak lagi terbatas pada spreadsheet dan file kertas dengan adanya program data karyawan dari Myhrtoolkit. Pengelolaan database karyawan Anda menjadi lebih mudah digunakan dan lebih mudah diakses. Setiap pihak yang berwenang memiliki akses ke dalam sistem untuk mencari informasi khusus seputar karyawan.

Walau memiliki kemudahan akses, Myhrtoolkit menjamin keamanan dan kerahasiaan data para client-nya. Selain itu, Myhrtoolkit juga memfasilitasi para karyawan untuk memperbaharui data pribadinya sendiri sehingga membuat HRD lebih hemat waktu. 

 

Risepeople

Risepeople mampu menyimpan semua data karyawan di satu tempat demi kemudahan akses kapan dan dimana saja. HR admin juga bisa menambahkan berbagai pencapaian kerja, preferensi, hingga hobi dalam profil setiap karyawan.

Cara ini membantu perusahaan untuk memahami lebih dekat kepribadian karyawan agar bisa membina engagement yang lebih baik.  Sayangnya, aplikasi ini belum sesuai dengan kebijakan UU Ketenagakerjaan di Indonesia. 

 

BambooHR

Dan rekomendasi yang terakhir adalah dari BambooHR. Dari kategori standar seperti info pribadi dan pembayaran hingga data kustom sebanyak yang Anda inginkan, Anda memiliki kendali penuh atas semua data utama Anda di satu tempat, dapat diakses dari mana saja.

BambooHR memindahkan database HR Anda dari spreadsheet dan file kertas yang tersebar selamanya, menempatkan data yang terorganisir dan terpusat di ujung jari Anda kapanpun Anda membutuhkannya. 

 

Itulah beberapa rekomendasi software data karyawan yang Anda dapat pertimbangkan untuk perusahaan. Dengan implementasi program data karyawan, diharapkan manajemen personalia dalam perusahaan pun berjalan lancar dan lebih efisien. Semoga dapat membantu! 

Tentang Penulis

Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter