keterampilan dasar

7 Keterampilan Dasar yang Wajib Dikuasai Setiap Karyawan

Keterampilan dasar (skill) adalah kemampuan yang harus dikuasi oleh setiap karyawan sebagai bekal dalam mencetak berbagai prestasi dalam pekerjaannya. Keterampilan  yang kompeten tentunya wajib dimiliki oleh setiap karyawan dalam menunjang karir masa depannya, karena perusahaan juga mengutamakan keterampilan yang dimiliki dalam menentukan jenjang karir karyawan.

Keterampilan dasar tentunya akan lebih baik jika sudah diasah sejak dini, saat masih berada di bangku perkuliahan atau bahkan di bangku sekolah. Sebagian orang mungkin lebih menonjol dalam salah satu atau beberapa keterampilan, namun merasa kurang di beberapa keterampilan lainnya. Akan tetapi pada dasarnya keterampilan tersebut dapat terus ditingkatkan jika memang terus dilatih dan diasah dengan baik.

 

Baca Juga : Perbedaan Hard Skill dan Soft Skill 

 

Berikut, 7 keterampilan dasar yang wajib dikuasai oleh setiap karyawan :

 

1. Komunikasi yang Baik dan Efektif

Tidak peduli siapapun Anda, dimanapun Anda bekerja, atau apapun pekerjaan Anda, komunikasi yang baik dan efektif akan selalu menjadi faktor penting dalam usaha Anda meraih kesuksesan.

Katakan apa saja yang ingin Anda katakan secara ringkas, akurat, dan tepat, dan cobalah untuk memaksimalkan efektivitas pesan Anda dengan memilih media yang tepat.

Lebih dari dua pertiga dari perekrut di industri Indonesia mengatakan komunikasi adalah keterampilan paling penting yang mereka cari, baik keterampilan komunikasi verbal maupun secara tertulis. Pastikan  Anda menguasai keterampilan komunikasi yang baik dan efektif.

 

Baca Juga : Tips Meningkatkan  Skill Komunikasi di Tempat Kerja

 

2. Organisasi dan Manajemen

Keterampilan berorganisasi membantu Anda menangani tanggung jawab dengan lebih baik sebelum Anda memastikan bahwa semua telah dijalankan dengan benar. Sedangkan keterampilan manajemen akan membuat segalanya menjadi lebih terorganisir, hal ini memungkinkan Anda untuk bekerja tepat waktu, memprioritaskan tugas-tugas Anda secara efektif, dan mencari solusi dari suatu masalah sebelum masalah tersebut menjadi masalah besar. 

Keterampilan manajemen juga berguna untuk posisi apapun; misalnya, Anda akan dapat mengelola sumber beban kerja, beban kerja, dan waktu Anda dengan lebih baik. Tanpa adanya keterampilan berorganisasi dan manajemen, karyawan yang paling cakap sekalipun akan tertinggal atau melakukan kesalahan yang fatal.

 

3. Keterampilan Negosiasi

Negosiasi merupakan keterampilan (skill) yang berasal dari keyakinan, berguna hampir di semua posisi pekerjaan. Menguasai keterampilan ini selama proses wawancara kerja dapat menjamin Anda mendapatkan posisi terbaik, misalnya, jika Anda bernegosiasi dengan pintar, Anda dapat menerima gaji yang lebih tinggi atau manfaat yang lebih kompetitif. 

Dalam bidang kerja, Anda dapat menggunakan keterampilan negosiasi untuk tujuan yang jelas seperti mengamankan klien baru atau mencapai kesepakatan dengan partner yang potensial, dan juga berguna untuk mengurangi titik resistensi yang mungkin terjadi, serta menurunkan total biaya operasi.

 

4. Berpikir Kritis

Berpikir kritis adalah proses penyelesaian masalah yang memungkinkan Anda menemukan dan mengatasi kelemahan potensial atau titik kesalahan dalam lingkungan tertentu. Hal ini memungkinkan terciptanya solusi yang lebih kreatif untuk setiap masalah, penilaian lebih cepat dari situasi buruk, dan pengenalan pola yang lebih besar dalam sistem yang  besar, serta penerapannya praktis tak terbatas. 

Berpikir kritis berarti mampu mengakui, menganalisis,menyelesaikan masalah tanpa banyak pengaruh dari luar dan selalu mencari perbaikan untuk ditambahkan ke dalam sistem.

 

5. Kerja Sama Tim dan Delegasi

Menjadi karyawan yang bisa diajak bekerja sama dalam tim sangat penting untuk karir Anda. Banyak karyawan yang dapat bekerja sangat baik jika dia bekerja sendiri, tetapi menjadi kesulitan ketika harus bekerja sama dalam tim. Hal seperti ini akan menyulitkan diri Anda sendiri dan juga menghambat kerja tim.

Mengetahui cara bekerja sama dengan orang lain secara efektif dan cara mendelegasikan pekerjaan adalah keterampilan utama untuk sukses di bidang ini, maka dari itu anda harus mengasah skill yang satu ini jika ingin berhasil di masa depan.

 

6. Penelitian Dan Analisis

Keterampilan penelitian dan analisis berperan untuk hampir setiap posisi pekerjaan. Bagian pemasaran perlu meneliti dan menganalisis kampanye mereka untuk kemungkinan efektivitas. Tenaga penjualan perlu meneliti dan menganalisis prospek. Insinyur perlu meneliti dan menganalisis teknologi potensial. Bahkan asisten pribadi perlu meneliti dan menganalisis berbagai rencana perjalanan. Mampu menemukan informasi dengan cepat, meninjaunya, dan mengenali pola-pola kunci sangat penting untuk hampir semua fungsi pekerjaan.

 

Baca Juga : Apa itu Interpersonal Skill? Apa Manfaat nya?

 

7. Percaya Diri

Percaya diri mungkin tampak seperti suatu sifat, tetapi hal itu bisa diperoleh, diasah, dan dikembangkan sebagai keterampilan. Anda dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda di beberapa bidang melalui latihan, semakin sering Anda melakukan sesuatu, semakin percaya diri Anda akan melakukannya.

Sebagai seorang karyawan, sudah seharusnya Anda memperbaiki diri dan meningkatkan keterampilan yang Anda kuasai sebagai bekal Anda dalam mencapai kesuksesan di masa yang akan datang.

 

Source : https://www.inc.com/jayson-demers/7-skills-you-need-to-learn-regardless-of-your-profession.html