program magang

7 Manfaat Membuka Program Magang Bagi Perusahaan

Untuk mendapatakan gelar sarjana bagi mahasiswa salah satu syarat wajibnya adalah melakukan magang pada suatu perusahaan tertentu, proses magang ini akan menjadi sangat penting bagi mahasiswa tingkat akhir karena adanya tuntutan dunia kerja yang semakin tinggi, banyak perusahaan yang lebih memilih fresh graduate yang memiliki pengalaman magang yang bagus.

Program magang di Indonesia telah diatur dalam Undang-Undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan khususnya pasal 21 – 30, rincian peraturan program magang ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per.22/Men/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri.

Dalam peraturan tersebut, permagangan diartikan sebagai bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselengarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu. Setelah mengetahui definisi dari permagangan, berikut ini manfaat yang didapat sebuah perusahaan yang membuka program magang.

 

1. Mendapat Ide-ide Baru

Dengan adanya program magang, perusahaan memberikan kesempatan pada generasi muda yang akan memberikan suatu ide baru untuk mengembangkan perusahaan, untuk mendapatkan ide-ide baru dibutuhkan pendekatan  kepada masyarakat yang mengetahui apa yang sedang menjadi trend saat ini, sedangkan untuk para senior yang telah lama diperusahaan akan sulit mengikuti perkembangan zaman yang ada. Maka dari itu, dengan adanya magang ini akan membuka dan menemukan ide-ide yang cemerlang dari informasi yang diberikan oleh para mahasiswa magang.

 

2. Menghemat Pengeluaran Perusahaan

Terkadang mahasiswa dianggap belum berpengalaman, tetapi bukan berarti mahasiswa tidak bisa melakukan pekerjaan yang akan menguntungkan perusahaan, saat melakukan program magang perusahaan mendapat peluang untuk menyeleksi karyawan magang agar mendapatkan kandidat sebaik mungkin untuk selanjutnya dijadikan karyawan tetap. Dan dalam program magang karyawan magang akan digaji jauh berbeda dengan karyawan biasa yang ada diperusahaan, bukan merupakan hal yang tidak mungkin untuk mendapatkan kualitas karyawan magang yang hampir sama dengan karyawan biasa karena belum berpengalaman belum tentu tidak bisa, dengan melakukan arahan dan adaptasi terhadap pekerjaan yang diberikan, karyawan magang pasti dapat menerima tanggung jawab.

 

Baca Juga: Rekrut Fresh Graduate? Perhatikan 7 Hal Ini

 

3. Mendapatkan Masa Percobaan Gratis

Setiap perusahaan pastinya melakukan masa percobaan terhadap karyawan baru yang telah direkrut, biasanya masa percobaan ini dilakukan dalam 3 sampai 6 bulan. Dengan adanya program magang perusahaan dapat menjadikan program magang ini menjadi percobaan kepada karyawan magang, jadi jika karyawan magang ini dapat mengerjakan tanggung jawabnya dengan baik dan handal, perusahaan dapat mempertimbangkan karyawan magang tersebut untuk menjadi bagian perusahaan dengan menawarkan posisi part time atau full time saat karyawan magang telah selesai menyelesaikan studi.

 

4. Suasana Selalu Baru

Karyawan magang merupakan karyawan sementara yang ada diperusahaan, waktu yang diberikan pada program magang biasanya 3 atau 6 bulan. Dengan hal ini suasana kantor akan dilengkapi dengan wajah-wajah yang baru setiap beberapa bulan sekali, terutama bagi perusahaan yang jarang membuka lowongan pekerjaan baru. Akan menjadi hal yang menyenangkan untuk mencari teman yang baru juga memberikan suasana kantor lebih meriah.

 

5. Mendapatkan Sudut Pandang Dari Luar

Karyawan magang yang baru bergabung merupakan orang dari luar yang belum banyak mengetahui mengenai perusahaan anda. Maka hal ini sangat diperlukan untuk pekembangan perusahaan lebih lanjut. Perusahaan dapat bertukar pikiran terhadap karyawan magang berdasarkan apa yang karyawan magang ketahui dari luar tentang produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Dari pengetahuan karyawan baru, perusahaan dapat meningkatkan lagi untuk perkembangan selanjutnya.

 

6. Meningkatkan Citra Perusahaan

Program magang yang dilakukan perusahaan secara tidak langsung dapat meningkatkan citra perusahaan itu sendiri, karena setelah karyawan magang bekerja di perusahaan, kemudian mereka akan saling bercerita dengan teman-temannya. Jadi dengan hanya bercerita pengalaman magang mereka dari mulut ke mulut, lingkungannya akan mencari tahu tentang perusahaan tempat mereka melakukan magang.

 

Baca Juga: Mengapa Employer Branding Penting untuk Perusahaan

 

7. Peningkatan Produktivitas

Karyawan magang akan menjadi asisten bagi karyawan tetap perusahaan yang akan didelegasikan mengerjakan tugas-tugas kecil, dengan adanya karyawan magang ini akan membantu peningkatan produktivitas perusahaan karna tidak lagi terbebani tugas-tugas kecil.

 

Baca Juga: 10 Tips Manajemen Waktu untuk Maksimalkan Produktivitas

 

Demikianlah manfaat dari program magang bagi perusahaan, manfaat karyawan magang akan memberikan keuntungan lebih dari sekedar meringankan beban kerja, jadi jangan ragu untuk membuka program magang.