7 Tanda Anda Lolos Interview Kerja

Masa penantian setelah interview menjadi kegalauan terberat bagi calon kandidat, terutama bagi mereka yang berdomisili di luar kota dan pertama kali melamar kerja. Dengan kondisi keuangan yang pas-pasan, tentu saja calon kandidat akan semakin galau, apakah menentukan tetap tinggal dan menunggu panggilan dari perusahaan tempat mereka melamar, ataukah mereka harus pulang kampung terlebih dahulu dan kembali ke perusahaan begitu ada panggilan diterima kerja yang berarti mereka harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang lebih besar.

Nah, bagi Anda yang mengalami kegalauan serupa, jangan panik dulu karena sebenarnya, diterima atau tidaknya Anda, bisa terlihat dari bagaimana cara pewawancara memperlakukan Anda. Buang jauh-jauh pikiran negatif Anda dan pelajari 7 tanda lolos interview di bawah ini:

 

1. Wawancara Berlangsung Cukup Lama & Intim

Pada saat interview berlangsung, pewawancara tidak hanya menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Akan tetapi, mereka bertanya semakin mendetail di luar topik pekerjaan, mulai dari hobi Anda, hubungan Anda dengan keluarga, sampai dengan tujuan hidup dan vision Anda.

Pewawancara menghabiskan waktu lebih lama untuk interview, bahkan, pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan semakin intim. Mereka bertanya di luar topik pekerjaan bukan tanpa tujuan, yang artinya mereka tertarik dengan dengan kepribadian Anda, dan Anda memiliki peluang lebih besar untuk diterima di perusahaan tersebut.

 

2. Mulai Bernegosiasi Soal Gaji

Pertanyaan serius mengenai gaji yang menunjukkan isyarat bahwa sebuah perusahaan menginginkan Anda masuk dalam timnya bukanlah pertanyaan basa-basi seperti menanyakan berapa gaji Anda di tempat kerja sebelumnya, atau berapa gaji yang Anda harapkan nantinya.

Keseriusan seorang pewawancara saat interview dapat tercermin melalui negosiasi gaji. Misalnya, pewawancara memberikan tawaran kepada Anda dengan sebuah fasilitas perusahaan, akan tetapi menurunkan standar gaji Anda. Atau, pewawancara bisa juga setuju dengan gaji yang Anda ajukan dengan mempertimbangkan beberapa kemampuan yang Anda miliki.

 

Baca Juga : Tahap Negosiasi Gaji – Lakukan Hal ini Agar Tidak Menyesal

 

3. Mulai Dikenalkan dengan Tim Kerja

Setelah bernegosiasi gaji dengan Anda, pewawancara / user tiba-tiba mengajak Anda keliling kantor dan berkenalan dengan tim kerja pada posisi yang Anda lamar. Selamat, ini adalah kabar baik bagi Anda karena peluang Anda diterima di perusahaan semakin besar!

Pastinya, seorang atasan di perusahaan memiliki jadwal kerja yang padat dan super sibuk, jadi tidak mungkin mereka akan menghabiskan waktunya dengan percuma jika tanpa maksud tertentu. Cobalah untuk bersikap santun dan ramah, karena bisa jadi mereka adalah calon rekan kerja Anda nantinya.

 

4. Lebih Jauh, Pewawancara Menjelaskan Sistem Kerja di Perusahaan

Bagaimana nilai-nilai positif, kebiasaan baik, dan budaya perusahaan seperti sistem kerja adalah hal-hal yang merupakan rahasia pribadi perusahaan yang tidak mungkin dibocorkan begitu saja tanpa sebab. Jika Anda telah diberitahu secara detail mengenai hal tersebut, ini adalah tanda-tanda positif bahwa Anda akan segera bergabung dengan perusahaan tersebut. Selamat!

 

5. Pewawancara dengan Jujur Mengatakan Bahwa Perusahaan Membutuhkan Anda

Ketika proses interview berlangsung, pewawancara secara jujur mengungkapkan salah satu masalah di departemen yang Anda lamar, dan menanyakan bagaimana cara Anda mengatasinya? Sebenarnya, ini adalah cara pewawancara untuk mengetahui lebih lanjut tentang kemampuan dan kesediaan Anda, apakah Anda mampu menjadi problem solving yang baik di perusahaan nantinya?

 

6. Pewawancara Menanyakan, “Kapan Anda Bisa Mulai Bekerja?

Jika Anda ditanya tentang kesediaan Anda seperti kapan Anda bisa mulai bekerja? Maka ini adalah sebuah kepastian yang diberikan oleh perusahaan bahwa Anda sudah positif diterima oleh perusahaan tersebut. Jangan berpikir terlalu lama, jawab dengan penuh kepastian bahwa Anda siap bekerja kapan saja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

Baca Juga : Hak yang Diterima Karyawan Kontrak Selama Bekerja

 

7. Pewawancara Menjelaskan tentang Keuntungan yang Anda Dapatkan Jika Bergabung di Perusahaan

Nah, kalau Anda sudah mendapatkan kabar positif ketika interview, termasuk keuntungan seperti gaji dan tunjangan-tunjangan apa saja yang akan Anda dapatkan jika bergabung di perusahaan, ini berarti perusahaan sangat tertarik untuk merekrut Anda. 

Pertimbangkan secara matang apakah Anda memang ingin bergabung dengan perusahaan tersebut, karena pada fase ini, perusahaan akan mempengaruhi Anda lewat keuntungan-keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda memang yakin, jangan buang waktu dan perhatikan hingga detail apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan jika bergabung dengan perusahaan kelak.

Itulah ke 7 tanda yang mungkin saja anda telah berhasil lolos dari proses interview, tanda – tanda tersebut bisa saja berlaku untuk interview user tetapi perlu diingat 7 tanda tersebut tidak mutlak akan terjadi saat anda lolos interview, yang terpenting adalah anda harus selalu siap ketika anda lolos interview maupun gagal lolos dari proses interview tersebut.

 

Referensi : Forbes.com