Absensi Jarak Jauh dengan Aplikasi Absensi LinovHR

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

absensi jarak jauh
Isi Artikel

Dengan perkembangan zaman yang sudah semakin canggih dan modern, saat ini sudah banyak perusahaan yang memberlakukan sistem kerja jarak jauh. Dengan sistem ini, karyawan tidak perlu setiap hari datang ke kantor. Mereka bisa bekerja di mana saja, baik itu di rumah atau di coworking space.

Meskipun karyawan bekerja dari jarak jauh, kehadiran atau absensi karyawan harus tetap dicatat oleh tim manajemen atau perusahaan. Karena hal ini berkaitan dengan perhitungan gaji dan tingkat kedisiplinan karyawan.

Untuk mendukung dan memudahkan perusahaan dalam menjalankan sistem kerja tersebut, maka terciptalah sebuah aplikasi absensi yang dapat membantu karyawan dalam melakukan absensi jarak jauh.

Nah, pada kesempatan ini, LinovHR akan membahas mengenai salah satu cara absensi jarak jauh, dengan menggunakan aplikasi absensi LinovHR.

Mari simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

 

Pentingnya Melakukan Absensi Jarak Jauh

Ada beberapa alasan mengapa melakukan absensi jarak jauh itu penting untuk dilakukan oleh perusahaan, di antaranya:

 

  1. Mencatat Kehadiran Karyawan

Fungsi yang paling utama dalam melakukan absensi jarak jauh yaitu untuk mencatat kehadiran karyawan perusahaan, terutama bagi perusahaan yang menerapkan sistem kerja hybrid ataupun full WFH.

Pencatatan kehadiran sendiri diperlukan dalam melakukan evaluasi terhadap karyawan yang bersangkutan. Seperti kenaikan gaji, jabatan, atau juga melihat performa karyawan yang bersangkutan.

 

  1. Dasar Penggajian

Seperti yang kita semua ketahui, absensi digunakan sebagai perusahaan atau manajemen dalam memberikan insentif kepada karyawannya, seperti gaji dan bonus.

Selain itu, perusahaan juga bisa memberikan pemotongan bonus, gaji, ataupun denda bagi karyawan yang telat atau bahkan tidak hadir dalam bekerja.

 

  1. Dasar Pemberian Cuti

Selain berfungsi sebagai dasar pemberian gaji, absensi juga berfungsi sebagai dasar dalam pemberian cuti karyawan.

Nantinya, pihak manajemen perusahaan akan melihat daftar kehadiran seorang karyawan, dan melihat apakah karyawan tersebut sudah mengambil cuti atau belum.

Saat ini, sudah banyak aplikasi absensi yang sudah terintegrasi dengan pengajuan cuti karyawan. Sehingga, hal ini sangat penting untuk diperhatikan oleh manajemen perusahaan.

 

  1. Menghindari Kecurangan

Potensi kecurangan tentunya akan semakin besar, jika tidak ada mesin atau aplikasi yang berguna untuk mencatat kehadiran karyawan. Terutama pada sistem kerja hybrid atau WFH.

Jika hal tersebut terjadi, maka tim HR atau manajemen tidak dapat melihat ataupun mencatat kehadiran karyawannya. Sehingga, mereka tidak tahu apakah karyawan tersebut benar-benar bekerja atau malah sebaliknya.

Guna menghindari hal tersebut, makanya diperlukan sebuah absensi jarak jauh yang dapat tetap membantu perusahaan dalam mencatat kehadiran setiap karyawannya.

 

Baca Juga: Aplikasi Monitoring Karyawan WFH

 

Beragam Cara Absensi Jarak Jauh

Adapun beberapa cara absensi jarak jauh yang bisa digunakan oleh perusahaan, sesuai dengan kondisi, serta kebutuhan yang ada. Di antaranya seperti di bawah ini.

 

  1. Absensi Sidik Jari

Sistem absensi sidik jari atau fingerprint, merupakan salah satu cara absensi yang mulai banyak digunakan saat ini.

Selain efektif dan efisien, penerapannya pun terbilang sangat mudah. Setiap karyawan hanya perlu mengunduh aplikasi absensi yang sudah ditentukan perusahaan di smartphone mereka masing-masing.

Setelah itu, mereka bisa melakukan absensi dengan cara menempelkan jari mereka pada tempat dimana mereka membuka kunci smartphone mereka. Perlu dicatat, cara satu ini tidak bisa dilakukan kepada smartphone yang tidak memiliki fitur fingerprint lock di dalamnya.

 

  1. Absensi Biometrik

Cara yang kedua yaitu dengan melalui absensi biometrik. Cara ini merupakan bentuk pengembangan dari cara sebelumnya yaitu sidik jari.

Melalui absensi biometrik, karyawan tidak hanya bisa melakukan absensi melalui sidik jari saja, tetapi bisa juga melalui fitur pengenalan wajah atau face recognition.

Penerapannya pun tidak beda jauh dengan metode sidik jari. Bedanya, pengguna atau karyawan perlu menggunakan kamera smartphone atau laptop mereka, lalu memposisikan wajah mereka pada kamera tersebut.

Setelah itu, sistem pada aplikasi akan mendeteksi dan menyesuaikannya dengan database yang dimiliki. Jika sesuai, maka kehadiran karyawan tersebut akan tercatat secara otomatis ke dalam sistem.

 

  1. Absensi Online

Cara yang ketiga, sekaligus menjadi yang terakhir yaitu absensi online. Karyawan hanya perlu membuka aplikasi absensi dan melakukan check-in untuk mendaftarkan kehadirannya dimanapun mereka berada.

Selain itu, pada aplikasi absensi online biasanya tersemat sebuah fitur GPS, yang dapat membantu manajemen dalam melacak lokasi karyawan yang melakukan absen. Dengan begitu, manajemen dapat melihat secara real-time lokasi tempat karyawan tersebut bekerja.

 

Absensi Jarak Jauh Lebih Mudah dengan Aplikasi Absensi LinovHR

Kehadiran absensi jarak jauh bisa dikatakan adalah jawaban dari permasalahan pencatatan kehadiran untuk perusahaan yang menerapkan kerja remote atau hybrid. Dengan adanya sistem absen ini, karyawan tidak lagi harus datang ke kantor hanya untuk sekadar melakukan pencatatan kehadiran.

Selain memudahkan dalam proses presensi, absensi jarak jauh juga bisa dimanfaatkan perusahaan untuk melakukan pengawasan kepada karyawan yang tidak bekerja di kantor.

 

aplikasi absen online
Aplikasi Absensi

 

Dengan segala keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan dan juga karyawan, tentu bukan jadi sebuah keraguan lagi bagi perusahaan untuk mulai mengadopsi teknologi absensi jarak jauh seperti aplikasi absensi LinovHR.

Melalui aplikasi absen LinovHR, setiap karyawan dapat dengan mudah melakukan absensi dari jarak yang jauh atau online.

Mereka bisa melakukan absensi dengan dua cara, yaitu melalui metode sidik jari dan juga metode pengenalan wajah.

Selain itu, aplikasi absen LinovHR juga sudah dilengkapi dengan geotagging yang menandai lokasi karyawan saat melakukan presensi.

 

geotagging
geotagging pada sistem absensi online

 

Menariknya, fungsi dari aplikasi absen LinovHR tidak hanya sebatas absensi, tetapi bisa juga menunjang karyawan dalam melakukan berbagai macam pengajuan. Seperti cuti, izin, sakit, hingga lembur.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadwalkan demonya bersama kami sekarang juga, GRATIS!

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter