absensi via smarphone

LinovHR Mobile Attendance: Teknologi Absensi Via Smartphone

Pesatnya perkembangan teknologi menawarkan banyak kemudahan dalam kahidupan, tak terkecuali dalam bidang pekerjaan. Mengirim dokumen, menyimpan file, mengelola dan menghitung data, berkomunikasi secara grup, dan banyak lainnya sudah bisa dilakukan dengan bantuan teknologi. Bahkan jika sebelumnya masih terdiri dari beberapa perangkat, sekarang justru sudah bisa dilakukan melalui satu perangkat kecil saja yaitu smartphone.

Penggunaan teknologi mobile memang sangat menguntungkan para pekerja dan perusahaan. Teknologi akan membantu manusia untuk lebih produktif, bekerja lebih baik, dengan environment yang lebih baik.

Salah satu bentuk perkembangan teknologi yang tengah dilirik oleh banyak perusahaan saat ini adalah absen mobile atau mobile attendance. Sistem ini terbilang masih anyar sehingga belum banyak yang mengetahui apa saja keunggulannya. Apalagi sistemnya berupa absen dari smartphone masing-masing, sehingga dianggap lebih mudah dicurangi. Apakah benar demikian?

 

Absensi via Smartphone

Sistem mobile attendance, menjadi pembaruan dari sistem absensi yang sebelumnya menggunakan sistem absen mesin sidik jari. Teknologi absensi dengan menggunakan smartphone ini memiliki lebih banyak keunggulan yang dibutuhkan perusahaan. Keunggulan-keunggulan tersebut adalah seperti :

  1. Data yang lebih akurat karena dikelola oleh masing-masing karyawan
  2. Data bersifat real time sehingga lebih mudah dan cepat untuk dipantau terutama oleh manajemen HRD
  3. Mudah digunakan dan dipahami oleh siapa saja
  4. Lebih aman karena akses hanya dimiliki oleh masing-masing karyawan
  5. Praktis terutama bagi karyawan yang memiliki mobilitas tinggi karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja
  6. Lebih efisien karena tidak melalui proses adminsitrasi yang panjang
  7. Hemat biaya karena tidak perlu mengalokasikan dana untuk mesin dan perawatan

 

LinovHR Mobile Attendance

Sebagai penyedia software Human Resource Information System, LinovHR juga menyediakan layanan teknologi absensi via smartphone. Aplikasi absensi berbasis online dari LinovHR akan membantu karyawan dalam melakukan absensi masuk dan pulang hanya dengan menggunakan smartphone mereka masing-masing. Bagi perusahaan, penggunakan aplikasi ini juga akan membantu mereka melakukan pengelolaan dan pengawasan.

Keunggulan LinovHR Mobile Attendance bisa dilihat pula dari komponen atau fitur yang dimilikinya. Setidaknya ada 7 komponen fitur tersebut yaitu sebagai berikut.

 

1. Absensi Online

Absensi online menjadi fitur utama yang disajikan. Melalui fitur ini, karyawan dapat melakukan absensi masuk dan absensi pulang secara real time langsung dari smartphone masing-masing. Sistem absensi ini hanya bisa dilakukan oleh satu perangkat sehingga meminimalisasi kecurangan.

 

Baca Juga: Absensi Online vs Finger Print, Mana yang Lebih Efektif?

 

Selain itu, melalui absensi online ini juga akan membantu karyawan yang bekerja di luar kantor sehingga tidak perlu repot harus datang dahulu ke kantor karena absensi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

 

2. Double Absensi

Bagi karyawan yang bekerja mobile antara di lapang dan di kantor, maka keberadaan fitur double absensi ini akan sangat membantu. Kehadiran ganda dalam sehari sangat dimungkinkan dimana karyawan harus melakukan absen masuk dan pulang ketika di kantor dan ketika harus bertugas di luar kantor.

 

3. Riwayat Absensi Karyawan

Melalui LinovHR Mobile Attendance, admin maupun karyawan bisa melihat riwayat absensi kapan saja tanpa harus repot memindahkan data ke komputer. Hal ini akan membuat evaluasi dalam melakukan strategi manajemen menjadi lebih cepat dan tepat.

 

4. Reimbursement

Pengajuan reimbursement juga bisa dilakukan melalui aplikasi ini dimana karyawan cukup mengisi form dan mengunggah bukti pembayarannya ke dalam sistem. Selain lebih efeketif, sistem ini juga akan membuat proses lebih aman dan terdata dengan rapih.

 

5. Timesheet Report

Absensi karyawan yang terdata dapat terintegrasi melalui modul Time management LinovHR. Dengan begitu, admin dapat lebih mudah untuk menghasilkan laporan timesheet yang akurat dan kredibel.

 

6. Manajemen Jam Lembur

Permintaan lembur dan pencatatan jamnya menjadi lebih mudah melalui aplikasi mobile attendance. Bagi admin, komponen ini juga akan memudahkan mereka dalam proses perhitungan kompensasi karena sistemnya bisa terintegrasi dengan sistem manajemen akuntansi LinovHR.

 

Baca Juga: Perhitungan Uang Lembur, Aturan Dan Tata Caranya

 

7. Permohonan Sakit, Izin, dan Cuti

Permohonan untuk ketidakhadiran menjadi lebih mudah dilakukan karyawan dengan sistem yang real time. Kemudahan ini tentu bukan untuk membuat karyawan semakin sering izin, justru akan membuat mereka lebih mudah mengelola absensi masing-masing karena datanya bisa dilihat secara langsung digenggaman.

Abensi online menjadi alternatif tepat bagi perusahaan yang ingin terus mengembangkan diri agar produktifitas karyawannya menjadi lebih tinggi. Keraguan juga selayaknya sudah tidak diperlukan lagi karena sistem online justru akan lebih aman karena data absensi akan tercatat dalam database server secara online. Untuk merasakan manfaat aplikasi Mobile Attendance ini, anda dapat mencoba secara gratis pada link berikut ini, https://www.linovhr.com/aplikasi-absensi/.