Mobile Attendance

Mengenal Teknologi Software Attendance Management LinovHR

Absensi tidak sekedar data kehadiran karyawan. Sistem ini juga dibuat untuk bisa dikelola yang nantinya berguna untuk manajemen mengambil keputusan atau kebijakan. Untuk itulah ada sistem khusus untuk mengelola absensi yang biasa disebut Attendance Management.

Attendance Management memegang relevansi besar dengan produktivitas di tempat kerja dan profitabilitas organisasi. Melacak kehadiran karyawan dapat membantu perusahaan tumbuh dan berkembang dalam domain bisnisnya masing-masing.

Seiring perkembangan teknologi, maka Attendance Management juga sudah bisa dilakukan melalui software. Ini merupakan sebuah aplikasi yang dirancang khusus untuk mengelolah data absensi perusahaan yang pengoperasiannya menjadi lebih optimal karena bisa dilakukan secara otomatis.

Salah satu penyedia software Attendance Management ini adalah LinovHR. Sebagai perusahaan penyedia layanan Human Resource Information System, LinovHR menyediakan software Attendance Management dengan keunggulan yang memang dibutuhkan perusahaan.

 

Software Attendance Management LinovHR

Teknologi Software Attendance Management dari LinovHR memiliki banyak keunggulan. Sistem yang ditawarkan memberikan kemudahan dalam mengelola absensi karyawan baik yang memiliki jam kerja tetap maupun yang bersifat shift. Komponen yang ada juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Penambahan komponen dalam sistem yang berkaitan dengan kebijakan perusahaan seperti toleransi akan keterlambatan, pengaturan jam kerja fleksibel, dan lain sebagainya dimungkinkan untuk dilakukan.

 

Baca Juga: LinovHR Mobile Attendance: Teknologi Absensi Via Smartphone

 

Bagi HRD, pemanfaatan Software Attendance Management dari LinovHR juga sangat membantu. Mereka bisa melakukan pengelolaan data absensi karyawan dengan lebih akurat karena bersifat otomatis. Nilai akurasi ini sangat penting karena akan mempengaruhi nilai payroll dari setiap karyawan.

 

Fitur Pada Software Attendance Management LinovHR

Software Attendance Management dari LinovHR memiliki sistem yang terpadu dalam modul Time Management. Sistem ini memiliki ragam fitur yang menjadikannya unggul dibanding sistem absensi lain. Fitur-fitur yang ada juga memiliki fungsi yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan secara umum.

Fitur utama yang ada pada Software Attendance Management dari LinovHR tersebut adalah sebagai berikut.

 

1. Time Group

Time Group merupakan fitur yang difungsikan untuk mengelompokkan karyawan yang memiliki jam kerja yang sama. Sehingga, anda dapat mengelola jadwal dan status kehadiran karyawan dengan lebih terstruktur. Melalui jadwal ini nantinya akan dibandingkan dengan data absensi karyawan untuk mendapatkan status kehadirannya.

Menu ini juga memiliki komponen lain seperti pengaturan jam kerja fleksibel, toleransi keterlambatan, cuti tahunan, upah lembur, overtime rounding, dan flexible holiday overtime. Komponen-komponen ini bisa diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

 

2. Calender

Pada fitur calender akan ditampilkan seluruh libur dan event perusahaan. Melalui calender ini, anda bisa mengatur kriteria karyawan yang bisa mendapat libur atau mengikuti event perusahaan. Tampilan menunya sendiri sederhana sehingga mudah untuk dipahami.

 

3. Schedule Exception

Pergantian jadwal sangat mungkin dilakukan oleh karyawan karena alasan-alasan tertentu. Jika sebelumnya harus mengurus izin dari HRD dengan prosedur yang seringkali membuang waktu, maka dengan Menu Schedule Exception semua bisa dengan mudah dilakukan. Menu ini juga sangat memudahkan perusahaan yang menerapkan aturan jam kerja shift bagi sebagian karyawannya.

 

4. Leaves

Menu Leaves digunakan untuk mengatur konfigurasi cuti perusahaan. Fitur ini juga berfungsi dalam menentukan kuota cuti, periode kuota, dan daftar karyawan yang berhak menerima cuti.

 

5. Permission Request

Kekeliruan pencatatan ketika karyawan izin datang terlambat untuk urusan tertentu bisa teratasi melalui Menu Permission Request. Menu ini memungkinkan karyawan mengajukan izin datang terlambat atau pulang cepat dan dapat langsung dikelola secara administratif. Hal ini membuat pelacakan jika catatan kehadiran tidak sesuai dengan jam kerja bisa dilakukan dengan mudah.

 

6. Leave Request

Agar karyawan bisa dengan mudah mengelola cutinya sendiri, maka mereka bisa menggunakan fitur Leave Request. Fitur ini tidak hanya difungsikan untuk mengajukan cuti, tetapi juga untuk melihat kuota cuti mereka.

 

7. Overtime Request

Pengajuan lembur oleh karyawan cukup dilakukan melalui fitur Overtime Request. Nantinya, admin atau manajemen HRD bisa langsung memberikan izinnya atau tidak dengan mudah tanpa prosedur yang berbelit-belit.

 

8. Timesheet

Pada fitur Timesheet, manajemen HRD dapat mengelola catatan kehadiran karyawan dengan mudah. HRD bisa langsung memasukkan data kehadiran dan kemudian dianalisis dan dibandingkan dengan jadwal karyawan. Menu ini sendiri memiliki dua jenis yaitu timesheet yang belum di analyze dan menu yang telah di analyzed.

 

9. Time Definition

Fungsi absensi salah satunya adalah untuk menentukan dalam perhitungan payroll atau kompensasi. Oleh karena data absensi sudah dengan mudah didapat melalui software Attendance dari LinovHR, maka proses perhitungan payroll juga menjadi lebih efisien dan akurat.

Segala kemudahan yang diberikan LinovHR dalam Attendance Management akan berdampak besar bagi perusahaan. Hal-hal yang dahulu dilakukan secara manual dan membuang-buang waktu, sekarang bisa dengan efektif dan efisien dilakukan. Baik HRD ataupun karyawan lain bisa memanfaatkan waktunya untuk mengerjakan hal-hal produktif yang lebih menguntungkan.

Untuk merasakan langsung keuntungan tersebut, coba gratis software attendance management atau aplikasi absensi LinovHR sekarang juga. Atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.