Tips & Trick

Cara Membuat Agenda Rapat Perusahaan yang Efektif dan Contohnya

Kesuksesan meeting kerja akan sangat ditentukan dari penyusunan agenda rapat yang tepat. Hal ini karena agenda meeting menjadi penuntun mengenai apa saja yang perlu dibahas dan apa saja rangkaian kegiatan dalam rapat.

Sayangnya, masih banyak ditemukan perusahaan yang belum benar-benar memanfaatkan fungsi dari agenda rapat ini.

Untuk itu, artikel dari LinovHR ini akan menjelaskan mengenai cara membuat agenda rapat perusahaan yang efektif. Simak penjelasannya berikut ini, ya!

 

Apa Itu Agenda Rapat?

Agenda rapat adalah sebuah daftar topik atau daftar aktivitas yang digunakan untuk mengatur suatu pembahasan rapat kerja.

Selama rapat berlangsung, agenda meeting akan digunakan untuk menentukan alur pembahasan dan juga alur permasalahan. Tujuannya untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai waktu rapat.

Selain itu, agenda ini juga digunakan sebagai pedoman untuk menjalankan suatu rapat di perusahaan. Harapannya, karyawan yang akan mengikuti rapat bisa mengetahui terlebih dahulu gambaran umum pembahasan yang akan diberikan pada saat rapat.

Sehingga karyawan bisa mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kebutuhan rapat sebelum rapat dimulai. Tanpa adanya agenda rapat, ditakutkan pembahasan menjadi tidak efektif yang membuat rapat menjadi sia-sia atau tidak memiliki manfaat.

Selain itu, berikut adalah beberapa manfaat penting dari agenda rapat, antara lain:

  • Memberikan kesempatan bagi karyawan untuk saling mengutarakan pendapatnya
  • Menentukan karyawan inti yang dapat diajak rapat
  • Memperjelas arah dan tujuan rapat kerja
  • Mengetahui gambaran umum mengenai tema rapat

 

Pentingnya Agenda Rapat yang Efektif

Pada saat karyawan menghadiri rapat kerja, tentunya karyawan memiliki ekspektasi bahwa rapat akan berjalan dengan baik dan menghasilkan sesuatu yang berguna. Oleh sebab itu, agenda meeting harus disusun dengan baik, agar rapat menjadi semakin efektif dan efisien.

Adapun pentingnya agenda rapat yang efektif adalah sebagai berikut.

 

1. Memberdayakan semua karyawan untuk berkontribusi bersama

Agenda rapat yang efektif juga harus memastikan bahwa semua anggota tim memiliki kesempatan yang sama untuk berkontribusi dalam diskusi rapat. Hal tersebut dapat membuat karyawan menjadi lebih aktif dan interaktif selama rapat berlangsung.

 

2. Menentukan harapan dan tanggung jawab

Selain membantu menentukan keputusan rapat, agenda rapat juga akan memperjelas ekspektasi dan tanggung jawab dari seorang karyawan. Harapannya, rapat bisa menjadi pedoman bagi karyawan untuk meningkatkan produktivitasnya.

 

Apa yang Harus Ada dalam Agenda Rapat

Jika Anda berkesempatan untuk menjadi penyelenggara rapat, Anda perlu membuat agenda rapat demi menjaga efektivitas rapat. Ada beberapa hal yang perlu ada dalam agenda rapat, antara lain:

  • Tema utama
  • Poin-poin pembicaraan
  • Dokumen pendukung
  • Keputusan rapat
  • Aksi setelah rapat

 

Poin-poin penting tersebut harus ada di agenda rapat perusahaan, sehingga rapat akan berjalan dengan lebih lancar dan efisien.

 

Bagaimana Cara Menulis Agenda Rapat yang Efektif

Ada beberapa cara untuk membuat agenda rapat perusahaan yang efektif. Berikut adalah diantaranya.

 

1. Jelaskan tujuan rapat

Langkah pertama adalah jelaskan tujuan rapat dengan sejelas mungkin. Hal ini dapat membantu peserta rapat untuk mengetahui tujuan dan mempersiapkan segala keperluan sebelum rapat berlangsung.

 

2. Tuliskan saran dari anggota tim

Jika ingin semua peserta rapat terlibat, kita perlu memastikan bahwa agenda rapat yang disiapkan memenuhi kebutuhan anggota tim. Tidak ada salahnya meminta saran kepada anggota tim tentang apa yang akan dibahas dalam rapat.

Jika seorang pimpinan memutuskan untuk tidak membahas suatu topik pertanyaan, maka berikan alasan yang jelas kepada anggota tim yang memberikan saran untuk menghindari kesalahpahaman yang dapat merusak suasana rapat.

 

3. Tentukan topik yang menarik

Pada saat rapat, tentukan topik yang menarik agar seluruh karyawan mengerti pembahasan yang sedang didiskusikan. Sebagai penyelenggara rapat, Anda harus memastikan bahwa topik yang dibahas dapat memengaruhi anggota tim secara keseluruhan, sehingga peserta rapat bisa dengan aktif mengikuti rapat.

 

4. Buat daftar pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta rapat

Buatlah daftar pertanyaan yang wajib dijawab oleh peserta sebelum rapat dilakukan. Pertanyaan tersebut seputar tema yang akan dibawakan saat rapat. Hal ini bertujuan agar memancing peserta untuk mencari segala informasi mengenai tema rapat.

 

5. Akhiri pertemuan dengan ulasan yang menarik

Akhiri pertemuan rapat kerja dengan mencantumkan ulasan atau kesimpulan yang menarik. Hal ini bertujuan agar peserta memahami segala informasi dalam rapat, sehingga karyawan bisa mengambil langkah yang diperlukan.

 

6. Tuliskan langkah- langkah yang dilakukan setelah rapat

Setelah rapat selesai, pastikan ada Minute of Meeting atau kesimpulan rapat Sehingga dari kesimpulan tersebut dapat ditentukan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja dan lain sebagainya.

 

Baca Juga: Daftar Contoh Notulen Rapat yang Benar

 

Contoh Agenda Rapat Perusahaan

Agar Anda lebih memahami bentuk dari agenda meeting yang baik. Berikut ini beberapa contoh agenda rapat perusahaan yang bisa Anda jadikan referensi:

 

1. Contoh Agenda Rapat Perusahaan

Sumber: scribd.com

 

2. Contoh Agenda Rapat Organisasi

Sumber: kosngosan.com

 

3. Contoh Agenda Rapat Bisnis

Sumber: stodocu.com

 

Bisa dilihat seperti gambar di atas, terdapat agenda rapat yang menjelaskan tahapan demi tahapan rapat kerja yang ditandai dengan pemberian waktu.

Mulai dari registrasi peserta hingga penutupan, semua tahapan bisa dilihat dengan mudah. Hal ini dapat membantu peserta dalam memahami tujuan dan tema rapat.

 

Demikianlah artikel mengenai agenda rapat, semoga artikel dari LinovHR ini dapat menambah wawasan Anda dan ilmu pengetahuan Anda tentang agenda rapat.

Terimakasih telah membaca sampai akhir.

Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari Follow them on Linkedin

Recent Posts

Segini Gaji Supervisor di Berbagai Posisi dan Daerahnya

Tahukan Anda berapa gaji supervisor di Indonesia? Nominal gaji seorang supervisor sendiri amat bervariasi tergantung…

17 jam ago

Guest Relation Officer: Pengertian, Tugas, Skill, Gaji

Industri hospitality seperti hotel amat tergantung kepada pelayanan, maka tidak heran bila guest relation officer…

18 jam ago

Jika Karyawan Menolak Lembur, Bolehkah Dipaksa?

Di keadaan tertentu perusahaan kerap meminta karyawan untuk melakukan lembur. Nah, bagaimana jika karyawan menolak…

19 jam ago

Pajak Pensiun: Pengertian, Ketentuan, dan Contoh Perhitungannya

Pajak pensiun adalah salah satu ketentuan dalam perpajakan yang tertuang dalam PMK No.16/PM.03/2010. Pajak ini…

2 hari ago

Kapan CPNS 2024 Dibuka? Catat Tanggal, Formasi, Syarat, dan Tips Lulusnya

PNS masih menjadi karier yang didambakan banyak orang. Bagaimana tidak, pekerjaan menjadi PNS disebut-sebut menjamin…

2 hari ago

Cara Mengembalikan Database e-Faktur yang Hilang

Sebagai wajib pajak kerap kali kita mengalami gangguan hilangnya database eFaktur. Tapi tenang saja dengan…

3 hari ago