alasan melamar pekerjaan

Cara Menjawab “Apa Alasan Melamar Pekerjaan” yang Tepat

Satu dari sekian banyak proses yang dilalui seorang kandidat selama melamar kerja adalah interview. Dari sekian daftar pertanyaan, salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan oleh recruiter adalah “Alasan Melamar Pekerjaan”. 

Tak jarang pertanyaan tersebut cukup membuat kandidat kebingungan untuk menjawabnya. 

Melalui artikel ini, LinovHR akan membahas dengan lengkap bagaimana cara menjawab pertanyaan wawancara “Apa Alasan Melamar Pekerjaan” dengan tepat dan benar.

 

Cara Menjawab “Alasan Melamar Pekerjaan”

Ketika Anda mendapatkan pertanyaan “mengapa Anda melamar pekerjaan ini”, terdapat tiga cara untuk menjawabnya dengan benar dan tepat, yaitu:

 

1. Jelaskan Sesuatu Secara Spesifik

Ketika dihadapkan dengan pertanyaan tersebut, usahakan Anda menjawabnya  dengan cara menjelaskan sesuatu secara spesifik mengenai apa yang Anda cari dalam pekerjaan. 

Anda dapat menjelaskan industri kerja yang diinginkan, jenis peran, dan banyak hal lainnya yang dapat Anda ceritakan. 

Dengan demikian, hal tersebut dapat menjadi kesempatan untuk terus mengembangkan keterampilan Anda di bidang tertentu atau kesempatan untuk terlibat di bidang baru. 

 

2. Beritahu Pihak Perusahaan Tentang Minat Anda

Setelah Anda menunjukkan kepada mereka bahwa Anda menargetkan hal-hal tertentu dalam pencarian pekerjaan, bicarakan juga tentang apa yang menarik minat Anda. Tunjukkan kepada perusahaan yang Anda lamar bahwa Anda memahami peran pekerjaan tersebut  dan sangat bersemangat untuk melakukan pekerjaan itu. 

 

3. Riset Tentang Perusahaan yang Dilamar

Pengetahuan Anda tentang perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan juga dapat menjadi pertimbangan ketika menjawab pertanyaan “mengapa Anda melamar pekerjaan ini”.

Hal yang terpenting adalah Anda harus mengetahui tentang perusahaan tersebut terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda baru bisa menceritakan kepada recruiter tentang mengapa lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut menarik bagi Anda. 

 

4. Akhiri Jawaban Anda dengan Pertanyaan

Salah satu cara terbaik untuk menjawab pertanyaan “Apa alasan Anda melamar pekerjaan” adalah dengan mengakhiri jawaban Anda dengan sebuah pertanyaan.

Cara ini dapat membuat Anda lebih menonjol dibanding kandidat lainnya. Mengakhiri jawaban Anda dengan sebuah pertanyaan menciptakan dialog dua arah yang dapat membuat proses wawancara menjadi lebih seperti percakapan biasa. 

 

Baca Juga: Selamat! ini 7 Tanda Lolos Interview Kerja

 

Contoh Pertanyaan dan Jawaban Alasan Melamar Pekerjaan

Agar Anda memiliki gambaran mengenai jawaban yang tepat untuk pertanyaan “Apa Alasan Anda Melamar Pekerjaan”, berikut beberapa contoh alasan melamar pekerjaan yang baik:

 

Mengapa Anda Tertarik dengan Pekerjaan Ini?

 

“Saya telah bekerja di bidang digital marketing selama 5  tahun dan bidang ini sangat saya nikmati dan ingin terus saya kembangkan. Saya melamar posisi ini karena telah membaca deskripsi pekerjaan yang diunggah, saya merasa sepertinya pekerjaan ini adalah peluang besar untuk membangun keterampilan saya dalam bidang digital marketing seperti social media marketing, Facebook Ads, dan sebagainya.”

 

Mengapa Anda Melamar Pekerjaan Ini?

 

“Saya melihat bahwa perusahaan ini sedang mencari seseorang yang mahir dalam bidang sales dan marketing, yang merupakan dua keahlian utama saya. Di perusahaan saya sebelumnya, saya adalah bagian dari tim marketing yang dapat meningkatkan penjualan sebesar 20% per tahun. Dengan pengalaman yang saya miliki selama 6 tahun di bidang sales dan marketing, saya yakin akan dapat membantu pertumbuhan di perusahaan”

 

Kunci dalam Menjawab “Alasan Melamar Pekerjaan”

Berikut beberapa aspek atau kunci yang perlu Anda perhatikan ketika memberi jawaban alasan melamar pekerjaan, antara lain:

 

1. Fokus Kepada Keterampilan

Usahakan untuk menyebutkan keterampilan dan kemampuan yang Anda miliki ketika memberikan jawaban alasan melamar pekerjaan kepada recruiter.

Cara ini dapat menjadi kesempatan yang baik untuk berbicara tentang kelebihan Anda dan apa yang membedakan Anda dari kandidat lain. Anda dapat menyebutkan pekerjaan ekstra yang telah dilakukan, proyek yang Anda banggakan, atau pendidikan tambahan yang telah Anda selesaikan.

 

Baca Juga: Job Hunter, Kenali Arti dari Fringe Benefit! 

 

2. Berikan Jawaban Positif

Selanjutnya, sebisa mungkin Anda memberikan jawaban yang positif kepada recruiter. Sebab, jawaban yang positif dapat mempengaruhi penilaian perusahaan terhadap kompetensi diri Anda.

Oleh karena itu, apapun motif Anda dalam mencari pekerjaan, usahakan untuk selalu memberikan respons yang positif. 

 

3. Hubungkan Jawaban dengan Pekerjaan

Disinilah riset mengenai deskripsi pekerjaan dan perusahaan yang telah Anda cari dapat digunakan untuk menyusun jawaban yang akan dihargai oleh pewawancara.

Dengan mengingat secara spesifik tentang deskripsi pekerjaan atau perusahaan, tentunya akan memberi Anda kesempatan untuk membahas keterampilan dan latar belakang Anda, serta menjelaskan mengapa Anda merupakan kandidat yang tepat untuk pekerjaan itu. 

 

Untuk HR Atur Proses Rekrutmen dengan LinovHR 

software hris

 

Menyusun pertanyaan-pertanyaan wawancara seperti “Apa Alasan Melamar Pekerjaan Ini?”, tentunya merupakan proses yang memakan waktu bagi HRD.

Belum lagi jika HRD harus melakukan tugas administrasi lainnya mulai dari menyeleksi lamaran kandidat, menjadwalkan sesi interview, mengirim email kepada kandidat, dan lain sebagainya. 

Untuk mengatasi kerumitan proses rekrutmen karyawan, maka perusahaan dapat mengandalkan Modul Recruitment dari LinovHR.

Modul ini bisa memudahkan HRD dalam mengelola hal-hal yang berkaitan dengan proses rekrutmen mulai dari Manpower Planning, mengelola job vacancy, review kandidat hingga tahap seleksi kandidat. 

Dengan menggunakan Modul Recruitment dari LinovHR, perusahaan dapat lebih mudah mencari bakat-bakat terbaik yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tunggu apa lagi! Gunakan Modul Recruitment LinovHR sekarang juga untuk mendapatkan pengalaman proses rekrutmen yang lebih baik.  Ketuk tautan berikut untuk mengajukan demo bersama Tim LinovHR!