cara menolak tawaran kerja

Begini Cara Menolak Tawaran Kerja Secara Halus!

Mendapatkan banyaknya tawaran kerja dari berbagai perusahaan memang hal yang sangat diinginkan bagi seseorang yang hendak memulai karir ataupun ingin melanjutkan jenjang karir yang lebih tinggi. Banyaknya perusahaan yang memberikan tawaran pekerjaan pasti membuat seseorang harus menolak beberapa perusahaan yang sekiranya kurang sesuai. Sah-sah saja menolak tawaran kerja. Ada beberapa cara menolak tawaran kerja yang baik dan juga benar sehingga Anda pun tetap terlihat sopan dan juga profesional.

Masih bingung mengenai bagaimana cara menolak perusahaan untuk tawaran kerja? Yuk, simak artikel ini yang akan membahas mengenai hal tersebut dengan lengkap dan juga jelas sehingga tidak terjadi kekeliruan ketika Anda harus melakukannya.

 

Cara Menolak Tawaran Kerja Secara Sopan atau Halus

Sebenarnya ada beberapa hal yang mendorong seseorang untuk menolak perusahaan yang menawarkan lowongan kerja untuknya, bisa saja karena gaji yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut jauh dari ekspektasi yang dimiliki oleh calon karyawan sehingga perlu baginya untuk menolak tawaran tersebut untuk memilih perusahaan lain yang baginya lebih sesuai mengenai persoalan gaji. 

Kali ini, tidak hanya cara menolak tawaran kerja karena gaji tidak sesuai saja yang akan dibahas, namun

Anda juga akan mengetahui beberapa cara menolak tawaran kerja secara halus sehingga Anda pun tetap memberikan kesan profesional di depan para hr recruiter. Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menolak tawaran kerja dengan baik dan juga benar:

 

Lakukan dengan Segera!

Salah satu hal utama yang menjadi bagian cara menolak tawaran kerja dengan sopan adalah Anda diharuskan untuk memutuskan dengan cepat apakah Anda akan mengambil atau tidak mengambil tawaran kerja yang diberikan oleh sebuah perusahaan.

Jangan biarkan recruiter yang mengharapkan ketersediaan Anda menunggu Anda berhari-hari untuk mendapatkan  keputusan Anda.

Bagi seorang HR, akan lebih baik bagi mereka untuk mendapatkan keputusan apabila Anda tidak bersedia untuk bergabung dengan langsung dibandingkan harus menunggu seharian atau bahkan beberapa hari untuk mendapatkan keputusan Anda.

Dengan begini, HR akan lebih cepat untuk memproses kandidat yang lain untuk mengisi lowongan yang memang sangat dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

 

Baca Juga: Anda Pekerja Keras? Coba Simak 12 Ciri Pekerja Keras Berikut!

 

Sampaikan Bahwa Anda Sangat Menghargai Tawaran yang Diberikan

Ketika Anda hendak menolak tawaran, akan lebih baik apabila Anda menyampaikan bahwa Anda sangat menghargai tawaran yang diberikan kepada Anda mengenai lowongan tersebut.

Sampaikanlah juga bahwa Anda sangat berterima kasih kepada HR karena telah mempertimbangkan kemampuan

Anda untuk menjadi kandidat yang tepat untuk posisi yang dibutuhkan. Dengan melakukan ini, Anda akan terlihat profesional dan juga sopan di saat yang bersamaan. 

 

Berikan Alasan yang Jelas Mengenai Alasan Mengapa Anda Tidak Dapat menerima Tawaran Tersebut

Setelah memberikan apresiasi kepada HR yang menghubungi Anda, jangan lupa juga untuk memberikan alasan mengapa Anda tidak bisa menerima tawaran tersebut.

Menyampaikan alasan ini memang akan lebih baik bila didasari dengan kejujuran tanpa melebih-lebihkan sesuatu apalagi berbohong. 

Perlu diingat juga bahwa apabila Anda memang sudah diterima di perusahaan yang memberikan tunjangan lebih besar, Anda tidak perlu mengatakan hal ini secara detail.

Anda hanya perlu mengatakan bahwa Anda sangat tertarik untuk menjadi bagian dari perusahaan, namun sangat disayangkan bahwa Anda sudah terlanjur memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan lain. 

 

Contoh Kalimat untuk Menolak Tawaran Kerja yang Sopan

Setelah mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam cara menolak tawaran kerja, kini Anda hanya perlu menggabungkan langkah-langkah tersebut ke dalam sebuah kalimat atau paragraf yang konkrit dan juga jelas sehingga tidak terjadi kesalahpahaman antara Anda dan juga HR.

 

Berikut ini adalah contoh penyampaian menolak tawaran kerja:

Dear HR,

 

Saya sangat berterimakasih mengenai tawaran untuk mengisi posisi [masukkan posisi kerja] di perusahaan Anda, saya juga sangat mengapresiasi waktu yang Anda luangkan untuk membaca lamaran kerja yang saya berikan.

Namun, dengan berat hati harus saya sampaikan bahwa saya tidak dapat melanjutkan proses rekrutmen ini untuk mengisi posisi [masukkan posisi kerja] karena saya sudah menerima tawaran kerja di perusahaan lain dengan posisi yang sama [atau bisa sebutkan posisi lain].

Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih untuk kesempatan yang Anda tawarkan kepada saya.

 

Bagaimana? Tidak sulit bukan menyampaikan bahwa Anda tidak dapat menerima tawaran kerja tersebut dengan baik, benar dan juga sopan? Cara ini dapat mencerminkan jika Anda adalah pribadi yang profesional di mata HRD. 

 

Baca Juga: 11 Persepsi Keliru Tentang Divisi HR, Apa Saja? 

 

Kesimpulan

Mendapatkan banyak tawaran kerja memang suatu kepuasan tersendiri bagi seseorang, karena dengan begini kemampuan yang dimiliki olehnya ternyata memang dilirik dan menarik perhatian berbagai perusahaan untuk mengisi posisi yang dibutuhkan.

Namun, hal ini juga merujuk ke situasi dimana Anda harus memilih salah satu dari berbagai tawaran yang diberikan yang memang benar-benar cocok dengan ekspektasi Anda. 

Meskipun tidak sesulit yang didengar, menolak tawaran pekerjaan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dengan baik dan benar.

Walaupun banyak juga masih merasa bahwa menolak tawaran untuk mengisi posisi di suatu perusahaan, hal ini justru akan lebih baik bila dilakukan dengan cepat dan juga benar sehingga HR pun dapat memproses kandidat selanjutnya yang sekiranya juga cocok untuk mengisi posisi tersebut. 

Kini sudah mengerti cara menolak tawaran kerja dengan sopan dan juga halus, kan? Jangan sampai Anda melakukan kesalahan dalam melakukan hal satu ini, ya!