Mengapa Anda ingin Bekerja di Perusahaan Kami

Mengapa Anda ingin Bekerja di Perusahaan Kami?

Anda pasti pernah melalui wawancara dalam masa-masa pencarian kerja. Wawancara kerja adalah salah satu tahapan yang wajib Anda lalui sebelum mendapatkan pekerjaan idaman. Nah, wawancara sendiri adalah tahapan pertama yang mencerminkan motivasi melamar kerja. Anda sebagai kandidat harus menjawab dan mencerminkan citra positif agar mampu melangkah ke tahap berikutnya. Nah, Anda pasti pernah ditanya “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami”, bukan?  

Pertanyaan di atas adalah adalah pertanyaan yang sangat umum ditanyakan oleh HRD. Anda pasti bingung  menjawabnya dan jadi serba-salah untuk menjawabnya. Tak jarang beberapa kandidat malah grogi dan kesulitan dalam menjawab pertanyaan. Jika sudah begitu, Anda justru kehilangan peluang untuk diterima kerja karena tak menunjukkan kemampuan dengan maksimal.

 

Tips Ampuh Menjawab Saat Wawancara

Menjawab pertanyaan selama wawancara memang gampang-gampang susah. Anda harus memilah-milah mana yang sebaiknya Anda katakan dan jelaskan untuk memperkuat kesan pertama. Bingung bagaimana cara menjawab jika ditanya ”mengapa Anda ingin Bekerja di Perusahaan Kami”?  Coba ikuti tips cara menjawabnya di bawah ini!

Fokuskan pada keunggulan perusahaan perusahaan

Untuk memahami keunggulan perusahan, cobalah untuk mencari tahu detail mendalam tentang perusahaan melalui sumber terpercaya di internet seperti laman resmi perusahaan. Fokus dan jelaskan tentang kelebihan perusahaan yang tidak ada diperusahaan lain. Ini adalah tanda bahwa Anda benar-benar bersungguh-sungguh untuk berkontribusi dalam perusahaan. Riset kecil-kecilan ini juga sangat berguna untuk memahami budaya kerja perusahaan. Anda jadi lebih gampang dan luwes untuk menyesuaikan diri ketika benar-benar diterima bekerja. 

 

Jelaskan Keterampilan dan Bagaimana Keterampilan Anda akan Berguna

Anda telah menuliskan beberapa keterampilan yang Anda kuasai di CV secara singkat. Inilah waktunya untuk menjelaskan detail mengenai keterampilan Anda. Setelah menjelaskan mengenai keterampilan yang Anda miliki, jangan lupa untuk mengaitkannya dengan bagaimana keterampilan tersebut akan berguna untuk posisi yang Anda lamar. Misalkan Anda adalah seorang fresh graduate jurusan DKV dan hendak melamar sebagai illustrator dan mempunyai pengalaman magang dan mendesain campaign event himpunan di kampus. Nah, cobalah untuk menjelaskan apa yang unik dari desain Anda, pengalaman selama magang dan mengikuti himpunan mahasiswa, serta bagaimana penerapannya dalam posisi yang Anda lamar. 

 

Baca Juga: 8 Soft Skill Wajib untuk Fresh Graduate Agar Cepat Kerja

 

Jangan Berbohong, Tetapi Jangan Pula Ungkapkan Semuanya

Salah satu kunci dalam wawancara yang sukses adalah kejujuran. Anda harus menjelaskan dan menjawab semuanya sesuai dengan pengalaman dan latar belakang Anda. Contoh berbohong yang umum dalam wawancara adalah berbohong mengenai latar belakang pendidikan. Bisa saja seseorang mengatakan bahwa ia adalah lulusan universitas tertentu. Padahal, ia tak pernah menempuh pendidikan di universitas tersebut. Jika Anda memalsukan dan berbohong mengenai informasi pribadi, Anda akan berhadapan dengan masalah hukum, loh! Jadi jelaskan semuanya dengan jujur dan sesuai pengalaman Anda.

 Namun, jangan juga ungkapkan semuanya seenaknya. Jangan pernah menjawab pertanyaan dengan statement “karena saya butuh uang”, “perusahaan sebelumnya memberikan gaji terlalu kecil” atau “saya tidak cocok dengan perusahaan sebelumnya”.  Jawaban-jawaban seperti itu akan mencerminkan citra negatif dan pesimis.Kunci untuk menjawab pertanyaan dalam wawancara  adalah memilih kata  dan merangkainya menjadi kalimat positif. Alih-alih mendapatkan pekerjaan, HRD justru akan memandang Anda sebagai pribadi yang tidak profesional. 

 

Hubungkan tujuan hidup Anda dengan tujuan perusahaan

Anda pasti memiliki tujuan dalam hidup. Cobalah hubungkan tujuan hidup Anda dengan tujuan perusahaan dan citra produk yang dimiliki perusahaan. Inilah pentingnya melakukan riset sebelum wawancara.  Tunjukkan semangat untuk bisa bekerja di tempat yang mempunyai hubungan erat dengan tujuan hidup Anda. Hal ini akan menjadi pertimbangan bagi HRD untuk memberikan kesempatan bagi Anda untuk bergabung.

 

Respons ”Mengapa Anda ingin Bekerja di Perusahaan Kami”? yang Tepat

Di atas telah menjelaskan bagaimana tips menjawab pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami”. Berikut adalah contoh jawaban berdasarkan tips di atas yang dapat Anda jadikan referensi. 

Contoh 1

“Saya membaca di laman resmi perusahaan bahwa perusahaan adalah perusahaan terkemuka dalam menyediakan kosmetik untuk segmentasi perempuan usia 17-30 tahun. Desain campaign produknya pun sangat manis dan sesuai dengan anak muda. Kemampuan dan pengalaman desain saya selama magang di event organizer dan pembuatan campaign event beauty workshop himpunan sangat sesuai dengan posisi graphic designer social media. Dengan demikian saya dapat berkontribusi untuk mewujudkan visi misi perusahaan.”

 

Baca Juga: Coba Sebutkan, Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda?

 

Contoh 2 

“Dunia advertising merupakan ranah lapangan kerja yang menantang dinamis, dan selalu berkembang pesat mengikuti perkembangan zaman. Sementara saya adalah pribadi yang mempunyai curiosity cukup tinggi dan haus dengan tantangan untuk terus berpikir kreatif. Saya juga pernah terlibat dalam pembuatan copy untuk event beberapa komunitas.  Itulah mengapa saya ingin bergabung dan berkontribusi sebagai seorang copywriting.”

Aspek lain yang perlu Anda perhatikan adalah antusiasme atau minat yang besar untuk mendapatkan pekerjaan. Ini adalah cara untuk meyakinkan perusahaan bahwa Anda benar-benar siap untuk bergabung dan bekerja di perusahaan.  Hindarilah jawaban yang bernada keterpaksaan.  Itulah tips, cara, dan contoh bagaimana menjawab “mengapa Anda Ingin bekerja di perusahaan kami”. Semoga dapat membantu dalam mendapatkan pekerjaan yang cocok, ya!