Komunikasi Efektif

Mengenal Komunikasi Efektif dan Manfaatnya dalam Dunia Kerja

Skill atau kemampuan komunikasi merupakan salah satu hal yang harus Dikuasai. Menguasai skill komunikasi yang baik akan mendatangkan banyak kemudahan dan keuntungan. Namun, tidak semua orang bisa menguasai skill yang satu ini khususnya untuk skill komunikasi efektif. 

Komunikasi efektif adalah komunikasi yang berjalan dua arah dengan baik. Ide, pikiran dan konsep yang Anda komunikasikan didengar dan dijalankan.

Begitu juga sebaliknya, Anda dapat mendengarkan, mengerti, dan mengambil tindakan atas suara orang lain. 

Sedangkan, dalam kasus di tempat kerja atau lingkungan kerja, komunikasi yang efektif berarti lebih dari itu. Komunikasi efektif berarti membangun suatu relasi atau hubungan yang erat, meminimalisir misskomunikasi dan meningkatkan produktivitas. 

Komunikasi yang baik dan efektif akan memberikan dampak yang positif hampir disetiap industri. Komunikasi efektif dalam suatu tim atau divisi akan memastikan bahwa setiap orang yang ada masih memiliki goals atau target yang sama, dan dengan track yang sama.

Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan melalui komunikasi efektif?

Bagaimana cara Anda mengembangkannya? Yuk simak ulasan berikut!

 

Manfaat Komunikasi Efektif

Komunikasi Efektif
Komunikasi Efektif

 

Setelah membaca pembahasan mengenai apa itu komunikasi efektif, mari membahas soal manfaatnya. Adapun manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menerapkan dan mengembangkan komunikasi efektif antara lain:

 

Mencegah Terjadinya Konflik 

Penerapan komunikasi efektif dalam suatu perusahaan dapat membantu mengurangi konflik dan ketegangan saat bekerja.

Beberapa konflik perusahaan yang terjadi terjadi karena kurangnya komunikasi yang efektif baik antar individu maupun tim. Kesalahpahaman dapat menimbulkan konflik dan berakibat pada penurunan performa. 

 

Meningkatkan Employee Engagement 

Selain untuk memastikan komunikasi berjalan lancar, komunikasi yang efektif juga bermanfaat untuk menghubungkan atau membangun koneksi antar pegawai dan anggota tim lain dalam suatu perusahaan atau organisasi. 

Employee engagement yang dimaksud di sini termasuk di dalamnya membantu pemahaman akan tujuan yang ingin dicapai kepada karyawan, meningkatkan koneksi antar karyawan yang berdampak pada lingkungan kerja yang lebih menyenangkan tetapi juga profesional. 

Meningkatkan Produktivitas 

Komunikasi yang dibangun dengan baik akan mengarahkan karyawan pada lingkungan kerja yang lebih menyenangkan dan saling mendukung.

Hal ini akan meningkatkan produktivitas karyawan itu sendiri dalam bekerja. Karyawan yang merasa nyaman dengan pekerjaannya akan meningkat juga produktivitasnya. 

 

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat

Lingkungan kerja seringkali digambarkan sebagai lingkungan yang sangat kompetitif. Namun, tidak dengan tempat kerja yang bisa menerapkan komunikasi yang efektif.

Lingkungan kerja dengan komunikasi yang baik akan lebih sehat dan memiliki pengaruh baik untuk setiap karyawannya. 

 

Mempererat Hubungan Tim 

Jika adanya komunikasi yang efektif ini bisa membangun dan berdampak hingga lingkungan kerja, tentu saja hubungan tim akan lebih baik. Sebagai orang-orang yang ada dalam satu lingkup, komunikasi yang efektif akan mempererat hubungan tim. 

 

Meningkatkan Inovasi dan Job Satisfaction

Karyawan yang nyaman dengan pekerjaan juga lingkungan kerjanya akan lebih mudah berdiskusi dan mengkomunikasikan keinginan atau ide-idenya. Hal ini akan meningkatkan inovasi dari karyawan yang juga berpengaruh kepada job satisfaction yang didapatkan. 

 

Baca Juga: 9 Indikator Kepuasan Kerja Karyawan di Perusahaan

 

Cara Mengembangkan Komunikasi Efektif dalam Lingkungan Perusahaan

Setelah mengetahui manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menerapkan komunikasi efektif.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengembangkan komunikasi efektif di lingkungan kerja Anda. 

 

Membangun Kepercayaan 

Terkadang, kesulitan dalam memulai komunikasi yang efektif adalah karena kurangnya kepercayaan yang Anda berikan. Anda harus membangun kepercayaan agar komunikasi yang baik dan efektif terjadi. 

 

Latih Cara Berkomunikasi

Sebelum melakukan komunikasi yang baik, Anda harus tahu dulu apa yang akan Anda bicarakan, dimana komunikasi ini akan berlangsung. Hal-hal mendasar seperti itu bisa Anda latih agar terbiasa. Anda harus berbicara dengan jelas dan penjelasannya harus dapat dimengerti.

 

Identifikasi Halangan atau Masalah dalam Komunikasi

Komunikasi juga seringkali terhambat karena ada beberapa masalah tertentu sebelum memulai komunikasi.

Misalnya, salah satu tim Anda merupakan WNA (Warga Negara Asing), keterbatasan bahasa bisa jadi menghambat komunikasi. 

Jika masalah tersebut sudah teridentifikasi maka Anda harus mencari solusi selanjutnya agar komunikasi bisa tetap berjalan. 

 

Belajar Menggunakan Intonasi Bicara dan Body Language 

Perbedaan tone dan penggunaan body language juga penting saat melakukan komunikasi yang efektif. Ini akan menggambarkan perasaan Anda seperti senang, marah, tegas dan lain-lain. 

Body language yang juga dibutuhkan seperti senyum dan mengangguk untuk menyatakan kesetujuan, dan lain-lain. Body language atau gestur tubuh juga bisa menjadi tanda apakah Anda memberi perhatian atau tidak pada suatu hal. 

 

Baca Juga: Tak Kalah Penting! Perhatikan Komunikasi Non Verbal Selama Bekerja

 

Prioritaskan Komunikasi Dua Arah

Komunikasi harus berjalan dua arah. Anda harus memprioritaskan komunikasi dua arah agar komunikasi ini berjalan efektif. Komunikasi dua arah berarti Anda didengarkan dan Anda juga harus mendengarkan.

Sehingga kedua pihak merasa komunikasi ini berlangsung dua arah dan dapat saling memahami. 

 

Jangan Berasumsi!

Fungsi dari komunikasi salah satunya adalah mencegah kesalahpahaman dan menemukan solusi. Jangan berasumsi terhadap sesuatu yang belum Anda tahu pasti dan belum Anda komunikasikan.

Hal ini bukan tidak mungkin malah akan memicu konflik. 

 

Demikian ulasan mengenai komunikasi yang efektif. Semoga Anda bisa menerapkannya di tempat kerja Anda. Komunikasi merupakan salah satu hal yang penting dalam dunia kerja, jadi Anda tidak akan rugi untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan komunikasi Anda.

Semoga bermanfaat!