talent pool

Apa itu Talent Pool ?

Bakat atau talent yang mumpuni dan cocok adalah hal yang diharapkan bagi perusahaan untuk setiap karyawan atau calon kandidat karyawannya. Perusahaan tentu akan memberikan perhatian ekstra bagi mereka yang memiliki bakat terbaik. Untuk karyawan yang sudah bekerja, pimpinan perusahaan akan melakukan penilaian dan pendataan akan bakat tiap karyawannya. Sedangkan untuk proses rekrutmen, perusahaan akan menyiapkan database profil kandidatnya. Semua berujung pada satu tujuan yaitu mendapatkan talenta terbaik untuk mengisi posisi yang dibutuhkan pada perusahaan.

 

A.     Pengertian Talent Pool

Pembagian atau pengelompokkan baik itu karyawan ataupun kandidat karyawan seperti yang sudah dijelaskan diatas merupakan apa yang dimaksud dalam Talent Pool. Secara umum istilah talent pool merujuk pada sekelompok individu yang diidentifikasikan sebagai pegawai/kandidat dengan talenta tinggi untuk suatu organisasi/perusahaan.

Dalam situs resmi LPKM Psikologi UGM juga membahas talent pool ini yang mengartikannya sebagai sekelompok orang yang dinilai bertalenta, mampu menunjukkan kinerja unggul atau istimewa, menjadi panutan atau cermin bagi karyawan lain untuk berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh sebuah perusahaan. Lebih lanjut dijelaskan bahwa talent pool memiliki prinsip yaitu menempatkan orang yang memiliki kompetensi atau potensi sedang dan atau tinggi agar mampu mendukung kinerja (performance) yang diharapkan oleh organisasi.

 

B.     Fungsi Penerapan Talent Pool

Talent pool sejatinya lebih dari sebuah database hasil penilaian potensi dan kompetensi. Masih menurut LPKM Psikologi UGM menyebutkan bahwa talent pool bertujuan untuk membantu menciptakan dan mempertahankan keunggulan organisasi melalui upaya proaktif mengidentifikasi dan menempatkan talent-talent yang ada (SDM berkualitas) pada posisi-posisi kunci di organisasi.

Di sisi lain, untuk sistem perekrutan, talent pool dianggap sebagai metode paling efektif. Membangun sebuah talent pool menjadi strategi jangka panjang untuk mengisi posisi yang mungkin belum ada saat ini. Sebagai contoh adalah ketika hendak melakukan rekrutmen pada posisi baru, maka perusahaan bisa membuka database kandidat yang sudah pernah dibuat untuk melihat kembali kandidat terbaik yang dirasa cocok untuk mengisi posisi bersangkutan. Hal ini tentu akan bermanfaat untuk mengefisiensikan waktu dan mengurangi biaya perekrutan dengan menghasilkan calon yang terjamin kualitasnya.

 

C.     Cara Membanguan Talent Pool

Jika dijelaskan sebelumnya bahwa talent pool bisa digunakan untuk proses rekrutmen melalui database yang sudah ada. Tetapi yang menjadi kendala adalah tidak setiap dibutuhkan, kandidat terbaik tersebut ada atau bersedia. Oleh karena itulah dibutuhkan cara-cara efektif dalam membangun talent pool. Berikut 4 cara efektif dalam membangun talent pool tersebut.

 

Baca Juga :   Mengenal Talent Acquisition Specialist Beserta Tugasnya Dalam Perusahaan

 

1.    Gunakan Tools

Di era digital seperti sekarang, tak sulit untuk mencari dan mendata kandidat-kandidat terbaik dan kompeten. Jutaan profil calon karyawan bisa didapatkan secara online termasuk pekerjaannya saat ini, referensi dari perusahaan sebelumnya, riwayat pekerjaan, dan lain sebagainya. Salah satu contoh situs jaringan sosial bisnis yang populer dan dapat diakses oleh siapa saja ialah LinkedIn.

 

2.    Referensi

Melalui referensi baik dari sesama karyawan atau teman, perusahaan bisa dengan lebih yakin memastikan talenta seorang kandidat. Selain lebih meyakinkan, cara referensi juga bisa menghemat waktu dan biaya perekrutan dibanding harus melakukan secara konvensional.

 

3.    Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial tidak hanya tentang promosi produk atau wahana sosialisasi pribadi. Melalui media sosial, perusahaan justru bisa mengenalkan budaya organisasinya kepada calon kandidat. Dengan promosi di media sosial seperti membuat tulisan dan video, calon kandidat potensial tentu akan lebih tertarik karena merasa cocok dengan kebudayaan di perusahaan tersebut.

 

4.    Membuat Laman Karier

Cara lainnya yang  bisa menjadi pilihan adalah dengan membuat laman/website yang secara khusus mengajak calon kandidat bergabung di halaman karier (career site). Dengan cara ini, perusahaan bisa dengan mudah mengelompokkan calon kandidat dan informasi lowongan juga bisa dengan mudah diterima para calon kandidat secara langsung.

 

Setiap perusahaan memiliki standarnya sendiri, itu artinya talent pool yang mereka miliki juga berbeda-beda. Oleh karena itu, divisi HRD mengambil peranan penting agar talent pool bisa berperan secara optimal. LinovHR merupakan software HRIS yang mampu mengelola proses talent management, termasuk pengelolaan talent pool secara efektif.

Dapatkan akses  software rekrutmen  berbasis web LinovHR gratis dengan mengisi form di website kami.