Apa itu Talent Pool? Ketahui Manfaat dan Cara Membangunnya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Talent Pool Adalah
Isi Artikel

Perusahaan tentunya mengharapkan bakat dan kemampuan yang sesuai dari setiap karyawan atau calon karyawan.

Pimpinan perusahaan melakukan penilaian dan pendataan bakat karyawan yang sudah bekerja, sementara dalam proses rekrutmen, perusahaan menyiapkan database kandidat untuk mendapatkan talenta terbaik.

Hal ini bertujuan untuk mengisi posisi yang dibutuhkan dengan tepat dengan metode talent pool.

Pengertian Talent Pool

Talent pool merupakan kumpulan data karyawan atau calon karyawan yang memiliki bakat dan potensi untuk direkrut atau dipromosikan di dalam perusahaan. Talent pool juga dapat diartikan sebagai database kandidat potensial yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai cadangan jika sewaktu-waktu perusahaan membutuhkan karyawan baru.

Biasanya, perusahaan mendapatkan data untuk talent pool dari pelamar kerja yang sebelumnya tertarik untuk bergabung tetapi tidak direkrut karena tidak cocok dengan posisi yang tersedia pada saat itu.

Selain itu, perusahaan juga bisa mendapatkan kandidat melalui referensi dari karyawan, sosial media, event lowongan kerja, atau situs web perusahaan. Data juga dapat diperoleh dari evaluasi kinerja karyawan yang sudah ada di perusahaan, yang kemudian dapat dipromosikan jika layak.

Manfaat Memiliki Talent Pool bagi Perusahaan

"manfaat
Manfaat Talent Pool Bagi perusahaan

Database ini bertujuan untuk membantu menciptakan dan mempertahankan keunggulan organisasi melalui upaya proaktif mengidentifikasi dan menempatkan talent-talent yang ada (SDM berkualitas) pada posisi-posisi kunci di organisasi. Berikut manfaat talent pool bagi perusahan:

1. Biaya Rekruitment Lebih Efisien

Anda dapat menghemat biaya yang biasanya dikeluarkan untuk memasang iklan lowongan pekerjaan dan biaya proses rekrutmen. Anda hanya perlu menyaring kandidat-kandidat berkualitas dan mencari yang paling sesuai untuk mengisi posisi yang tersedia.

2. Mengurangi Waktu Rekruitmen

Manfaat lain dari talent pool adalah mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam proses rekrutmen yang biasanya memakan waktu lama dan melelahkan.

Anda hanya perlu mengkaji profil kandidat yang telah terdaftar dalam database talent pool. Dengan demikian, proses rekrutmen bisa langsung menuju tahap wawancara dan penawaran pekerjaan.

3. Screening Kandidat Terbaik

Perusahaan lebih mudah mengidentifikasi calon karyawan berbakat, bahkan jika belum ada kepastian tentang posisi yang dibutuhkan. Artinya kesempatan untuk merekrut dan bekerja sama dengan karyawan yang memiliki kompetensi tinggi menjadi lebih besar.

4. Memperbaiki Kualitas Rekruitmen

Anda memiliki kesempatan lebih banyak untuk mengevaluasi kandidat berpotensi sebelum membuka lowongan pekerjaan dan memastikan kesesuaiannya dengan posisi yang tersedia.

5. Meningkatkan Kualitas Pekerja

Perusahaan dapat meningkatkan kualitas pekerja dengan mempromosikan karyawan yang telah terbukti berkualitas dari dalam organisasi. Hal ini membantu menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif dan berkelanjutan, serta memotivasi karyawan untuk terus berkembang dan berprestasi.

6. Meningkatkan Fleksibilitas Perusahaan

Dengan talent pool, perusahaan dapat meningkatkan fleksibilitas organisasi dengan memiliki akses ke berbagai bakat dan keterampilan yang tersedia secara internal dan eksternal. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk dengan cepat menyesuaikan diri dengan perubahan pasar atau kebutuhan bisnis tanpa harus bergantung pada rekrutmen eksternal yang panjang.

Cara Membangun Talent Pool Perusahaan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa talent pool bisa digunakan untuk proses rekrutmen melalui database yang sudah ada.

Lantas, bagaimana caranya membangun database tersebut? Berikut adalah hal-hal yang bisa dilakukan.

1. Membangun Komunitas

Saat ini, tersedia banyak platform atau media sosial yang bisa digunakan untuk membangun komunitas atau grup khusus, seperti Facebook, LinkedIn, Telegram, WhatsApp, atau melalui daftar email. Namun, LinkedIn lebih diprioritaskan karena dapat menemukan talenta yang lebih profesional. Setelah membuat grup, sebarkan informasi ke seluruh jaringan sosial dan undang individu yang memiliki kemampuan yang baik untuk bergabung.

2. Menyimpan Profil Kandidat Potensial

Cara paling sederhana untuk memperluas database talent pool adalah dengan meningkatkan jumlah referensi kandidat. Mulailah dengan mencari calon karyawan melalui media sosial, LinkedIn, referensi dari karyawan, dan sumber lainnya. Setiap kali Anda menemukan kandidat yang dianggap sesuai dengan budaya dan nilai perusahaan, tambahkan mereka ke dalam talent pool. Sangat praktis, bukan?

3. Gunakan Tools

Di era digital seperti sekarang, tak sulit untuk mencari dan mendata kandidat-kandidat terbaik dan kompeten.

Jutaan profil calon karyawan bisa didapatkan secara online termasuk pekerjaannya saat ini, referensi dari perusahaan sebelumnya, riwayat pekerjaan, dan lain sebagainya.

Salah satu contoh situs jaringan sosial bisnis yang populer dan dapat diakses oleh siapa saja ialah LinkedIn.

4. Menggunakan Referensi Internal

Melalui referensi baik dari sesama karyawan atau teman, perusahaan bisa dengan lebih yakin memastikan talenta seorang kandidat.

Selain lebih meyakinkan, cara referensi juga bisa menghemat waktu dan biaya perekrutan dibanding harus melakukan secara konvensional.

5. Membuat Laman Karier

Cara lainnya yang  bisa menjadi pilihan adalah dengan membuat laman/website yang secara khusus mengajak calon kandidat bergabung di halaman karier (career site).

Dengan cara ini, perusahaan bisa dengan mudah mengelompokkan calon kandidat dan informasi lowongan juga bisa dengan mudah diterima para calon kandidat secara langsung.

Baca Juga: Manfaat Talent Management System untuk Perusahaan

Permudah Bangun Talent Pool dengan LinovHR

Recruitment

Recruitment

Setiap perusahaan memiliki standarnya sendiri, itu artinya talent pool yang mereka miliki juga berbeda-beda. Oleh karena itu, divisi HRD mengambil peranan penting agar talent pool bisa berperan secara optimal.

HRD bisa melakukan berbagai cara dalam mengumpulkan kandidat-kandidat terbaik. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan teknologi menggunakan Software Rekrutmen LinovHR.

Software Rekrutmen LinovHR dapat menunjang proses rekrutmen secara efektif dengan perencanaan yang baik. Perencanaan hingga pengumpulan database kandidat sangat memungkinkan untuk dilakukan dengan bantuan software ini.

Dengan adanya fitur Candidate di dalam Software Rekrutmen LinovHR, HRD dapat melihat kumpulan kandidat yang telah melamar pada website perusahaan. Fungsi inilah yang nantinya dapat dibuat sebagai bahan untuk membuat talent pool.

Pelajari lebih lanjut mengenai Software Rekrutmen LinovHR dengan mendaftar demo secara gratis!

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter