Strategi Talent Management

Talent Management: Pengertian, Tahapan dan Tips Menyusunnya

Talent Management saat ini menjadi penting untuk perusahaan, hal ini karena ketika perusahaan mulai tumbuh dan semakin maju, terkadang perusahaan lupa untuk memperhatikan bakat yang dimiliki para karyawan. Oleh karena itu, sistem manajemen talenta yang baik dan benar diperlukan untuk menggali potensi bakat setiap karyawan.

 

 

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak ulasannya dibawah ini, tentang talent management.

 

Apa itu Talent Management?

Menurut Pella dan Inayati (2011), talent management adalah susunan proses sumber daya manusia organisasi terpadu yang dibuat untuk mengembangkan, memberi motivasi, dan mempertahankan produktif mengenai karyawan yang terlibat.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa talent management adalah rencana strategis yang disusun untuk mengelola, mengidentifikasi, dan mengembangkan kemampuan karyawan dalam sebuah perusahaan atau organisasi.  Dengan adanya manajemen talenta yang baik, tentu perusahaan dapat memanfaatkan karyawan yang bertalenta  dengan maksimal demi mencapai tujuan perusahaan.

Ada 5 elemen penting dalam memanfaatkan talenta karyawan , seperti:

  1. Kualifikasi Pendidikan
  2. Keterampilan
  3. Pengalaman yang dimiliki
  4. Potensi, kemampuan
  5. Pelatihan tambahan yang pernah diikuti sebelumnya.

 

Semua elemen tersebut harus dikelola sebaik mungkin oleh perusahaan agar bisa dimanfaatkan untuk mendorong kemajuan perusahaan.

 

7 Tahapan Proses Talent Management

Terdapat berbagai tahapan yang perlu Dilakukan untuk mengembangkan proses talent management secara berkelanjutan untuk perusahaan.

Tahapan-tahapan ini meliputi :

 

1. Tentukan Keterampilan Apa yang Dibutuhkan

Langkah pertama untuk mengembangkan proses manajemen talenta adalah menentukan keterampilan seperti apa yang dibutuhkan perusahaan Anda. sebelum melangkah lebih jauh. Anda harus menentukan jenis perekrutan apa yang dibutuhkan dan apa saja syarat requirements yang harus karyawan penuhi.

 

2. Mendapatkan Karyawan yang Tepat untuk Posisi yang Dibutuhkan 

Untuk mendapatkan kandidat yang tepat untuk setiap posisi yang Dibutuhkan, maka HR perlu melakukan tahapan berikut ini:

  • Buat iklan bertarget dan unggah iklan tersebut di situs pekerjaan teratas sesuai dengan kebutuhan
  • Merencanakan sesi Interview HR dan User,

Maksud dari hal ini adalah untuk mengidentifikasi kandidat terbaik untuk pekerjaan tersebut. selain menggunakan pertanyaan biasa, pertimbangkan untuk menggunakan penilaian kepribadian, referensi, dan tes yang mengharuskan kandidat untuk tampil di situasi kehidupan nyata.

 

  • Segera Rekrut Pilihan Terbaik

Jika anda sudah menemukan kandidat yang tepat, maka penting untuk segera melakukan proses perekrutan tahap akhir. Hal ini bertujuan agar kandidat pilihan anda tidak direkrut oleh perusahaan lain atau kompetitor.

 

3. Onboarding 

Buat masa orientasi karyawan baru setelah mereka bergabung bersama perusahaan. Siapkan tugas apa yang Anda tetapkan untuk mereka, jadwalkan sesi pelatihan, dan minta karyawan lama untuk membantu karyawan baru merasa betah.

 

4. Mengatur Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Penting bagi HR untuk menyiapkan program pelatihan dan pengembangan karyawan, baik untuk karyawan baru maupun karyawan lama yang telah bergabung. Hal ini bertujuan agar skill dan kompetensi karyawan dapat terus beradaptasi dengan keadaan serta target dari perusahaan.

 

5. Lakukan Penilaian Kinerja

Memeriksa kinerja karyawan secara rutin memungkinkan Anda melihat apakah karyawan dapat mengerjakan tugas pekerjaan yang telah diberikan secara baik atau kurang maksimal.

Jika ditemukan kinerja karyawan kurang maksimal, penting bagi Manjemen HR untuk dapat mengindentifikasi permasalahan yang mengakibatkan tidak tercapai nya target pekerjaan. Tetapi ada saat nya HR untuk mengambil keputusan untuk mempertahankan karyawan yang berkinerja buruk atau tidak.  Hal ini agar tidak menggangu pencapaian target perusahaan.

 

6. Strategi untuk Mempertahankan Karyawan Dengan Talenta Terbaik

Melanjutkan proses selanjutnya, ketika ada karyawan yang mampu menyelesaikan setiap target pekerjaan dengan baik, Maka perusahaan dalam hal ini Manajemen HR harus dapat mempertahankan karyawan tersebut. Strategi yang bisa dilakukan seperti  promosi jabatan, pemberian tunjangan atau bonus.

Hal ini bertujuan agar karyawan dengan talenta terbaik merasa nyaman dan tidak pindah ke perusahaan lain apalagi kompetitor, karena hal tersebut tentu akan merugikan.

 

7. Perencanaan Suksesi 

Perencanaan suksesi penting dilakukan perusahaan. agar setiap posisi penting dalam perusahaan, tidak kosong jika ada karyawan yang pensiun. Tentu HR harus bisa merumuskan proses suksesi apa yang tepat untuk perusahaan. Karena setiap perusahaan pasti memiliki tantangan sendiri dalam perencanaan ini.

 

Pelajair lebih detail tentang Perencanaan Suksesi atau Succession Planning Disini.

 

Strategi Talent Management

Strategi talent management harus dibuat berdasarkan tujuan perusahaan dan harus jelas menentukan jenis talent apa yang Anda butuhkan. Berikut ini strategi talent management yang bisa dilakukan

 

1. Hanya Rekrut Karyawan Terbaik

Ada keuntungan jika Anda menggunakan strategi ini yaitu kinerja karyawan akan lebih bagus, hal ini karena karyawan terbaik pasti sudah memiliki pengalaman dan pemahaman yang baik terhadap pekerjaan nya. Sehingga dapat langsung berkontribusi terhadap tujuan perusahaan.

Kerugiannya adalah perusahaan mesti mengeluarkan budget rekrutmen yang lebih, karena karyawan dengan talenta terbaik pasti memiliki ekspetasi salary yang tinggi.

 

2. Rekrut Spesialis yang Menjanjikan dan Kembangkan Mereka

Sedangkan, jika Anda menggunakan strategi yang kedua maka Anda bisa merasakan keuntungan seperti mendapatkan talent lebih cepat, kemungkinan Anda menghemat biaya, karyawan memiliki potensi menjadi terampil dan profesional yang setia, serta Anda bisa merekrut dua atau lebih spesialis yang menjanjikan yang sebanding dengan satu orang karyawan terbaik.

 

3. Kombinasi Strategi 1 dan 2

Apabila strategi 1 dan 2 digabungkan maka Anda bisa memiliki talent terbaik dan spesialis yang berpotensi bagus, memungkinkan Anda untuk mengambil keuntungan dari kombinasi hal tersebut.

 

Tips Menyusun Strategi Talent Management

 

Ketahui Tujuan Strategi Talent Management

Setiap perusahaan pastinya mempunyai tujuannya masing-masing, baik terkait dengan kinerja yang lebih baik atau pendapatan yang lebih tinggi, yang paling penting adalah menetapkan tujuan dari strategi talent management yang akan dibuat.

 

Baca Juga: Kiat Meningkatkan Motivasi Kerja

 

Ukur Keberhasilan Strategi

Anda juga perlu mengetahui bagaimana mengukur keberhasilan untuk melihat apakah strategi berjalan, atau ada masalah dari strategi tersebut. Tentukan metric yang akan Anda gunakan dan seberapa sering Anda akan melakukan pengukuran.

 

Tetapkan Tanggung Jawab

Kebanyakan strategi talent management dikelola oleh Manajemen HR, tetapi orang lain di perusahaan Anda juga sebaiknya terlibat. Misalnya, eksekutif C-levels bertanggung jawab untuk kesuksesan rencana. Jadi penetuan tanggung jawab ini akan berpengaruh terhadap keberhasilan strategi tersebut.

 

Apresiasi Kinerja Karyawan

Kinerja yang baik dari karyawan sudah sepantasnya diberi penghargaan,  baik secara finansial atau dengan beberapa manfaat non-finansial. Penting untuk memastikan bahwa karyawan merasa dihargai. Jadi, komunikasikan dengan baik kebijakan ini kepada calon karyawan baru sebagai bagian dari proses talent management.

 

Talent Management yang terintegrasi akan mendorong karyawan untuk lebih komitmen terhadap perusahaan dan memastikan karyawan menyesuaikan pekerjaan dengan tujuan perusahaan.

Dengan pengembangan talent management yang benar dan sesuai, diharapkan karyawan mengalami peningkatan dalam segi kinerja, kemampuan, dan keterampilan. Apabila karyawan terdorong untuk menciptakan prestasi maka juga akan membantu perusahaan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 

Untuk mengembangkan talent management, HR memerlukan teknologi yang sesuai untuk mendukung hal tersebut.  Software HRIS dari LinovHR dapat menjadi pilihan yang tepat, melalui modul performance management proses rekrutmen, onboarding, penilaian hingga analisis kinerja akan dilakukan dengan cepat, tepat serta akurat.