performance software

Performance Software Solutions: Cara Tepat untuk Memaksimalkan Performa Karyawan

Memaksimalkan performa karyawan dapat dilakukan secara mudah dengan menggunakan Performance Software. Penggunaan software performance memiliki banyak manfaat sehingga banyak perusahaan besar di Indonesia sudah memanfaatkan perangkat lunak tersebut.

 

Lalu bagaimana cara kerja Performance Software Solutions bisa memaksimalkan performa karyawan?

 

Apa yang dimaksud Performance Software ?

Performance software adalah sistem yang berfungsi sebagai alat ukur penilaian kinerja sumber daya manusia yang dilakukan secara terukur dan otomatis. Sebelum adanya software ini, perusahaan mengukur performa karyawan secara manual dengan memberikan nilai secara subjektif.

Seiring berjalannya waktu, penilaian kinerja yang dilakukan secara manual dirasa tidak efektif karena terkadang penilaian dilakukan berdasarkan emosional seseorang. Sehingga, hasil penilaian tidak terukur dengan jelas dan tidak sesuai dengan kinerja karyawan sesungguhnya.

Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, pengukuran kinerja karyawan bisa dilakukan dengan memanfaatkan Software Performance Solution. Pemanfaatan software ini dapat melakukan penilaian karyawan secara terukur dengan memasukan komponen-komponen yang termasuk ke dalam proses penilaian. Sehingga nilai yang dihasilkan setiap karyawan bisa lebih objektif dan sesuai.

Di Indonesia, sudah banyak vendor software penilaian kerja yang menawarkan jasanya kepada perusahaan. Salah satu performance software terbaik dan sudah digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar adalah Performance Management Software dari LinovHR.

Segera ajukan demo Performance Software bersama LinovHR! LinovHR/Free-Demo/ 

 

Fitur yang Harus Ada dalam Software Performance

Agar proses penilaian bisa dilakukan dengan lancar, terdapat fitur-fitur penting yang harus ada dalam Software Performance. Apa saja?

 

1. Performance Review

Banyaknya jumlah karyawan dalam perusahaan membuat proses penilaian kinerja harus dilakukan secara maksimal. Maka dari itu, software performance harus memiliki fitur untuk mereview atau menilai seluruh karyawan perusahaan walau memiliki jumlah yang cukup banyak.

 

2. Goals & KPI

Saat melakukan penilaian, sangat penting bagi divisi HRD untuk memasukan beberapa komponen yang terkait dengan penilaian. Biasanya komponen yang akan dimasukkan adalah target kerja yang diselesaikan, penilaian dari manajer divisi, kehadiran, hingga penilaian yang dilakukan oleh HRD sendiri. Semua komponen tersebut bisa Anda lakukan melalui fitur Goals & KPI.

 

Baca Juga : Maksimalkan Manajemen Bakat Menggunakan Performance Management

 

3. Result

Pada fitur Result, admin dapat melihat hasil review dari setiap karyawan atau departemen kerja. Nantinya, terdapat score atau nilai yang ditampilkan mulai dari 1 hingga 5. Semakin besar nilai yang didapatkan berarti kinerja dari karyawan atau divisi memberikan hasil yang baik.

 

Baca Juga : Apa Saja Indikator yang Digunakan Saat Penilaian Kinerja Karyawan?

 

4. Balanced Score

Pada fitur Balanced Score akan berfungsi sebagai merevisi sistem pengukuran kinerja. Pentingnya fitur ini dalam software penilaian kinerja adalah berfungsi untuk perusahaan memantau sejauh mana pencapaian dan perkembangan yang telah dicapai serta melihat seluruh perkembangan yang terkait dengan kinerja perusahaan.

 

5. Feedback

Agar setiap karyawan bisa memberikan ulasan balik kepada rekan kerja, manajer, hingga untuk dirinya sendiri, sangat penting untuk memiliki fitur Feedback. Karena penilaian kinerja bisa didapatkan melalui pandangan dari karyawan lain.

 

6. Engagement 

Fitur Engagement dapat digunakan untuk mengadakan survey akan berfungsi sebagai menilai seberapa sering keterlibatan antara karyawan dengan perusahaan. Jika survey semakin sering dilakukan, maka divisi HR akan mendapatkan banyak informasi sehingga meningkatkan keterlibatan karyawan dengan perusahaan.

 

performance review

7. Calibration

Keseluruhan proses penilaian akan dilakukan oleh beberapa pihak khususnya pihak HRD. Namun HRD memiliki kewenangan lebih untuk memberikan tambahan atau pengurangan nilai jika dirasa hasilnya tidak sesuai dengan kinerja karyawan. Maka dari itu, fitur ini sangatlah penting untuk ada di aplikasi penilaian kinerja. 

Itu tadi adalah fitur-fitur penting yang harus ada dalam Software Performance. Semua fitur yang dijelaskan di atas bisa Anda dapatkan melalui Performance Software LinovHR. Hubungi tim kami untuk informasi selengkapnya! 

 

Cara Kerja Software Performance untuk Memantau Kinerja

Untuk memantau kinerja karyawan, Performance Software dari LinovHR merupakan pilihan yang tepat. Namun, tahukah Anda bagaimana cara kerja dari software ini?

 

Menetapkan Tujuan secara Jelas, Terukur, dan Dapat Ditindaklanjuti

Untuk melakukan penilaian kinerja, Anda perlu menentukan tujuan secara jelas sesuai dengan tujuan dan konteks perusahaan Anda. Tanpa adanya tujuan produktivitas yang spesifik dan terukur, efektifitas perencanaan penilaian kinerja karyawan Anda akan sulit dilakukan.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan komponen-komponen apa saja yang menjadi dasar untuk melakukan penilaian. Penentuan komponen ini akan berguna untuk melakukan penilaian secara terukur, jelas, dan lebih mudah untuk menentukan langkah selanjutnya. 

Tapi, Anda harus membuat tujuan yang relevan terlebih dahulu agar komponen yang akan ditentukan pada setiap karyawan bisa lebih terarah. Proses yang dijelaskan di atas itu terdapat pada aplikasi Performance LinovHR melalui fitur Goals & KPI.

 

Memasukan Data Produktivitas Karyawan

Perusahaan Anda harus menentukan data yang ingin dikumpulkan untuk memantau kinerja para karyawan. Performance software inilah yang akan berfungsi untuk memasukan data-data terkait dengan penilaian seperti data kehadiran, jumlah jam kerja, hingga target yang telah diselesaikan karyawan.

Selain data tersebut, data penilaian dari manajer dan rekan kerja lainnya akan dimasukan ke dalam penilaian. Semua data yang dimasukkan tersebut akan dihitung secara otomatis agar setiap karyawan bisa mendapatkan nilai sesuai dengan hasil kinerjanya. Cara kerja ini terdapat pada fitur Appraisal.

 

Meeting & Reports

Atasan pada setiap divisi memiliki peran yang besar untuk membantu dalam meningkatkan kinerja karyawan. Untuk meningkatkan hal tersebut, hal yang bisa dilakukan oleh para manajer adalah mengadakan rapat tatap muka secara rutin.

Rapat yang dilakukan secara teratur akan meningkatkan hubungan baik antara karyawan dengan manajer. Selain itu, karyawan akan merasa diakui dengan melibatkan kehadiran mereka pada setiap kondisi dan juga mendapatkan feedback.

 

Self Review

Untuk meningkatkan kinerja karyawan, tidak semua hal dilakukan oleh perusahaan. Melalui self review, karyawan bisa secara aktif untuk terlibat dalam pemantauan dirinya sendiri untuk mengukur kemajuan proyek dan produktivitas pribadi mereka sendiri.

Cara ini akan membantu memberdayakan karyawan untuk menetapkan dan melacak tujuan mereka sendiri, yang mengarah pada peningkatan keterlibatan karyawan dengan perusahaan dan tanggung jawab mereka.

 

Lacak Kinerja Karyawan

Selanjutnya software akan berfungsi untuk melacak kinerja karyawan serta melacak peningkatan proyek kerja. Tools ini memungkinkan pemimpin divisi bisa memantau progres kerja karyawan, mengidentifikasi jika terdapat hambatan, dan mengetahui deadline pengumpulan dari setiap tugas.

 

Performance Management LinovHR Solusi Tepat untuk Pantau Kinerja

Memaksimalkan performa karyawan akan memberikan dampak baik bagi perkembangan perusahaan. Salah satu cara untuk meningkatkan performa karyawan adalah dengan melakukan penilaian karyawan secara berkala.

Untuk kelancaran proses penilaian yang akan dilakukan oleh divisi HRD, perusahaan Anda bisa menggunakan aplikasi Performance Management dari LinovHR. Aplikasi penilaian kerja ini akan memaksimalkan efisiensi penilaian kinerja karyawan secara terukur.

Seluruh proses penilaian kinerja karyawan mulai dari penentuan target kerja, penilaian kinerja, hingga pembuatan laporan atau hasil review karyawan dapat dilakukan hanya melalui satu aplikasi secara cepat dan tepat.

 

Baca Juga : Tips Jitu Menerapkan Sistem Performance Feedback untuk Karyawan

 

Demikianlah penjelasan mengenai penggunaan dari Performance Software Solutions untuk memaksimalkan performa karyawan. Untuk mengukur performa karyawan, harus dilakukan penilaian kinerja secara terukur dan akurat. Agar terhindar dari kesalahan dalam proses penilaian karyawan, gunakan Performance Management LinovHR sekarang juga!