software gaji karyawan

Software Gaji Karyawan : Solusi Atasi Telat Transfer Gaji

Setiap bulannya perusahaan akan memberikan upah kepada karyawan. Itu adalah salah satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh perusahaan sebagai pemberi pekerjaan. Proses penggajian perusahaan bermacam-macam, ada yang masih menggunakan cara manual dan ada pula yang sudah beralih menggunakan software gaji karyawan. Akan tetapi, gaji yang dikirim kepada karyawan tersebut seringkali mengalami keterlambatan. Mengapa demikian? 

 

Hambatan Proses Penggajian Manual

Proses penggajian terlihat mudah bagi orang awam. Padahal tidaklah begitu. Ada berbagai macam komponen gaji yang berbeda pada setiap karyawan. Komponen tersebut adalah gaji pokok, lembur, tunjangan, dan potongan pajak. Status pernikahan dan posisi karyawan di perusahaan mempengaruhi penentuan komponen gaji. Karyawan yang memiliki anak dan sudah menikah tentunya memiliki tunjangan dan potongan pajak yang berbeda dengan karyawan yang belum menikah dan belum memiliki anak. 

Jumlah komponen gaji masing-masing karyawan yang sangat banyak terkadang membuat HRD keliru dalam mengklasifikasikannya dan memunculkan beberapa masalah teknis. Misalnya, karyawan A yang belum menikah dan belum mempunyai anak malah dikenai pajak penghasilan untuk karyawan yang sudah menikah dan mempunyai 1 anak. Akibatnya gaji yang akan diterima karyawan A tidak sesuai dengan jumlah yang seharusnya. Kejadian tersebut dapat menghambat proses penggajian. 

Di samping itu, gaji yang dihitung secara manual harus dikirimkan satu-satu kepada tiap karyawan. Bagaimana jika jumlah karyawan dalam perusahaan lebih dari 50 orang dan ada saja hambatan seperti kekeliruan input komponen gaji oleh staff HRD? Hasilnya proses pengiriman gaji pun akan sering mengalami keterlambatan. Perusahaan yang terlambat membayarkan gaji karyawan akan menerima sanksi berupa denda sesuai dengan PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

 

Baca Juga: Gajian Telat? Ini Sanksi yang Didapat oleh Perusahaan

 

Keterlambatan bayar gaji bukanlah hal sepele. Di tengah rangkaian tugas dan pekerjaan lain, HRD harus memproses gaji karyawan dengan akurat, tepat, dan cepat sehingga semua karyawan dapat menerima gaji tepat waktu. Tentunya hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi HRD. Gaji karyawan yang sampai pada tepat waktu menunjukkan bahwa perusahaan adalah organisasi yang kompeten dan bertanggung jawab atas kewajibannya. 

 

Bagaimana Cara Mengatasi Telat Bayar Gaji? 

Perusahaan menetapkan tanggal gajian yang berbeda-beda tergantung bagaimana kebijakan internal. Biasanya gaji akan dibayarkan di akhir bulan, tetapi ada juga perusahaan yang membayarkan gaji di awal bulan. Jika perusahaan Anda mengalami hambatan dalam perhitungan gaji, maka dapat dipastikan proses pembayaran gaji akan mengalami keterlambatan. Hambatan umum dalam perhitungan gaji adalah berbagai banyaknya jumlah karyawan yang memiliki komponen gaji berbeda. 

Dalam 1 komponen gaji bisa dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Contohnya pada potongan pajak, ada pajak PPh21 dan BPJS Ketenagakerjaan yang berbeda pula jumlahnya untuk setiap karyawan. Perhitungan gaji manual malah menjadi rumit, memakan waktu lama, beresiko terjadi salah hitung, dan akhirnya perusahaan malah terlambat membayar gaji. Tidak ada lagi alasan bagi perusahaan untuk mempertahankan cara manual untuk menghitung dan membayarkan gaji. 

 

Baca Juga: Seberapa Pentingkah Tunjangan dalam Perusahaan?

 

Menggunakan software gaji adalah solusi efektif untuk mengatasi keterlambatan dalam membayar gaji karyawan. Sistem yang ada dalam software mampu mengolah dan memproses berbagai komponen gaji karyawan yang berbeda-beda dalam waktu yang bersamaan. HRD tidak perlu lagi memasukkan dan mencocokkan masing-masing komponen dengan cara manual. Perhitungan yang cepat membuat gaji lebih cepat dibayarkan kepada karyawan. 

Perusahaan hanya perlu melakukan perhitungan gaji dengan beberapa tahap dengan software gaji. Tahapan pertama adalah menghitung jumlah reimburse atau biaya yang sementara ditalangi oleh karyawan dan harus diganti oleh perusahaan. Selanjutnya, sistem akan menghitung jumlah kehadiran karyawan dari payroll data source. Dan yang terakhir sistem memproses komponen serta menghitung komponen gaji. Setelah perhitungan selesai, gaji akan langsung dikirim ke nomor rekening karyawan saat itu juga melalui transfer. Semua nomor rekening karyawan tersimpan dalam fitur menu bank.  Jadi kemungkinan salah kirim juga semakin kecil. 

 

Percayakan Perhitungan Gaji kepada Software Gaji Karyawan dari LinovHR

Perkembangan perusahaan kian dinamis dan membutuhkan effort ekstra untuk mengelola karyawan dengan handal. Sudah waktunya bagi perusahaan untuk mempercayakan perhitungan gaji kepada software gaji karyawan dari LinovHR. Dengan otomatisasi sistem, HRD bisa menghitung gaji seluruh karyawan secara bersamaan serta membayar gaji mereka saat itu juga setelah perhitungan gaji selesai. Tidak ada lagi keterlambatan dalam pembayaran gaji bersama software gaji dari LinovHR. Kinerja HRD menjadi lebih efektif dan efisien. HRD tenang karena proses penggajian lancar, karyawan pun juga senang.

 

Baca Juga : Critical Thinking: Pengertian, Manfaat & Cara Membentuknya

 

Sistem perhitungan gaji dari software gaji LinovHR mampu membuat slip gaji otomatis lengkap dengan semua komponen gaji yang dimiliki oleh karyawan. Gaji karyawan menjadi lebih transparan karena karyawan dapat mengetahui bagaimana gaji mereka dihitung tanpa ada yang ditutupi sama sekali. Dengan begitu akan tercipta kepercayaan dan hubungan harmonis di lingkungan kerja. LinovHR adalah vendor terpercaya yang telah membantu banyak perusahaan melalui software gaji terbaik. Tidak ada lagi istilah terlambat bayar gaji karyawan dengan LinovHR! Hubungi LinovHR sekarang juga dan dapatkan uji coba gratis dari kami!