absensi pegawai

Sulit Memantau Kehadiran Pegawai? Gunakan Aplikasi Absensi Pegawai!

Biasanya, perusahaan menggunakan cara absen pegawai dengan mesin finger print yang terbilang sulit untuk digunakan memantau kehadiran pegawai. Adanya aplikasi absensi pegawai menjadi alternatif yang menarik dan efektif dalam memantau kehadiran pegawai.

Pasalnya, pengelolaan kehadiran karyawan menggunakan cara manual seperti mesin fingerprint sering terjadi kesalahan dalam proses identifikasi, bahkan membutuhkan perawatan rutin untuk mesin tersebut. Karena itu, perusahaan yang menyadari kekurangan dari mesin finger print lantas beralih pada aplikasi absensi pegawai yang lebih mudah dan praktis dalam penggunaannya.

 

Baca Juga: 5 Kelemahan Fingerprint yang Menghambat Absensi Karyawan

 

Apa Untungnya Menggunakan Aplikasi Absensi Pegawai?

Karena kesadaran berbagai perusahaan akan kekurangan mesin absensi pegawai menggunakan sidik jari, maka saat ini penggunaan absensi online menjadi pilihan banyak perusahaan. 

Tentu saja hal ini bermula karena absensi online memiliki banyak keuntungan yang dapat memudahkan perusahaan maupun para pegawai sehingga hal tersebut membuat daya tarik tersendiri. Penggunaan e-presensi ini biasanya terhubung dengan aplikasi yang dirancang khusus dalam pengelolaan absensi pegawai.

Kesederhanaan mengisi kehadiran pegawai hanya dengan menggunakan smartphone atau ponsel membuat pegawai melakukan absen tanpa antri, lebih praktis dan lebih cepat. Berikut keuntungan lain dalam menggunakan aplikasi absensi pegawai secara online yang telah dirangkum untuk Anda.

 

Rekapitulasi Menjadi Lebih mudah

Keuntungan pertama aplikasi absensi pegawai secara online adalah untuk memudahkan pencatatan hingga rekapitulasi daftar hadir pegawai, karena aplikasi absensi perusahaan perlu tidak lagi melakukan rekap daftar hadir pegawai secara manual yang akan membuang waktu dan tenaga.

Semua akan tercatat secara otomatis tanpa perlu memindahkan data secara manual, seperti daftar kehadiran, keterlambatan, dan ketidakhadiran. Tak hanya itu saja, perubahan data dapat dilakukan secara otomatis dan juga akurat karena sistem pada absensi online juga biasanya sudah terintegrasi antar dengan berbagai data lainnya.

 

Adanya Integrasi dengan Sistem Penggajian

Sistem penggajian yang dimiliki oleh perusahaan biasanya diintegrasi oleh absensi pegawai secara online. Sehingga semua data kehadiran yang tersimpan dalam sistem absensi dapat digunakan saat itu juga untuk keperluan penggajian karyawan.

Untuk pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimiliki oleh perusahaan, pengintegrasian data ini menjadi dasar yang cukup baik dan bermanfaat, yang tentu saja hal ini juga berdampak pada keputusan strategis yang bisa diambil secara tepat oleh perusahaan. 

 

Perampingan Tugas HRD

Tidak akan ada lagi tugas melakukan rekapitulasi daftar hadir jika suatu perusahaan sudah menggunakan absensi digital atau aplikasi absensi pegawai secara online, karena semua tugas dalam hal pengurusan absen sudah dilakukan oleh sistem secara online sehingga tidak lagi menambah tugas kerja HRD. Akibatnya, HRD tidak perlu lagi berkutat pada tugas administrasi yang memakan waktu lama.

 

Akurasi Data Absensi Pegawai Tinggi

Akurasi data yang cukup tinggi dalam melakukan rekapitulasi dimiliki oleh sistem aplikasi absensi online, yang tentu saja hal ini menyebabkan tingkat kesalahan akan cenderung lebih kecil dikarenakan sistem aplikasi absensi secara online atau digital telah menggunakan aplikasi dan program khusus dalam melakukannya. Faktor human error yang seringkali terjadi pun dapat berkurang karena penggunaan sistem absensi online menggunakan aplikasi.

 

Lebih Efektif dan Menghemat Biaya

Aplikasi absensi pegawai yang dilakukan secara online tidak memerlukan perangkat fisik untuk melakukan absen sehingga dapat dikatakan lebih efektif dan lebih menghemat biaya. Selain itu, cara ini akan menghemat pengeluaran perusahaan karena aplikasi absensi online juga tidak memerlukan pemasangan sistem maupun mesin absen. Anda hanya perlu mendaftar, mengunduh aplikasi, dan menggunakan ponsel Anda untuk mengakses sistem absensi jika menggunakan aplikasi absensi online.

 

mobile ess

 

Perhitungan Absensi Pegawai Lebih Akurat dan Dapat Dipantau

Kemampuan memantau data dapat dilakukan secara real time karena aplikasi absensi online terkoneksi dengan internet. Proses data kehadiran para pegawai, keterlambatan, serta ketidakhadiran karyawan dapat terpantau dengan mudah berkat keunggulan dalam aplikasi absensi online. Sistem ini juga dapat membuat perhitungan jam kerja yang akurat karena waktu yang dipakai pun sinkron otomatis dengan waktu yang berlaku di semua perangkat.

Karena itu, pilihan yang tepat bagi perusahaan bila mengubah sistem absensi dari absensi konvensional menjadi absensi digital menggunakan aplikasi. Dengan demikian, banyak manfaat serta kemudahan-kemudahan dalam melakukan pekerjaan yang diterima oleh perusahaan maupun pegawai. Pada kenyataannya, pengurusan presensi menjadi hal yang sulit jika tidak dilakukan dengan tepat walau pengurusan absensi biasanya memang terdengar sepele.

 

Baca Juga: 7 Kelebihan Absen Selfie dibandingkan Absen Konvensional

 

Itulah beberapa pembahasan mengenai keuntungan penggunaan aplikasi absensi yang didapatkan tersebut. Tentu saja keuntungan tersebut tidak akan Anda dapatkan jika masih menggunakan absensi konvensional atau absensi manual. 

 

LinovHR adalah vendor penyedia aplikasi absensi pegawai yang berpengalaman dalam membantu mengelola kehadiran karyawan. Keunggulan utama dari LinovHR adalah jaminan keamanan dan kerahasiaan informasi yang digunakan untuk mengelola karyawan. Untuk informasi selengkapnya, segera hubungi tim layanan LinovHR dan ajukan demo bersama tim kami!