absen selfie

7 Kelebihan Absen Selfie Dibandingkan Absen Konvensional

Kehadiran adalah faktor terpenting yang dalam pengelolaan karyawan. Sebab, data kehadiran karyawan digunakan untuk proses penggajian dan penilaian kinerja karyawan. Data kehadiran karyawan didapatkan dari rekapitulasi melalui aplikasi absensi. Namun, sudahkah Anda tahu bahwa ada sebuah aplikasi absen yang memudahkan pencatatan kehadiran dengan mudah dan modern? Absen selfie adalah jawabannya! 

 

Apa itu Absen Selfie?

Umumnya, karyawan mencatatkan kehadiran mereka melalui absen fingerprint atau mencatatnya di tabel yang disediakan. Cara tersebut tidaklah efisien dan memakan waktu lama dalam proses rekapitulasi. Belum lagi absensi fingerprint juga menjadi salah satu media penularan COVID-19 di sektor perkantoran. Sementara absen tertulis pun tidak mudah untuk disimpan. Absen selfie bisa menyiasati semua kekurangan yang ada pada kedua sistem absensi konvensional tersebut.

Absen selfie adalah sebuah sistem absensi yang dapat merekam kehadiran karyawan melalui foto karyawan atau selfie. Setelah karyawan melakukan selfie, data kehadiran karyawan akan masuk kedalam sistem dan tersimpan secara otomatis. Penyimpanan data kehadiran otomatis ini dapat mempermudah rekapitulasi yang akan memudahkan proses lain yang melibatkan data kehadiran seperti proses penggajian dan penilaian kinerja. 

 

Baca Juga: 7 Aspek Penting dalam Pengukuran Kinerja Karyawan

 

Kelebihan Absen Selfie

Era teknologi saat ini memberikan inovasi dalam hal pengelolaan kehadiran karyawan. Oleh karenanya banyak perusahaan yang sudah beralih ke sistem absen selfie yang dinilai lebih efektif dan praktis. Absen selfie mempunyai beberapa kelebihan yang tidak dimiliki sistem absen konvensional. Apa saja kelebihan tersebut? 

 

Tidak Dapat Dimanipulasi

Hal pertama yang menjadi pembeda absen selfie dibandingkan absensi konvensional adalah tidak dapat dimanipulasi. Untuk mencatatkan kehadiran, karyawan harus memfoto dirinya sendiri saat itu juga. Selanjutnya sistem akan mempelajari apakah wajah tersebut dan akan diverifikasi oleh HRD. Kemudian, HRD berhak untuk menetapkan apakah foto yang karyawan unggah sudah sesuai atau tidak. Selfie karyawan dapat menandakan kehadiran masuk jam kerja. 

 

Fleksibel

Pencatatan kehadiran melalui selfie dapat dilakukan di bagian manapun kantor. Bahkan, aplikasi ini juga dapat digunakan di luar kantor. Tentu hal ini akan mempermudah karyawan yang melakukan work from home dan perjalanan dinas untuk mencatatkan kehadiran. Dengan begitu, semua karyawan dapat mencatatkan kehadiran tepat waktu tanpa terkecuali. 

 

Realtime

Setelah berfoto untuk mencatatkan kehadiran, data kehadiran akan masuk secara realtime dan terlihat saat itu juga oleh HRD. Sehingga HRD dapat memastikan bahwa seluruh karyawan masuk kerja tepat waktu. HRD pun dapat memantau data kehadiran tersebut saat berada di luar kantor. Itu artinya, HRD bisa dengan mudah membedakan mana karyawan yang selalu datang tepat waktu dan mana yang sering terlambat. 

 

Akurat

Keakuratan data kehadiran akan mempengaruhi keakuratan proses penggajian dan penilaian kinerja. Absen konvensional tidak dapat dijamin keakuratannya. Sebab, datanya mudah dimanipulasi dan tidak tercatat secara realtime. Otomatisasi sistem membuat semua data kehadiran yang masuk pasti dijamin akurat. Data kehadiran disimpan aman dan rahasia dalam cloud server

 

Efisien dan Praktis

HR secara rutin akan melakukan rekapitulasi untuk bahan pertimbangan atau sekadar laporan kehadiran karyawan. Dengan absen konvensional, HRD harus mencatat ulang semua kehadiran karena data tidak tersimpan secara digital. Namun, data kehadiran yang masuk melalui sistem absen selfie dapat direkapitulasi dengan otomatis. Jadi, rekapitulasi dan kinerja HRD menjadi efisien dan praktis. 

 

Baca Juga: Otomatisasi Payroll Report dengan Payroll Application LinovHR

 

Hemat Biaya

Perusahaan sudah tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan maintenance atau pengadaan mesin. Karena absen selfie tidak memerlukan perangkat keras tertentu dan dapat dilakukan melalui ponsel pintar milik masing-masing karyawan. Data kehadiran yang masuk pun dapat diakses melalui berbagai perangkat selama masih terhubung dengan internet. Jauh lebih hemat, bukan? 

 

Meningkatkan Rasa Bangga Karyawan

Ketika perusahaan mengimplementasikan absen selfie, karyawan juga akan dimudahkan dalam mencatatkan kehadiran. Karyawan biasanya akan merasa bangga jika perusahaan tempatnya bekerja menggunakan teknologi canggih untuk mengelola karyawan. Rasa bangga inilah yang memicu karyawan untuk bekerja lebih giat dan produktif. Tak hanya itu, penerapan teknologi yang mutakhir dapat menjadi pertanda bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang kredibel dan mampu mengelola karyawan dengan optimal. 

 

Hubungan karyawan dan perusahaan pun dapat terjaga dengan menyenangkan apabila pengelolaan karyawan berjalan efektif. TIdak perlu berkutat lagi dengan pencatatan kehadiran konvensional yang monoton dan memakan waktu lama, absen selfie dari LinovHR mempermudah pencatatan kehadiran dengan cara modern dan menyenangkan. Penasaran bagaimana cara absen selfie ini dapat mengubah perusahaan Anda dalam pengelolaan karyawan? Hubungi LinovHR sekarang juga!