aplikasi absensi selfie

Praktis Catat Kehadiran Menggunakan Aplikasi Absensi Selfie atau Face Recognition

Aplikasi absensi saat ini semakin berkembang. Ada banyak jenis aplikasi absensi, salah satunya aplikasi absensi selfie atau face recognition. Mungkin beberapa dari kita belum familiar dengan aplikasi absensi yang satu ini, atau malah perusahaan tempat Anda bekerja sudah menggunakannya?

Media absen online yang paling mudah digunakan adalah mobile smartphone, praktis dan mudah dibawa kemana saja. Oleh karena itu, aplikasi absensi yang dapat digunakan dalam media ini cenderung lebih disukai dan user friendly. 

Berikut ulasan berikut tentang aplikasi absensi selfie atau face recognition!

 

Cara Kerja Sistem Absensi Menggunakan Face Recognition

Menggunakan sistem absensi dengan face recognition memang bukan merupakan hal yang umum sehingga ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Bagaimana cara kerja sistem absensi dengan face recognition ini?

Aplikasi absensi selfie atau face recognition akan memindai dan mengidentifikasi kehadiran karyawan dengan menggunakan fitur wajah. Sistem absensi dengan face recognition akan memindai fitur wajah karyawan, kemudian dilakukan pemrosesan kecocokan data fitur wajah dengan data yang sudah dimiliki sistem. 

Beberapa orang masih menilai bahwa aplikasi absensi dengan face recognition ini sulit dilakukan karena kadang ada ketidakcocokan sistem. Namun, aplikasi ini bisa menjadi solusi dibandingkan mengandalkan absensi fingerprint yang kurang fleksibel. 

 

Baca Juga: Waspada! Ini Cara Karyawan Akali Absen Fingerprint! 

 

Keunggulan Aplikasi Absen Selfie Dibandingkan Fingerprint

Banyak yang belum mengetahui keunggulan menggunakan aplikasi absen selfie dibandingkan metode absensi yang lain. Berikut kami rangkum beberapa keunggulan yang dapat diberikan aplikasi absen selfie dibandingkan absen menggunakan fingerprint. 

 

Lebih Fleksibel 

Melalui aplikasi absensi selfie atau face recognition ini, karyawan akan lebih fleksibel melakukan absensi. Hal ini bisa dilakukan dimanapun karena berbasis mobile dan dapat diakses dari smartphone. Hal ini tentu sangat memudahkan. 

 

Hasil Data Real Time 

Data kehadiran dari aplikasi absensi ini dapat langsung masuk sistem dan terlihat saat itu juga oleh admin HR. Tentu absensi ini akan membuat pendataan atau rekap absen lebih mudah. 

 

Tidak Mudah Dimanipulasi 

Absensi dengan menggunakan fitur wajah tentu tidak akan bisa dimanipulasi. Sistem hanya akan mengenali wajah karyawan yang memang ada di data perekaman wajah sebelumnya. Data menjadi lebih akurat dan HRD mudah melakukan pemantauan kehadiran. 

 

Hemat Biaya

Masih banyak yang menganggap absensi dengan selfie atau face recognition membutuhkan biaya besar. Padahal perusahaan justru hemat biaya karena minim mengeluarkan biaya perawatan atau maintenance untuk pengadaan mesin. Tidak perlu menggunakan perangkat tertentu, bisa dilakukan melalui smartphone milik karyawan masing-masing selama masih terhubung dengan internet. 

 

Efisien dan Praktis

Dibandingkan dengan absensi menggunakan fingerprint, tentu menggunakan aplikasi absensi selfie ini lebih efisien dan praktis. Tidak perlu kemana-mana dan dapat dilakukan dimanapun. Anda tidak membutuhkan banyak waktu untuk mencatat kehadiran Anda.

 

Tepat untuk Digunakan Saat Masa Pandemi

Absensi menggunakan fingerprint di masa pandemi seperti saat ini dapat berpotensi menularkan kepada orang lain. Penggunaan aplikasi absensi selfie atau face recognition ini dapat menjadi pilihan. 

 

Memilih Aplikasi Absensi Face Recognition LinovHR

 

mobile ess

 

Untuk mendapatkan keuntungan di atas dengan beralih ke metode pencatatan kehadiran menggunakan sistem absensi menggunakan face recognition, aplikasi dari LinovHR bisa menjadi solusinya.

LinovHR menyediakan Aplikasi Absensi face recognition yang dapat memudahkan karyawan untuk mencatatkan kehadiran. Data kehadiran yang telah masuk melalui sistem absensi ini terjamin aman dengan tingkat kerahasiaan tinggi.

Selain itu, melalui Mobile ESS terdapat beberapa fitur lain yang membantu memudahkan pengelolaan atau  pencatatan data karyawan. Ada fitur request untuk mengajukan izin, lembur hingga berbagai macam reimburse. Hal tersebut dapat Anda lakukan hanya melalui smartphone saja, sangat mudah dan praktis! 

Mobile ESS dilengkapi Fitur Maps Location yang dapat memudahkan karyawan melakukan absensi kapanpun dan dimanapun sesuai lokasi yang telah ditentukan. Jadi sangat berguna bagi karyawan yang sering melakukan perjalanan dinas ke berbagai tempat. 

 

Untuk info lengkap mengenai aplikasi absensi selfie dari LinovHR, ketuk tautan berikut ini