Pantau Kinerja Sales dengan Aplikasi Sales Lapangan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

aplikasi sales lapangan
Isi Artikel

Sales biasanya tidak bekerja di kantor. Sehari-sehari, tim yang bertugas dalam melakukan penjualan ini bekerja dengan mengunjungi pelanggan demi pelanggan.

Karena ia bekerja jauh dari kantor, mengelola tim sales menjadi sedikit rumit. Itulah mengapa, aplikasi sales lapangan menjadi salah satu perangkat teknologi yang penting.

Kehadiran aplikasi ini sangat memudahkan manajemen dalam memantau kinerja tim sales, baik dari segi kinerja kehadiran waktu ataupun ketercapaian target. Untuk memahami bagaimana aplikasi ini bermanfaat, simak ulasannya di artikel LinovHR ini.

 

Apa Itu Aplikasi Sales Lapangan?

Aplikasi sales lapangan adalah teknologi perangkat lunak yang memudahkan manajemen perusahaan dalam melacak dan mengelola aktivitas penjualan yang dilakukan oleh sales lapangan.

Biasanya, aplikasi sales digunakan oleh perusahaan FMCG, manufaktur, dan farmasi yang memiliki banyak sales. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan aplikasi ini digunakan oleh perusahaan lainnya.

Pelacakan karyawan dapat dilakukan karena aplikasi sales memiliki fitur GPS yang bisa mendeteksi lokasi sales. Dengan demikian, sales lapangan yang pada umumnya tidak bekerja di kantor dapat diketahui lokasi dan aktivitasnya. Hal ini sangat penting mengingat sales lapangan memiliki mobilitas yang tinggi.

Dengan adanya aplikasi ini, perusahaan juga dapat meningkatkan kinerja sales. Sebab, sales tak perlu melakukan absensi atau melaporkan penjualannya dengan mendatangi kantor. Sales pun bisa lebih fokus dalam melakukan penjualan.

Selain itu, perusahaan pun bisa melakukan penilaian kinerja sales dengan mudah dengan aplikasi ini. Ini karena biasanya aplikasi sales lapangan juga memiliki fitur penilaian kinerja karyawan.

 

Baca Juga: Kenapa Perusahaan Membutuhkan Aplikasi Sales Tracking?

Manfaat Aplikasi untuk Sales Lapangan

manfaat aplikasi sales lapangan
Sumber: Pexels by Andrea Piacquadio

 

Aplikasi sales lapangan memiliki banyak manfaat yang bagi perusahaan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

 

1. Memudahkan Pelacakan Sales Lapangan

Seperti namanya, sales lapangan bekerja di ‘lapangan’ alias di luar kantor. Karyawan ini bekerja mengunjungi berbagai pelanggan, sehingga selalu berpindah setiap saat.

Meski bekerja dari luar kantor, bukan berarti kehadiran tim sales lapangan tidak perlu diperhatikan. Justru, lokasi sales harus senantiasa diketahui untuk menjaga kedisiplinan.

Aplikasi sales memudahkan manajemen dalam melakukan pelacakan sales lapangan. Umumnya aplikasi ini dilengkapi dengan fitur GPS sehingga lokasi karyawan sales dapat diketahui.

 

2. Memudahkan Penyediaan Informasi

Aplikasi sales akan mempermudah karyawan dalam menerima informasi tentang tugas, pelanggan, atau penjualan. Melalui aplikasi ini, sales bisa menerima informasi dari mana saja dan kapan saja.

Dengan demikian, manajer sales bisa selalu terhubung dengan timnya. Apabila terjadi suatu hal yang membutuhkan penanganan, hal tersebut dapat dilakukan dengan cepat.

 

3. Memangkas Biaya Operasional

Adanya aplikasi sales akan menyederhanakan alur penjualan. Hal ini membuat proses penjualan lebih cepat dan akurat.

Semakin cepat penjualan selesai, maka perusahaan akan semakin cepat mendapatkan uang. Biaya yang dikeluarkan pun semakin sedikit.

Selain itu, aplikasi juga membuat risiko human error terminimalisir. Tanpa kesalahan, perusahaan tidak perlu bekerja dua kali dan mengeluarkan banyak biaya.

 

4. Memudahkan Penilaian Kinerja Sales

Tim sales bekerja berdasarkan target. Semakin banyak target penjualan yang tercapai, maka semakin baik kinerja mereka.

Aplikasi sales hadir untuk membantu melacak KPI sales. Dengan demikian, sales dan manajemen dapat mengetahui target yang harus dicapai dan sudah sejauh mana pencapaian tersebut dilakukan.

 

Fitur Penting yang Ada Pada Aplikasi Sales Lapangan

manfaat aplikasi sales lapangan
Sumber: Pexels by Porapak Apichodilok

 

Supaya bisa digunakan dengan optimal, aplikasi sales lapangan harus memiliki fitur-fitur penting berikut ini:

 

1. Absensi Jarak Jauh

Fitur yang pertama adalah absensi jarak jauh. Fitur ini sangat penting agar tim sales dapat tetap mencatatkan kehadirannya meskipun tidak hadir di kantor.

Apalagi mengingat sales lapangan sering bekerja di luar kantor, mengunjungi klien demi klien.

 

2. Jadwal Tim Sales

Pada umumnya, sales bekerja dalam tim. Setiap tim ini memiliki jadwal kerja tersendiri. Agar pekerjaan sales berjalan dengan lancar, informasi mengenai jadwal dan lokasi kerja tim sales bisa disampaikan melalui aplikasi.

 

3. Manajemen Klien atau Pelanggan

Manajemen klien atau pelanggan memuat informasi dan progress penjualan dengan pelanggan atau klien.

Tujuan adanya fitur ini adalah untuk memastikan bahwa interaksi antara sales dengan pelanggan tercatat dengan rapi.

Pada fitur ini, sales juga bisa menambahkan pesanan untuk pelanggan. Dengan demikian, tidak ada kesalahan pesanan yang bisa merugikan pelanggan ke depannya.

 

4. Pelacakan Lokasi Sales dengan GPS

Sales bekerja dari satu lokasi pelanggan ke lokasi pelanggan lainnya. Hal ini membuat lokasi sales menjadi sangat fleksibel.

Sering kali, HR ingin mengetahui lokasi keberadaan sales. Oleh karena itu, aplikasi sales harus bisa melacak lokasi tim penjualan dengan GPS.

 

5. Informasi dan Pelacakan Target Sales

Setiap sales memiliki target penjualan yang harus dipenuhi. Pada umumnya target ini berupa jumlah calls, target omzet, maupun jumlah closing.

Mengingat pentingnya target penjualan, maka aplikasi sales harus memuat informasi tentang target tersebut. Aplikasi perlu mencantumkan target yang harus dicapai dan sejauh mana sales berhasil mencapai target yang ada.

 

6. Laporan Penjualan dan Pelanggan

Akan lebih baik apabila aplikasi sales lapangan memiliki fitur laporan hasil penjualan dan laporan pelanggan.

Laporan ini dibuat secara otomatis berdasarkan data yang telah dimasukkan dalam beberapa waktu terakhir. Laporan akan sangat berfungsi untuk menentukan strategi penjualan perusahaan selanjutnya.

 

7. Reimbursement

Sales terkadang mengeluarkan uang pribadi untuk kebutuhan transportasi atau kebutuhan klien. Biaya yang telah dikeluarkan ini tentunya harus diganti oleh perusahaan.

Untuk memudahkan sales dalam menerima uang gantinya, sales bisa menggunakan aplikasi yang memiliki fitur reimbursement. Fitur ini memungkinkan sales untuk mengajukan reimbursement kepada perusahaan yang akan disetujui dan diproses.

 

Aplikasi Absensi Online LinovHR Mudahkan Pelacakan Kinerja Sales Lapangan

mobile ess

 

Sulit mengelola pekerja lapangan sudah menjadi masalah lama yang dihadapi oleh perusahaan. Sudah sejak lama perusahaan sulit mengetahui titik para sales bekerja, apa yang mereka lakukan dan selesaikan.

Begitu juga dengan tim sales, selama ini mereka selalu memerlukan usaha lebih untuk melakukan absensi dan melaporkan pekerjaannya.

Aplikasi sales lapangan menjadi solusi terbaik untuk perusahaan dalam melakukan pengelolaan karyawan sales-nya. Begitu juga untuk karyawan, kehadiran aplikasi ini membuat mereka lebih fleksibel dalam melakukan absen dan melakukan pelaporan.

 

Salah satu pilihan aplikasi sales lapangan adalah aplikasi absen online LinovHR. Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam melacak kinerja kehadiran sales lapangan.

Aplikasi absensi LinovHR memiliki fitur clock in dan clock out yang digunakan untuk memasukkan kehadiran tim sales. Lewat fitur ini, karyawan sales bisa memasukkan kehadirannya dari mana saja, tanpa terikat lokasi.

Anda tidak perlu khawatir jika sales memasukkan lokasi palsu, karena aplikasi absensi ini bisa mendeteksi lokasi. Selain itu, aplikasi absensi LinovHR juga bisa mendeteksi smartphone yang menggunakan fake GPS. Dengan demikian, sales tidak dapat memalsukan lokasi pelanggan yang menjadi lokasi kerjanya.

 

Mulai saat ini, yuk mudahkan pelacakan kinerja kehadiran karyawan sales bersama Aplikasi Absensi LinovHR. Hubungi kami sekarang!

Tentang Penulis

Picture of Sasa Karyono
Sasa Karyono

SEO specialist yang mengombinasikan antara pengoptimasian situs web dan membagikan wawasan HRD melalui artikel lengkap dan menarik. Follow her on Linkedin.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Sasa Karyono
Sasa Karyono

SEO specialist yang mengombinasikan antara pengoptimasian situs web dan membagikan wawasan HRD melalui artikel lengkap dan menarik. Follow her on Linkedin.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter