Pertanyaan Interview

Awas! 7 Pertanyaan Interview Ini Sebenarnya Menjebak Anda

Pertanyaan interview apa ya, yang ditanyakan HRD nanti?” Pertanyaan ini seringkali muncul dibenak para “fresh graduate” saat pertama kali ingin bekerja atau bahkan para karyawan berpengalaman yang ingin mencari kerja ditempat lain.

 

Baca Juga: Bagaimana Menjawab Pertanyaan ‘Unik’ Saat Interview?

 

Interview atau wawancara adalah saat menentukan antara Anda dengan karir impian. Jika Anda telah beberapa kali mengikuti wawancara tanpa hasil memuaskan, mungkin Anda perlu mempelajari arti di balik beberapa pertanyaan yang sering diajukan interviewer agar bisa menjawab dengan lebih tepat.

 

Bisa Cerita Sedikit Mengenai Diri Anda?

Pertanyaan ini bukan waktunya untuk menceritakan tentang semua hal menarik dalam hidup Anda. Interviewer sebenarnya ingin melihat kepribadian dan wawasan Anda, jadi usahakan menjawab secukupnya dengan gaya alami Anda namun tetap menunjukkan profesionalisme dunia kerja. Yang ingin Anda ceritakan adalah bagian dari diri Anda yang berhubungan dengan pekerjaan atau posisi tersebut sehingga pewawancara bisa melihatnya.

 

Apa Kekuranganmu?

Pertanyaan bertipe sama ini mirip dengan pertanyaan pertama. Perusahaan ingin melihat kecocokan Anda dengan posisi yang ditawarkan. Saat menjawab tentang kekurangan Anda, ceritakan sesuatu hal yang tidak terlalu berdampak dengan posisi tersebut. Misalnya pekerjaan yang ditawarkan adalah akunting, Anda boleh bercerita kalau tidak berbahasa Inggris dengan fasih, karena itu tidak terlalu penting untuk pekerjaan tersebut.

 

Apakah Yang Anda Lakukan Saat Diri Anda Merasa Tidak Betah Di Sana?

Kelihatannya Anda sedang ditanya mengenai pengalaman di tempat kerja sebelumnya, tetapi pewawancara ingin tahu berapa lama Anda akan tahan bekerja di perusahaan baru ini. Sampaikan saja jika Anda menganalisa situasi terlebih dahulu sebelum membuat keputusan. Anda melihat apakah bisa tetap berkontribusi dan bekerja sama dengan tim, berdiskusi dengan atasan, atau memutuskan untuk berhenti setelah menyelesaikan tugas-tugas yang tersisa dan perusahaan mendapatkan pengganti. Ini menunjukkan profesionalisme dan integritas dalam bekerja.

 

Apa Yang Membuat Anda Mau Bekerja Di Perusahaan Kami?

Untuk menjawab pertanyaan ini sebaiknya Anda sudah melakukan pekerjaan rumah dengan baik, yaitu mencari tahu sebanyaknya tentang perusahaan yang memberikan interview. Carilah sesuatu yang Anda sukai dari perusahaan tersebut dan alasannya. Hubungkan juga dengan kemampuan Anda sehingga terdengar lebih meyakinkan. Pewawancara akan terkesan melihat pengetahuan dan antusiasme Anda terhadap perusahaan bahkan sebelum bekerja di sana.

 

Apa Yang Anda Harapkan Dalam 5 Tahun Ke Depan?


Pertanyaan interview ini tidak berhubungan dengan masa depan Anda secara pribadi, namun perusahaan ingin mengetahui bagaimana Anda akan bertumbuh dan memberikan dampak dalam pekerjaan. Anda perlu mencari tahu tentang keadaan perusahaan dan posisi yang ditawarkan, termasuk peluang perbaikan yang bias Anda berikan. Misalnya untuk posisi akunting, Anda bisa berkata, “Saya harap bisa membantu merapikan sistem perpajakan dan penggajian dengan lebih cepat, tepat, dan akurat. Untuk posisi sales dan marketing: “Saya berharap untuk menempatkan produk unggulan perusahaan menjadi yang pertama diingat konsumen dan meningkatkan market share menjadi tiga besar.” Anda bisa juga menawarkan langkah-langkah sederhana yang akan dilakukan sebagai gambaran pelaksanaannya sehingga perusahaan melihat kesiapan dan keseriusan Anda dalam bekerja.

 

Antara Rentang 1-10, Berapa Kesiapan Anda?

Seperti nilai pelajaran di sekolah, usahakan Anda memberikan nilai yang cukup tinggi. 7 atau 8 adalah jawaban yang minimum. Kurang dari itu, Anda membuang waktu interview karena akan dianggap tidak serius melamar posisi tersebut. Usahakan intonasi atau nada jawaban Anda tegas, mengesankan kepercayaan diri yang baik untuk menunjukkan kinerja yang baik.

Apakah Ada Pertanyaan?

Jika Anda seorang pekerja yang baik, Anda pasti punya pertanyaan untuk perusahaan atau pewawancara. Tanyakan tentang calon rekan kerja, atasan, dan apapun yang akan membantu Anda melakukan tugas dengan lebih baik. Pikirkan pertanyaan Anda dengan baik sebelum interview, karena jika Anda mengatakan cukup atau tidak ada pertanyaan, pewawancara bisa mengasumsikan Anda tidak terlalu tertarik dengan posisi tersebut.

 

Well, jika Anda serius ingin mendapatkan pekerjaan impian, Anda harus serius juga memikirkan jawaban-jawaban interview Anda. Selain mementingkan kualitas pertanyaan interview, HRD juga tak bisa melupakan sistem HR yang baik, mulai dari proses seleksi pelamar, interview, rekrutmen, penggajian, talent management dan lain sebagainya. Untuk itu, dibutuhkan sistem HR dan Payroll yang baik untuk menunjang Tim HRD yang baik.