tahapan rekrutmen karyawan

7 Tahapan Rekrutmen Karyawan Bersama LinovHR, HRD Wajib Tahu!

Salah satu cara untuk mendapatkan karyawan berkualitas adalah dengan proses rekrutmen. Karyawan ideal sendiri sangat sulit untuk didapatkan. Kadang kala karyawan yang cocok dengan perusahaan belum tentu memiliki kemampuan yang dibutuhkan, begitu pula sebaliknya. Itu sebabnya HRD selalu memaksimalkan segala tahapan rekrutmen karyawan. 

Perkembangan teknologi membuat HRD dapat memaksimalkan tahapan rekrutmen karyawan dengan menggunakan Software HRD dari LinovHR. Dengan LinovHR, rekrutmen karyawan dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Seperti apa lengkapnya? 

 

Pentingnya Tahapan Rekrutmen Karyawan 

Rekrutmen yang sukses adalah cerminan langsung dari validitas dan profesionalisme perusahaan. Mempekerjakan orang yang tepat untuk bisnis adalah bagian terpenting. Sebab, produk dan output perusahaan ditentukan dari kualitas karyawan.  Produk yang berkualitas dan baik dapat meningkatkan pendapatan dan citra sebuah perusahaan.  Itu sebabnya kenapa HRD selalu berupaya untuk mendapatkan talenta berkualitas agar mampu memaksimalkan operasional perusahaan. 

Talenta unggulan didapatkan dari proses rekrutmen yang sukses. Sangat penting untuk memastikan semua tahapan dalam perekrutan berjalan lancar. Proses perekrutan karyawan harus hemat biaya dan waktu serta tepat sasaran. Tak hanya itu, persaingan untuk mendapatkan kandidat juga sangat ketat. Banyak perusahaan kompetitor yang berusaha menarik kandidat dengan berbagai penawaran menarik. HRD harus menyusun strategi agar kandidat mau bergabung dengan perusahaan. 

 

Tahapan Rekrutmen Karyawan

Untuk mendapatkan karyawan unggulan tidaklah mudah. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan HRD untuk melakukan rekrutmen. Software HRD dari LinovHR dapat membantu HRD menjalankan rekrutmen. Apa saja tahapan rekrutmen yang harus diketahui oleh HRD? 

 

Perencanaan 

Proses rekrutmen dimulai dengan perencanaan rekrutmen dengan analisis jumlah karyawan guna mencapai tujuan jangka panjang perusahaan. Perencanaan rekrutmen dapat dilakukan dengan manpower planning di Software HRD LinovHR. Setelah perencanaan rekrutmen mengidentifikasi jumlah posisi yang akan ditambahkan di perusahaan, deskripsikan pekerjaan dan spesifikasi untuk posisi tersebut. HRD perlu mendiskusikan hal ini dengan pihak manajer tiap divisi yang membutuhkan tenaga tambahan. 

 

Identifikasi Sumber Perekrutan

Sumber rekrutmen dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu rekrutmen internal dan eksternal. Sederhananya, rekrutmen internal melibatkan rekrutmen kandidat di dalam perusahaan. Sedangkan rekrutmen eksternal adalah rekrutmen kandidat dari luar yang saat ini tidak dipekerjakan oleh perusahaan. Mengidentifikasi sumber perekrutan yang sesuai sangat krusial karena tingkat kesesuaian kandidat untuk suatu pekerjaan tergantung pada jenis sumber perekrutan yang dipilih. 

 

Baca Juga: Rekrutmen Internal dan Eksternal: Mana yang Lebih Efektif?

 

Mulai Mencari Kandidat

Setelah sumber perekrutan yang sesuai telah diidentifikasi, HRD dapat memulai pencairan kandidat dengan memposting lowongan di berbagai media. Perlu diingat bahwa media tiap lowongan sangat berbeda tergantung  jenis rekrutmen yang dilakukan. Untuk mempercepat post lowongan, HRD dapat memanfaatkan fitur vacancy. Jika HRD membutuhkan kandidat dari eksternal, maka media sosial portal dapat menjadi pilihan. Namun, jika HRD membutuhkan kandidat dari dalam, maka HRD bisa mensosialisasikan hal ini ke setiap divisi mengenai rekrutmen internal. 

 

Memfilter Formulir

Setelah HRD memberikan informasi mengenai rekrutmen, akan ada banyak formulir lamaran yang masuk. HRD perlu menyaring lamaran yang ada berdasarkan persyaratan dasar untuk pekerjaan tersebut. Persyaratan dasar ini dapat mencakup pengalaman kerja sebelumnya, latar belakang akademis, sertifikasi pengetahuan tentang program perangkat lunak tertentu, dll. Semua informasi kandidat yang masuk dapat tersimpan dengan aman dan rahasia berkat cloud based server. 

 

Melakukan Tes dan Wawancara

Pada tahap proses ini, kandidat yang memenuhi persyaratan dasar yang tersisa akan melalui tes dan wawancara. HRD dapat menyesuaikan tes sesuai dengan posisi yang ada. Contohnya, test live coding untuk posisi programmer. Jangan lupa untuk mendetail segala pertanyaan untuk wawancara kerja. Semua kandidat yang siap untuk direkrut akan ditampilkan di fitu ready-to-hire. 

 

Membuat Kontrak 

Ketika sudah selesai melakukan tes dan wawancara, HRD akan menemukan kandidat yang cocok dengan kebutuhan. HRD dapat memberikan kabar kepada kandidat bahwa kandidat tersebut adalah orang yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Perlu diingat bahwa kontrak kerja harus sesuai dengan UU Ketenagakerjaan yang berlaku. 

 

Baca Juga: Jenis Kontrak Kerja Karyawan yang Dibuat HRD

 

Evaluasi

Setelah beberapa periode, biasanya setiap divisi akan melakukan evaluasi untuk menilai apakah segala proses yang telah berjalan sudah benar atau tidak. Dalam HRD,  evaluasi ini berguna untuk menemukan kelemahan dan kekurangan dari rekrutmen yang telah berjalan sebelumnya agar tidak mengulangi kekeliruan kembali. 

 

Memudahkan Tahapan Rekrutmen Karyawan dengan LinovHR

Rekrutmen memainkan peran penting dalam pengelolaan karyawan. Rekrutmen pula yang akan mempengaruhi kualitas karyawan dalam suatu perusahaan. Sangat penting untuk menjalankan seluruh tahapan rekrutmen dengan benar dan baik. 

Software HRD dari LinovHR dapat membantu semua tahapan rekrutmen karyawan berjalan lebih cepat dan akurat. HRD dapat menyimpan semua informasi dan data kandidat secara terpusat dalam cloud based server. LinovHR juga menjamin kerahasiaan dan keamanan informasi yang disimpan. Untuk informasi selengkapnya, hubungi LinovHR sekarang juga!