literasi digital

Literasi Digital: Manfaat dan Pentingnya Implementasi untuk Bisnis

Teknologi kian berkembang dan mendominasi dunia bisnis. Tantangan di sekitar perusahaan pun ikut berkembang pula. Penting bagi perusahaan untuk mengimplementasikan dan menggunakan teknologi dengan optimal agar membantu perusahaan tumbuh dan kuat. Itulah mengapa literasi digital dalam perusahaan mulai berkembang. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan literasi digital? Ikuti pembahasan LinovHR di bawah ini! 

 

Apa Itu Literasi Digital?   

Istilah literasi merujuk ke pengetahuan dan keterampilan dalam bidang tertentu. Jadi, pengertian literasi digital adalah kemampuan dan wawasan seseorang dalam aspek pemanfaatan teknologi digital, alat komunikasi, membuat dan mengevaluasi informasi dengan sehat dan cermat serta patuh kepada hukum dalam kehidupan. Diharapkan dengan kemampuan digital, masyarakat dapat menggunakan teknologi dengan maksimal tetapi bertanggung jawab penuh atas hal yang dilakukannya. Di Indonesia, literasi digital didukung oleh Kementrian dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

Indonesia dengan populasi yang besar dihadapkan dengan tantangan untuk menguasai kemampuan digital sebagai syarat kecakapan hidup abad 21 melalui pendidikan yang terintegrasi di suruh masyarakat. Dikutip dari Materi Pendukung Literasi Digital Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, terdapat 8 elemen untuk mengembangkan literasi digital:

  1. Kultural, kemampuan untuk memahami berbagai konteks dalam dunia digital; 
  2. Kognitif, daya pikir dalam menganalisis dan menilai content;
  3. Konstruktif,  menciptakan ulang sesuatu dengan ahli dan aktual;
  4. Komunikatif, paham bagaimana sistem jaringan komunikasi digital; 
  5. Percaya diri dan bertanggung jawab;
  6. Melakukan hal baru dengan cara kreatif; 
  7. Kritis dalam melihat content; dan
  8. Bertanggung jawab secara sosial. 

 

Pentingnya Literasi Digital dalam Perusahaan

Literasi digital juga berperan penting dalam perusahaan. Saat ini industri dipengaruhi oleh keterampilan digital. Banyak perusahaan bersaing satu sama lain dalam hal penerapan digital. Penting bagi perusahaan untuk mengembangkan dan melatih karyawan jika ingin perusahaan menjadi kompeten secara digital. 

Tanpa pelatihan digital yang yang sesuai, kemungkinan besar karyawan akan merasa tidak termotivasi atau bahkan bekerja kurang optimal bagi perusahaan. Meningkatkan keterampilan staf dengan kemampuan digital tak hanya berguna untuk kinerja karyawan, tetapi juga berperan besar dalam transisi digitalisasi dalam perusahaan. Sehingga perusahaan dapat bersaing dengan kompetitor bantuan implementasi teknologi digital. 

 

Manfaat Literasi Digital

Implementasi teknologi digital dalam perusahaan mempunyai banyak manfaat. Perusahaan akan semakin siap dalam menghadapi berbagai macam tantangan baik dari kompetitor maupun dari faktor lain. Di bawah ini adalah manfaat literasi digital di perusahaan: 

 

Memotivasi Karyawan

Perkembangan teknologi membuat persaingan karyawan untuk meningkatkan skill dan kairi juga semakin ketat. Karyawan mulai memahami betapa pentingnya untuk meningkatkan kemampuan digital dalam rangka meningkatkan karir.  Pelatihan  karyawan yang dilakukan perusahaan untuk kemampuan digital karyawan sangat berperan dalam aspek ini. Karyawan yang menerima pelatihan akan memiliki kemampuan baru guna berkontribusi di perusahaan dan termotivasi untuk tetap bekerja di perusahaan dengan sebaik mungkin. 

 

Baca Juga: Pengertian dan Indikator Motivasi Kerja Karyawan

 

Meningkatkan Produktivitas 

Dalam industri apapun, produktivitas adalah kunci dalam operasional perusahaan menghasilkan produk berkualitas. Penggunaan berbagai macam aplikasi dan software dalam perusahaan harus mulai dibiasakan di kalangan karyawan. Contoh software yang paling sering digunakan perusahaan adalah software HRD. Kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) dikelola oleh Human Resource Management (HRD), mulai dari rekrutmen, pencatatan data absensi, payroll bulanan, pembuatan laporan, penyusunan program kerja, dan sebagainya. Sistem dalam software HRD membantu HRD dalam mengelola SDM dengan output yang memuaskan secara kualitatif dan kuantitatif. 

 

Menaikkan Pendapatan

Teknologi digital telah memberikan dampak yang signifikan dalam perekonomian di seluruh dunia. Semakin banyak bisnis yang menyadari manfaat dari kemampuan digital. Banyak konsumen yang merupakan bagian dari masyarakat mulai familiar dengan menggunakan teknologi dalam berbagai kegiatan. Contoh kegiatan konsumen yang paling umum berkaitan dengan konsumsi produk adalah belanja online, melihat-lihat produk melalui media sosial, dan menuliskan pengalaman saat mengkonsumsi produk tersebut. Ketika perusahaan memiliki keterampilan digital yang memadai, bisnis dapat membangun hubungan dengan konsumen jauh lebih intens. Konsumen menjadi lebih banyak dan akhirnya meningkatan pendapatan.  

 

Cara Implementasi Literasi Digital

Dunia digital terus berkembang dan itulah mengapa perusahaan terus berupaya meningkatkan kemampuan digital, khususnya di kalangan karyawan. Dengan demikian karyawan dan perusahaan dapat bekerja dengan searah menuju visi dan misi perusahaan. Berikut beberapa cara untuk membantu menumbuhkan literasi digital dan terus mengikuti perkembangan digital yang bergerak cepat dan sangat beragam.

 

Nilai Keterampilan Digital Internal 

Ada kalanya perusahaan harus menilai tingkat keterampilan digital saat ini. Ini bukan untuk menakut-nakuti karyawan atau membuat mereka merasa kurang berharga. Akan tetapi, cara ini digunakan untuk mencari tahu cara membuat karyawan lebih selaras secara digital. Sebelum menawarkan pelatihan, perusahaan harus mengetahui tingkat kemampuan digital di dalam internal perusahaan.

 

Komunikasikan Nilai dan Tujuan Digital 

Jangan berasumsi bahwa setiap orang memiliki keterampilan digital yang tepat. Meskipun generasi muda seperti Milenial dan Gen Z biasanya tumbuh dengan teknologi, bukan berarti mereka paham benar bagaimana bertanggung jawab dalam pemanfaatannya. Saat karyawan melakukan kesalahan dalam penggunaan teknologi yang berkaitan dengan  perusahaan, itu akan mempengaruhi citra dan pandangan masyarakat terhadap perusahaan. Perusahaan perlu mengkomunikasikan dan mengedukasi mengapa perubahan digital menguntungkan, mempengaruhi kinerja, meningkatkan pengetahuan, dan meningkatkan produktivitas kerja. Perusahaan sukses menjadikan keterampilan digital sebagai bagian dari budaya perusahaan. 

 

Baca Juga: Peran Komunikasi Bisnis dalam Perusahaan

 

Berikan Pelatihan 

Setelah perusahaan mengevaluasi dan mengkomunikasikan keterampilan digital, langkah perusahaan selanjutnya adalah memberikan  pelatihan dan dukungan yang tepat. Pelatihan  membantu karyawan berkembang secara profesional dan melihat bahwa perusahaan peduli dalam memelihara keterampilan mereka. Perpaduan berbagai metode pelatihan yang berbeda akan menghasil hasil yang jauh lebih kuat. Pelatihan bisa melalui pembelajaran visual, kelas online, mentoring,  menghadirkan pakar dari luar, dan lain-lan.

 

Pantau Implementasi dan Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pada dasarnya semua implementasi memerlukan pemantauan agar memahami sejauh apa implementasi berjalan. Buat ukuran dasar dari keterampilan digital, lalu gunakan untuk memantau kemajuan dan  pertumbuhan perusahaan. Pemantauan dapat membantu perusahaan untuk melihat apakah implementasi sudah tepat atau tidak serta melakukan penyesuaian jika ada kebutuhan yang diperlukan di tengah-tengah proses digitalisasi

Implementasi literasi digital tak akan lengkap dengan penggunaan berbagai macam software yang membuat pekerjaan perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien. LinovHR sebagai vendor terpercaya dan berpengalaman dalam mengembangkan dan menyediakan Human Resource Information System (HRIS) yang akan mempercepat dan meningkatkan kemampuan digital perusahaan. Modul-modul tersedia dalam HRIS menggunakan server berbasis cloud yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dalam manajemen seputar pengelolaan SDM. 

Literasi digital diharapkan mampu menjadi pondasi bagi perusahaan untuk bertahan ditengah persaingan dan menjaga mutu proses  produksi.  Produk perusahaan yang dihasilkan pun juga semakin berkualitas dan mudah diterima masyarakat. Pada akhirnya, manfaat teknologi digital tak hanya berdampak bagi masyarakat, tetapi berdampak pula pada perkembangan ekonomi secara keseluruhan.