16 Website Buat CV Online Dengan Mudah, Siap-siap Dilirik HR!

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Buat CV Online
Isi Artikel

CV atau Curriculum Vitae adalah sebuah dokumen yang menjadi salah satu syarat utama untuk melamar pekerjaan. Tampilan CV yang menarik sangatlah penting dalam melamar pekerjaan. Oleh karena itu, CV tidak boleh dibuat secara asal-asalan dan wajib didesain semenarik mungkin agar peluang untuk diterima di perusahaan impian Anda semakin besar.

Lantas, bagaimana cara buat CV yang menarik? Jangan pakai MS Word lagi, ini beberapa rekomendasi untuk buat cv online gratis, yuk simak!

 

1. VisualCV

VisualCV merupakan aplikasi untuk membuat CV secara online gratis. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 oleh James Clift dan Thomas Zhou.

VisualCV telah berkembang dari situs web sederhana dengan beberapa template CV menjadi aplikasi canggih seperti sekarang ini. VisualCV memiliki banyak template CV sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat CV online  dengan tampilan yang menarik.

Sampai saat ini, VisualCv telah dipercaya oleh lebih dari 3 juta orang untuk membuat CV atau resume dengan tujuan untuk mendapatkan pekerjaan impian mereka.

 

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

 

2. Resume.com

Resume.com adalah salah satu website terpercaya untuk buat CV online gratis. Pada tahun 2019, Resume.com bekerja sama dengan situs kerja ternama Indeed untuk membantu mendesain ulang resume atau CV para pekerja agar menjadi lebih baik.

Resume.com akan membantu Anda memilih template dan desain resume yang paling mewakili Anda, sehingga Dengan demikian, CV atau resume Anda akan jadi lebih yang menarik dan sesuai dengan kriteria recruiter.

Sejak tahun 2014, Resume.com telah membantu lebih dari 6 juta orang untuk membuat resume profesional. 

Resume.com tidak memungut biaya apapun, tidak ada iklan, dan tidak ada batasan. Anda dapat mengunduh, mencetak, atau membagikan CV Anda secara instan dalam format PDF dan .doc.

Selain itu, resume.com memiliki tingkat keamanan tinggi sehingga Anda tidak perlu khawatir data pribadi Anda akan dijual atau dicuri. 

 

3. Civimi

Rekomendasi website kedua untuk membuat CV secara online dengan gratis dan mudah adalah Civimi. Website Civimi membantu para pekerja yang sedang melamar pekerjaan memiliki tampilan CV yang lebih menarik.

Civimi mengedepankan pembuatan CV atau resume. berbasis online yang mudah diakses kapan saja dan dimanapun.

Caranya pembuatan CV di website Civimi pun cukup mudah, pekerja hanya perlu mengikuti instruksi atau langkah-langkah yang tertera pada website.

Selain CV, website Civimi juga menawarkan layanan pembuatan portofolio secara online. Jadi, apabila Anda memiliki sejumlah hasil karya yang ingin ditunjukkan saat melamar pekerjaan, Anda dapat membuat portofolio yang menarik di Civimi.

 

Baca Juga: Pilih CV Kreatif atau CV ATS? Pertimbangkan Hal Berikut!

 

4. Canva

cara membuat cv online
cara membuat cv online

Siapa yang tidak tahu Canva, website ternama satu ini telah membantu banyak pencari kerja untuk membuat CV secara online.

Canva diluncurkan sejak tahun 2013 dan telah menjadi sebuah platform atau aplikasi untuk desain dan publikasi online. Canva memiliki 50 juta lebih pengguna aktif, telah membuat 5 miliar lebih desain, 100 bahasa, dan sudah digunakan 190 negara.

Canva hadir untuk memberdayakan semua orang di dunia agar dapat membuat beragam desain dan mempublikasikannya dimana saja. 

Canva memiliki ribuan template contoh CV profesional yang sesuai dengan standar perusahaan sehingga dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang melamar pekerjaan.

Selain membuat CV online, Canva juga dapat digunakan untuk membuat poster, logo, animasi video, presentasi, infografis dan sebagainya. Canva menawarkan berbagai macam jenis layanan mulai dari yang gratis, pro, hingga enterprise. Namun, Canva gratis sudah cukup bagi Anda yang ingin membuat CV profesional untuk melamar pekerjaan. 

 

5. Google Docs

Selanjutnya, rekomendasi website untuk buat CV secara online adalah Google Docs. Mungkin sebagian banyak orang beranggapan bahwa Google Docs hanya sekedar platform atau layanan pengolah kata biasa berbasis web dari Google. Padahal, Google Docs juga dapat dimanfaatkan untuk membuat CV atau resume. 

Google Docs menyediakan banyak template mulai dari template CV, brosur, surat, proposal proyek, dan masih banyak lagi. Apabila Anda ingin membuat CV online secara gratis dan menarik, mungkin Google Docs dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

 

Baca Juga:  Pikat HRD dengan 10 Tips dan Trik Wawancara Berikut Ini! 

 

6. Jobscan

Mencari platform untuk membuat CV yang ramah ATS? Jobscan akan menjadi pilihan yang tepat. Selain mudah diakses, platform ini juga tak memungut biaya apapun.

Pasalnya, template yang tersedia dirancang dengan mempertimbangkan applicant tracking system sehingga memastikan resume Anda memiliki peluang terbaik untuk melewati proses seleksi awal.

Fitur unggulan lain yang ditawarkan Jobscan adalah split-screen format, di mana Anda dapat mengisi form berisi semua informasi yang akan dicantumkan dalam CV sambil melihat bagaimana tampilan akhirnya nanti. 

 

Kelebihan:

  1. Menawarkan berbagai template CV ramah ATS.
  2. Fitur split-screen format yang ditawarkan dapat memudahkan Anda dalam membuat CV sehingga hasilnya sesuai dengan keinginan. 
  3. Bisa diakses gratis tanpa biaya.
  4. Menyediakan template format lain, seperti cover letter.

 

Kekurangan:

  1. Tidak dapat menyimpan CV yang sudah Anda buat, sehingga tidak ada riwayat CV yang sebelumnya.

 

7. Zety

Zety adalah platform untuk membuat CV online yang dilengkapi dengan berbagai template yang dirancang oleh para pakar karir bersertifikat. Dengan Zety, proses pembuatan CV dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana. 

Jika tidak yakin dengan bagaimana cara menulis CV yang baik, Anda dapat menggunakan contoh CV yang tersedia dan tips dari para ahli berdasarkan profesi Anda.

Menariknya, CV yang Anda buat akan dianalisis oleh sistem untuk melihat beberapa kelemahan di dalamnya. Tak sampai di situ, sistem juga akan menawarkan alternatif untuk memperbaikinya. 

Anda juga bisa menyesuaikan CV dengan lowongan kerja dan membuat cover letter yang berkesinambungan dengan CV yang telah dibuat. Dengan begitu, peluang Anda untuk lolos tahap penyaringan awal menjadi lebih besar.

 

Kelebihan:

  1. Template CV dirancang oleh career expert bersertifikat.
  2. Tersedia contoh CV terbaik.
  3. Tips dan trik dari para ahli.
  4. Penilaian dan evaluasi resume.
  5. Tersedia template cover letter.
  6. Dibuat agar ramah ATS.
  7. Dilengkapi dengan alat pemeriksa grammar.

 

Kekurangan:

  1. Untuk mengunduh CV, Anda harus membayarnya.
  2. Biaya langganan dibanderol dengan harga yang mahal.

 

8. Indeed

Berkat interface ramah penggunanya, Indeed menjadi salah satu platform membuat CV terbaik untuk pemula. 

Dengan menggunakan Indeed, Anda tidak memerlukan sign in dan proses pembuatan CV sejak awal hingga diunduh juga tak memungut biaya apapun. Tak hanya itu, Anda juga dapat memanfaatkan template CV yang tersedia.

Sebagai portal pencari kerja, Anda dapat mengunggah CV yang telah dibuat di profil Indeed Anda sehingga kesempatan untuk dilirik para HR recruiter semakin besar.

Namun, jika Anda lebih suka menyesuaikan CV dengan preferensi pribadi atau membutuhkan fitur yang lebih kompleks, Indeed mungkin bukan untuk Anda. 

Kekurangan lainnya, platform ini hanya memungkinkan Anda menyimpan resume sebagai PDF.

 

Kelebihan:

  1. Gratis.
  2. Sangat mudah digunakan.
  3. Bagus untuk pemula.
  4. Tidak perlu mendaftar.

 

Kekurangan:

  1. Tidak ada fitur yang lebih advance.
  2. Tidak tersedia template cover letter.
  3. Anda hanya bisa menyimpan resume Anda sebagai PDF.

 

9. ResumeGenius

Selanjutnya ada Resume Genius yang merupakan pilihan tepat bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman dalam pembuatan CV.

Pasalnya, situs web ini akan memandu Anda melalui serangkaian pertanyaan tentang pengalaman kerja dan pendidikan Anda untuk memberikan Anda berbagai tips yang relevan. 

ResumeGenius juga dilengkapi dengan ratusan template, contoh CV, dan tips yang dapat membantu Anda menulis resume, surat lamaran, surat pengunduran diri atau surat rekomendasi.

Namun demikian, versi gratis yang ditawarkan Resume Genius hanya memungkinkan Anda untuk membuat resume dan mengunduhnya sebagai berkas text

Jika Anda ingin mengunduh resume Anda sebagai file PDF atau Word, Anda perlu mendaftar akun dan membayar langganan. 

 

Kelebihan:

  1. Sangat recommended untuk pemula.
  2. Tersedia tips dari para pakar karier.
  3. Tersedia pula template untuk cover letter, surat pengunduran diri, surat rekomendasi, dan surat ucapan terima kasih.

 

Kekurangan:

  1. Tidka gratis sepenuhnya, karena pengguna perlu mendaftar akun dan berlangganan untuk mengunduh CV dalam format PDF atau Word.

 

10. NovoResume

Novoresume hadir dengan serangkaian tools dan template modern untuk membantu Anda membuat CV profesional.

Dengan interface yang ramah pengguna dan intuitif dan berbagai template fresh yang tersedia, proses pembuatan CV yang biasanya memakan banyak waktu akan jadi jauh lebih sederhana.

Setelah memilih format CV yang Anda sukai, cukup isi informasi yang diperlukan dan Anda siap untuk melanjutkan prosesnya. 

Bahkan, ada pula opsi untuk memasukkan bagian tambahan seperti penghargaan, sertifikat, kemampuan bahasa asing, pengalaman volunteer, dan banyak lagi. Anda bisa dengan mudah menghapus bagian yang tidak relevan.

Novoresume menyediakan paket Gratis dan Premium. Jika Anda memilih pembuat CV gratis, Anda hanya bisa menggunakan template tertentu dan membuatnya dalam satu halaman. 

Sementara itu, paket premium menyediakan akses ke lebih banyak templat, tata letak kustom, tema warna, surat lamaran, dan fitur-fitur yang lebih canggih. Kedua paket mengharuskan Anda untuk mendaftarkan akun.

 

Kelebihan

  1. Setiap template dapat dipersonalisasikan sesuai latar belakang.
  2. Ramah ATS.
  3. Memiliki user-friendly interface.

 

Kekurangan:

  1. Pengguna gratis dibatasi untuk membuat CV hanya satu halaman.
  2. Untuk membuat CV, pengguna harus sign up terlebih dahulu.

 

11. Resume.io

Resume.io adalah platform untuk membuat CV yang dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Dengan platform ini, Anda bisa memilih dari 25+ CV yang dirancang secara profesional. 

Proses pengeditannya pun cukup sederhana. Saat menambahkan bagian baru pada resume Anda, Resume.io akan menilai grammar dari tulisan Anda dan memberikan hasil penilaian CV secara real-time

Resume.io juga memberi Anda tips untuk mengoptimalkan CV, termasuk menawarkan opsi kalimat yang membuat CV lebih profesional.

Namun sayangnya, untuk mengunduh CV yang Anda buat dalam bentuk PDF, Anda harus memiliki langganan aktif.

 

Kelebihan:

  1. Dilengkapi fitur automatic spell checker
  2. ATS-friendly
  3. Tersedia template untuk cover letter

 

Kekurangan:

  1. Pengguna perlu melakukan sign up.
  2. Berbayar.

 

12. EnhanCV

Jika ingin melihat saran pekerjaan yang sesuai dan relevan dengan Anda setelah membuat CV, platform EnhanCV sangat direkomendasikan.

Enhancv adalah platform membuat CV yang user-friendly dan dilengkapi dengan berbagai template dan contoh CV.

Setelah sign up, Anda dapat mulai membuat resume yang ATS-friendly dengan bantuan alat analisis konten yang cerdas. Selain alat pemeriksa grammar dan ejaan, Anda akan mendapatkan saran dan rekomendasi secara real time

Fitur unggulan yang ditawarkan platform ini adalah saran pekerjaan yang disesuaikan dengan kualifikasi Anda. Namun, Anda juga dapat mengeksplorasi berbagai posisi dan mengirimkan lamaran pekerjaan yang sesuai.

 

Kelebihan:

  1. Dilengkapi fitur automatic spell checker.
  2. ATS-friendly.
  3. Tersedia template untuk cover letter.
  4. Tersedia content analyzing tool.
  5. Dilengkapi juga dengan job suggestions.

 

Kekurangan:

  1. Pengguna perlu melakukan sign up.
  2. Berbayar.

 

13. CakeResume

Dengan berbagai fitur canggih, CakeResume membuat pembuatan CV menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.

CakeResume merupakan platform CV yang mudah digunakan dan sangat direkomendasikan untuk pemula. 

Setelah mendaftar, Anda akan diminta menjawab beberapa pertanyaan dasar tentang latar belakang profesional Anda dan memilih template sesuai preferensi Anda. 

Dalam hitungan detik, CV Anda pun berhasil dibuat. Namun, Anda tetap dapat mengeditnya sesuai dengan preferensi.

Tak sampai di situ, Anda juga dapat memanfaatkan fitur komunitas yang tersedia di CakeResume, yang memungkinkan Anda untuk membangun jaringan profesional.

Melalui komunitas ini, Anda dapat mengeksplorasi contoh CV dan portofolio yang dibuat oleh para profesional lain, sehingga Anda mendapatkan referensi untuk membuat CV. 

Anda juga berkesempatan untuk membagikan CV dan portofolio, serta  mencari pekerjaan dengan portal mencari kerja di platform ini.

Namun untuk menikmati berbagai fitur yang tersedia di CakeResume, Anda harus membayar langganan karena paket gratis yang ditawarkan hanya memungkinkan Anda untuk membuat satu CV yang dibubuhi logo.

 

Kelebihan:

  1. Sangat recommended untuk pemula.
  2. Memiliki interface yang mudah dipahami.
  3. Dilengkapi dengan fitur job search.
  4. Tersedia berbagai contoh CV yang dapat dijadikan referensi
  5. Tersedia fitur untuk membuat portofolio
  6. Terdapat banyak tips karier dari para pakar

 

Kekurangan:

  1. Pengguna perlu melakukan sign up.
  2. Berbayar.

 

14. Adobe Express

Versi gratis dari Adobe Express menawarkan Anda berbagai template resume profesional. Namun, dengan membayar paket premiumnya, template yang tersedia dapat disesuaikan dengan latar belakang dan profil Anda.

Sekilas, fungsi dan fitur pada Adobe Express sangat mirip dengan Canva. Mulai dari menyediakan template profesional dan kreatif yang bebas Anda pilih, banyaknya pilihan aset desain grafis, dan interface yang user-friendly dan terlihat modern.

Namun karena Adobe Express berfokus pada desain CV, platform ini tidak menyediakan tips karier dari para expert ataupun penilaian dan evaluasi CV.

 

Kelebihan

  1. Sangat mudah digunakan.
  2. Template yang fresh dan anti-mainstream.

 

Kekurangan:

  1. Pengguna perlu melakukan sign up.
  2. Tidak tersedia tips karier untuk membuat CV yang tepat.

 

15. Linkedin

Platform media sosial profesional populer, LinkedIn juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat CV. 

Namun sebelumnya, Anda harus memiliki profil LinkedIn yang aktif untuk menggunakan fitur ini. 

Setelah membuat profil, Anda dapat mengisi seluruh informasi mengenai latar belakang Anda dan siap untuk mengunduh CV secara otomatis.

Caranya, buka profil LinkedIn Anda. Klik “more” pada profil, dan pilih menu “Build a Resume”. Setelah itu, pilih opsi “Create from Profile” dan unduh sebagai file PDF. 

  

Kelebihan:

  1. Gratis.
  2. Membuat CV dari profil dengan cepat dan mudah.
  3. Tersedia banyak tips karier dari para expert.
  4. Tersedia fitur recommended keywords untuk membuat CV lebih relevan dan profesional.
  5. ATS-friendly

 

Kekurangan:

  1. Tidak ada fitur untuk melakukan personalisasi CV.
  2. Hanya direkomendasikan untuk CV yang sederhana.

 

16. Resumonk

Resumonk adalah platform online yang didesain khusus untuk membuat CV. Situs web ini menawarkan berbagai template yang dapat disesuaikan dengan latar belakang Anda.

Hebatnya lagi, platform ini memungkinkan Anda mengimpor data dari LinkedIn atau mengisi informasinya secara manual.

Resumonk juga memungkinkan Anda untuk mengunduh CV dalam format PDF atau Word. Platform ini memiliki fitur grammar checking otomatis yang membantu Anda membuat CV yang rapi dan profesional. 

Selain itu, Resumonk menyediakan opsi untuk membuat cover letter yang sesuai dengan CV Anda, sehingga Anda dapat mengirimkan job application dengan lengkap.

 

Kelebihan:

  1. Dapat memodifikasi CV dengan mudah.
  2. Khusus pengguna premium dapat mengunduh CV dalam bentuk PDF.

 

Kekurangan:

  1. Sebagian besar aset desain harus diakses dengan berlangganan.

 

Itulah beberapa rekomendasi website untuk buat CV online. Sejumlah website tersebut menyediakan banyak template menarik sehingga tampilan CV jadi lebih profesional dan memikat mata recruiter.

Dengan tampilan CV yang menarik maka kemungkinan Anda diterima di perusahaan impian lebih besar. Kami juga menyediakan contoh-contoh CV yang bisa Anda jadikan referensi.

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter