Contoh CV

7 Contoh CV Menarik dan Kreatif untuk Berbagai Posisi

Mencari kerja memang gampang-gampang susah dan dibutuhkan ketekunan. Maka dari itu, Anda pun wajib membuat CV sebagus dan seinformatif mungkin agar HRD tertarik dengan Anda. Kali ini LinovHR menyajikan beberapa pilihan contoh CV yang dapat Anda jadikan referensi! 

 

 

Hal Apa Saja yang Harus Tercantum di CV? 

CV bukanlah dokumen sembarangan. Ada berbagai informasi wajib yang harus Anda cantumkan di dalam CV. Apa saja? 

 

  1. Informasi personal seperti nama lengkap, email, dan nomor telepon. Namun, jangan mencantumkan informasi terlalu rinci seperti alamat dan nomor KTP karena rawan disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab.
  2. Deskripsi singkat mengenai diri Anda. Jelaskan informasi siapa diri Anda dalam pekerjaan yang Anda tekuni.  
  3. Latar belakang pendidikan serta sertifikasi dan kursus singkat lain jika ada.  
  4. Pengalaman bekerja. Jika Anda baru lulus kuliah atau fresh graduate, Anda bisa mencantumkan pengalaman magang, sukarelawan, dan organisasi selama kuliah. Jabarkan berapa lama pengalaman Anda di posisi tersebut dan apa yang Anda kerjakan. 
  5. Skill atau kemampuan yang Anda kuasai termasuk kemampuan dalam berbahasa asing. Penting dicatat bahwa Anda harus mencantumkan skill yang relevan dengan pekerjaan yang akan Anda lamar. 
  6. Penghargaan atau prestasi bila Anda pernah menerima sebelumnya. Informasi ini akan menjadi nilai plus di mata HRD. 

 

Baca Juga: 8 Alasan Mengapa Background Check Penting! 

 

Cara  Membuat CV Berkualitas 

Setelah memahami informasi apa saja yang harus ada di CV, inilah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk membuat CV yang berkualitas. 

 

Perhatikan Design

Ada banyak CV dengan design beragam. Namun, Anda juga harus memahami apakah design CV tersebut cocok dengan perusahaan yang Anda lamar. 

Jika perusahaan yang Anda lamar adalah perusahaan korporat, maka design CV yang simpel dan sederhana lebih disukai. Namun, jika Anda melamar pekerjaan yang berhubungan dengan industri kreatif, maka CV dengan design unik cenderung unggul. 

 

Cantumkan Informasi Relevan

Mungkin Anda punya banyak pengalaman yang beragam dan ingin menonjolkan semua itu di CV. Jika informasi tak relevan, maka tak perlu dicantumkan! Informasi yang tak relevan di CV hanya akan membuat HRD kehilangan berbagai poin penting yang bisa menjadikan diri Anda terlewat begitu saja. 

 

Perhatikan Tata Bahasa

Karena CV merupakan dokumen resmi, maka bahasa yang harus digunakan adalah bahasa formal. Gunakan kalimat aktif yang cukup kuat untuk menjelaskan beberapa hal khusus, contohnya “menyelesaikan”, “mencapai”, “memimpin” dan sebagainya. 

 

Crosscheck Ulang 

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah jangan lupa crocheck ulang CV Anda. hal ini untuk memastikan bahwa semua info yang tercantum sudah tepat dan tidak ada kesalahan ketik. Kekeliruan minor di CV bisa membuat HRD tidak tertarik, loh! 

 

Untuk informasi lengkap tentang cara membuat CV menarik, Anda bisa membaca artikel ini! 

 

Contoh CV yang Menarik untuk Melamar Kerja

 

Template Contoh CV (Curriculum vitae)

Template Contoh CV

Contoh CV Bahasa Inggris

Contoh CV Bahasa Inggris

 

Contoh CV yang Kreatif

 

contoh cv kreatif

 

Contoh CV dalam Bentuk PDF

Contoh CV dalam Bentuk PDF

Download Contoh CV dalam Bentuk PDF

 

Contoh CV Dengan Font Menarik

contoh cv dengan font menarik

 

Contoh CV Programer

Contoh CV Programer

 

Contoh CV Posisi Marketing

Contoh CV(curriculum vitae) Marketing

 

Mengapa CV(Curriculum Vitae) Menjadi Penting dalam Melamar Kerja?

CV atau curriculum vitae adalah salah satu dokumen penting yang harus Anda siapkan dari jauh hari ketika hendak melamar kerja. Dokumen ini akan menjadi bahan petimbangan dan evaluasi bagi HRD apakah Anda adalah kandidat yang perusahaan cari atau bukan. 

Selain bahan pertimbangan, ada alasan lain mengapa CV cukup penting dalam melamar pekerjaan, antara lain: 

 

Sebagai Pembeda dengan Kandidat Lain

Suatu lowongan kerja akan dilamar oleh banyak kandidat yang mempunyai kualifikasi hampir serupa. Oleh karenanya, Anda harus menunjukkan sisi unik yang membuat HRD merasa Anda lebih unggul dari kandidat lain yang melamar pekerjaan tersebut. Dengan demikian kesempatan Anda untuk lolos ke tahap lebih lanjut semakin terbuka lebar. 

 

Menampilkan Manfaat yang Anda Tawarkan untuk Perusahaan

Perusahaan akan mempekerjakan kandidat yang mempunyai potensi dan bermanfaat untuk perkembangan operasional perusahaan. Manfaat ini bisa dicerminkan dari penjelasan yang Anda tuangkan di CV. Anda pun akan menarik perhatian lebih jika dinilai punya potensi yang cukup mumpuni. 

 

Menunjukkan Ringkasan Pengalaman dan Kemampuan

Anda adalah kandidat yang mempunyai berbagai macam pengalaman dan kemampuan di dunia kerja. Rasanya tidak mungkin jika Anda harus menjelaskannya dalam waktu singkat semua itu, bukan? CV Anda lah yang merangkum semua pengalaman dan kemampuan untuk kemudian disajikan kepada HRD. Nantinya, HRD akan melakukan interview berdasarkan info yang Anda berikan melalui CV. 

 

Itulah cara membuat, tips, contoh CV serta mengapa CV menjadi penting. Semoga hal tersebut dapat memberikan anda inspirasi dalam membuat CV (Curriculum Vitae).