business process management

Business Process Management: Pengertian, Proses dan Manfaatnya

Setiap perusahaan atau badan usaha bisnis memiliki proses dan tahapan yang dijalankan di dalamnya. Proses bisnis digunakan untuk mengendalikan dan juga menggerakan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan guna mencapai tujuan dan visi-misi perusahaan. Contoh dari proses bisnis adalah penciptaan produk atau layanan baru, merekrut pegawai, hingga menjawab keluhan dari pelanggan atau konsumen. Dalam menjalankannya, proses bisnis memerlukan perencanaan, pengoptimalan dan metode yang tepat agar dapat berjalan sesuai standar yang berlaku. Proses inilah yang dikenal sebagai business process management (BPM). 

BPM memiliki tujuan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi dan kinerja dari proses bisnis agar dapat disesuaikan dengan kondisi pasar serta lingkungan kerja. Kali ini, kami akan memberikan sedikit penjelasan mengenai apa itu business process management dan beserta fungsi, manfaat serta langkah-langkahnya.

 

Pengertian Business Process Management

Business process management adalah salah satu bagian dari manajemen operasi yang dilakukan oleh sebuah organisasi, perusahaan, maupun badan usaha untuk meningkatkan kinerja, efisiensi serta efektivitas proses bisnis. Jenis bisnis yang berbeda memerlukan proses bisnis yang berbeda, proses inilah yang jika dikelola atau di-manage dengan baik akan memberikan peluang bisnis yang baik pula.

 

Manfaat  Business Process Management

Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan dengan menerapkan business process management di dalam sebuah perusahaan ataupun badan usaha. Yaitu : 

 

Mengasah Kemampuan Berbisnis

Perubahan kondisi pasar tentu akan menjadi salah satu rintangan yang akan dihadapi di dalam menjalankan suatu usaha atau bisnis. Dengan menjalankan BPM, sebuah perusahaan atau badan usaha akan lebih siap untuk mengimbangi perubahan itu. Selain itu, dengan BPM, anda dapat melakukan perubahan maupun mengembangkan perusahaan agar mampu beradaptasi dengan kondisi perubahaan tersebut. Tindakan inilah yang merupakan salah satu hasil dari mengasah kemampuan bisnis dengan BPM.

 

Efisiensi Biaya dan Peningkatan Keuntungan

Hal positif lainnya dalam menggunakan BPM di dalam sebuah perusahaan maupun badan usaha adalah dapat mengurangi biaya dalam menjalankan proses bisnis. Selain itu, badan usaha atau perusahaan yang menggunakan BPM akan meningkatkan kualitas dan kinerja SDM, serta meningkatkan produktivitas dari perusahaan tersebut. Sehingga akan mempengaruhi keuntungan atau profit yang diterima perusahaan nantinya.

 

Peningkatan Efisiensi Proses Bisnis

Proses bisnis di dalam sebuah perusahaan maupun badan usaha lainnya, tentu mengedepankan integrasi yang tepat dari awal proses hingga akhir. Hal ini akan memudahkan stakeholder terkait untuk mendapatkan informasi seperti pertanggungjawaban pihak terkait dalam menjalankan suatu usaha.

 

Baca Juga: Pentingnya Transparansi Perusahaan dalam Penggajian Karyawan

 

Visibilitas yang Lebih Baik

Manfaat berikutnya yang didapat dengan menggunakan sistem BPM di dalam sebuah perusahaan adalah pengamatan kinerja yang lebih up to date. Hal ini dikarenakan BPM menggunakan software komputer yang dapat membantu berjalannya proses. Ini akan memberikan keuntungan agar proses penilaian dan evaluasi menjadi lebih efektif dan efisien.

 

Peningkatan Ketaatan, Keselamatan dan Keamanan

Sebagai seorang pemimpin dari sebuah perusahaan atau badan usaha, maupun sebagai seorang pemilik bisnis, anda memerlukan laporan keuangan, undang-undang, serta peraturan terkait yang perlu ditaati. Dengan menggunakan metode business process management, anda sudah dapat memastikan bahwa bisnis, perusahaan, maupun badan usaha yang berjalan sudah sesuai dengan kaidah hukum yang berlaku. Dengan ini, anda juga sudah dapat meminimalisir terjadinya kesalahan yang dapat mengancam keselamatan dari seluruh anggota atau pegawai di perusahaan tersebut.

 

5 Langkah Business Process Management

Dalam menerapkan business process management, diperlukan beberapa tahapan atau langkah yang dapat menjamin keberlangsungan dari proses itu sendiri. Antara lain : 

 

Perencanaan dan Strategi Proses

Untuk mengawali sesuatu, diperlukan perencanaan dan strategi yang tepat agar sesuai dengan hasil yang diinginkan. Hal ini juga berlaku di dalam bisnis. Anda memerlukan sebuah rencana yang matang dan terstruktur agar dapat memastikan kebutuhan dari pelanggan atau konsumen dapat terpenuhi.

 

Desain dan Pemodelan Proses Bisnis

Tahapan yang berikutnya merupakan tahapan yang akan memberikan gambaran secara detail dari proses menjalankan suatu bisnis di perusahaan atau badan usaha lainnya.

 

Implementasi Proses

Setelah merancang proses dan menentukan desain dan model dari proses bisnis, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengimplementasikan proses tersebut di dalam menjalankan bisnis.

 

Baca Juga: Pengertian Manajemen Risiko dan Jenis-Jenisnya

 

Pemantauan dan Pengendalian Proses

Tahapan berikutnya dalam menjalankan sistem business process management adalah dengan melakukan pemantauan serta pengendalian proses. Setelah proses diimplementasikan ke dalam suatu rencana bisnis, diperlukan suatu pelacakan, pengendalian, serta pemantauan yang dilakukan secara terus menerus atau berkelanjutan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan agar memastikan kualitas dan keberhasilan dari proses yang sudah diterapkan sebelumnya. Di dalam proses pemantauan dan pengendalian ini, para pemangku kepentingan di perusahaan dan badan usaha perlu untuk melakukan analisa berdasarkan history atau riwayat perusahaan agar dapat memberikan hasil yang lebih tepat.

 

Perbaikan atau Pengembangan

Untuk tahapan terakhir yang diperlukan di dalam suatu business process management adalah tahapan untuk memperbaiki dan atau mengembangkan proses yang sudah ada. Di dalam sistem BPM, sangat memungkinkan untuk suatu perusahaan mempertahankan kualitas serta kinerja dari proses yang sudah dilakukan sebelumnya.  Melalui pemantauan dan pengendalian proses, maka dapat ditentukan apakah perusahaan perlu melakukan inovasi atau peningkatan terhadap proses yang telah berjalan di dalam sebuah perusahaan.

 

Demikianlah penjelasan mengenai business process management atau BPM. Sebuah perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu menerapkan dan mengembangkan prosesnya secara kontinu. Nah, proses tersebut adalah proses yang berkelanjutan serta membutuhkan kelola SDM yang memadai untuk mendukung proses. Software HRD dari LinovHR adalah Software HRD yang mampu mengeola SDM dalam perusahaan. Dengan demikian kualitas proses perusahaan akan tetap terjaga.