transparansi

Pentingnya Transparansi Perusahaan dalam Penggajian Karyawan

Manajemen sumber daya manusia dipengaruhi oleh perencanaan, kontrol, dan kepemimpinan yang terbuka kepada seluruh jajaran internal perusahaan. Hal ini bukan tanpa sebab, keterbukaan atau transparansi adalah gerbang utama dalam awal kepercayaan antara perusahaan dan karyawan. Kepercayaan akan membawa kerjasama yang lebih harmonis dan struktur kinerja yang berkualitas.  Prinsip transparansi cukup populer di kalangan perusahaan, pelayanan publik dan pemerintahan. Seperti apa implementasi hal ini dalam perusahaan? Dan bagaimana pengaruhnya terhadap penggajian bulanan karyawan? 

 

Pengertian Transparansi dalam Perusahaan

Sebelum menggali lebih dalam mengenai pengertian transparansi dalam perusahaan, ada baiknya memahami arti secara general terlebih dahulu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), transparansi adalah  keadaan yang nyata, jelas, jernih. Dari pengertian singkat tersebut, dapat disimpulkan bahwa transparansi dalam perusahaan adalah keterbukaan yang jelas dan nyata terhadap suatu proses kepada staf tanpa ada yang ditutupi sedikitpun. 

 

Mengapa Transparansi dalam Perusahaan Sangat Penting? 

Transparansi menjadi salah satu budaya kerja yang wajib ada dalam semua perusahaan. Setiap periode perusahaan selalu melakukan operasional dan bisnis. Untuk itulah keterbukaan yang jelas atas proses bisnis perusahaan diperlukan. Melalui proses yang jelas dan tidak ditutupi sama sekali, karyawan akan memahami proses kerja tanpa ada kekeliruan dalam persepsi. Kredibilitas perusahaan dalam mempekerjakan karyawan juga akan meningkat di mata karyawan. 

Karyawan dalam perusahaan bekerja dalam tim untuk menyelesaikan dan menyukseskan tugas tertentu. Sudah pasti kerja tim akan melibatkan karyawan untuk bekerja sama dengan karyawan lain. Kerjasama yang dibangun atas rasa kepercayaan akan bersinergi kuat dan menghasilkan kinerja yang jauh lebih memuaskan.

 

Baca Juga: Evaluasi Kinerja Praktis Berkat Software HRD LinovHR

 

Selain proses dan bisnis, keterbukaan dalam perusahaan pula berkaitan erat dengan data dan informasi. Contoh sederhananya adalah keterbukaan data dan informasi pengolahan dan perhitungan gaji yang diterima masing-masing karyawan. Memberi gaji adalah salah satu dari sekian banyak kewajiban yang harus ditunaikan perusahaan kepada karyawan. Memang terkadang nominal gaji karyawan adalah privasi yang harus dijaga kerahasiaannya antara karyawan lain untuk menghindari kecemburuan dan konflik internal

Bagi karyawan sebagai seorang pekerja dan individu, ia berhak untuk mengetahui rincian gaji yang menjadi hak dan diterimanya setiap bulan. Gaji untuk setiap karyawan pastinya berbeda tergantung dari lamanya karyawan bekerja, posisi atau jabatan, tunjangan lembur, potongan pajak, dan sebagainya. Berdasarkan elemen gaji tersebut akan menghasilkan gaji bersih yang akan diterima karyawan. Oleh karena itu, karyawan berhak tahu potongan apa saja dan tunjangan apa yang diterimanya dalam gaji bulan tersebut. 

 

Transparansi Penggajian antara Karyawan dan Perusahaan

Gaji adalah isu yang agak sensitif dalam lingkungan kerja. Jika karyawan menerima gaji yang tidak sesuai atau terindikasi adanya perhitungan yang tidak jelas dalam gaji yang mereka terima, karyawan akan meragukan kemampuan perusahaan akan pengelolaan dan memperlakukan karyawan dengan layak. Prasangka buruk akan mengakibatkan karyawan kehilangan motivasi kerja dan berpengaruh terhadap produktivitas karyawan. Inilah peranan HRD untuk mewujudkan penggajian karyawan yang transparan dan akurat. 

Biasanya HRD akan menyertakan slip gaji dalam penggajian bulanan sebagai rincian setiap memberikan gaji kepada karyawan. Proses pembuatan slip gaji tampak sederhana. Akan tetapi, cukup menyulitkan jika jumlah karyawan dalam perusahaan sangatlah banyak dan menggunakan cara manual. HRD harus membuat dokumen berbeda untuk rincian slip gaji dan menghitung ulang satu-satu lampiran slip gaji untuk memastikan apakah data dan informasi gaji yang tertera sudah tepat sesuai hak karyawan. Belum lagi penggunaan berlembar-lembar kertas yang memakan banyak tempat di meja kerja. HRD justru dibuat ribet dan kurang fokus akibat pembuatan perincian gaji dengan cara manual. 

 

Baca Juga: 6 Tips Membeli Aplikasi Slip Gaji Online untuk Perusahaan

 

Padahal, HRD memiliki tugas lain penting lain yang memiliki tingkat urgensi cukup tinggi, yaitu pengelolaan dan pengembangan program kinerja karyawan. Jika HRD saja sudah kewalahan dalam menyiapkan tugas administratif seperti menghitung rincian slip gaji, bagaimana mungkin HRD bisa fokus untuk tugas lain yang lebih penting? Inilah saatnya bagi HRD dan perusahaan untuk mencari solusi jitu dan efektif untuk mewujudkan transparansi penggajian. 

 

Software Payroll LinovHR: Kunci Mewujudkan Transparansi Penggajian 

Pengelolaan dan perhitungan gaji adalah proses yang yang bersifat repetitif. Walau sudah dilakukan secara repetitif atau rutin, ada saja celah  terjadinya kekeliruan atau kesalahan dalam perhitungan dan pengelolaan gaji. Contoh dari kekeliruan dan kesalahan yang paling umum adalah salah input data dan salah hitung. Kesalahan ini akan mempengaruhi jumlah gaji yang diterima karyawan dan berimbas kepada kepercayaan karyawan. Transparansi perusahaan dalam menyajikan data dan informasi gaji yang akurat pun dapat dipertanyakan. 

Tidak perlu bingung, Software Payroll dari LinovHR adalah kunci utama dalam mewujudkan transparansi penggajian. HRD dapat dengan mudah mengelola dan menghitung data gaji, lembur, tunjangan, dan pajak tiap karyawan dengan akurat secara bersamaan dan otomatis. Setelah selesai diolah dan dihitung, HRD akan mentransfer gaji karyawan ke rekening masing-masing karyawan. 

Setelahnya HRD juga dapat membuat slip gaji yang berisi rincian gaji karyawan dengan mudah tanpa perlu menghitung ulang apakah data dan informasi mengenai gaji yang tertera sudah tepat atau tidak. Ini disebabkan oleh integrasi sistem dalam Software Payroll dari LinovHR yang mendukung otomatisasi perhitungan dan pembuatan rincian gaji. Sehingga data dan informasi yang tertera pada rincian gaji adalah data real sesuai dengan perhitungan gaji yang diterima karyawan. Membuat rincian gaji menjadi mudah hanya dengan beberapa tahapan bersama Software Payroll dari LinovHR. Sehingga transparansi dalam penggajian bisa terwujud dengan baik. 

Penasaran bagaimana mewujudkan transparansi penggajian dalam perusahaan ala Software Payroll dari LinovHR? Hubungi contact person LinovHR di  +62812 9368 0442 atau email website@linovhr.com. Tim LinovHR akan melayani dan memberikan solusi terbaik untuk kinerja perusahaan yang lebih excellent!