absensi karyawan online

Cara Sistem Absensi Online Dalam Mengelola Absensi Karyawan

Di tahun yang serba modern ini sudah banyak sekali transformasi yang terjadi di dalam dunia kerja, salah satunya adalah pemanfaatan sistem absensi karyawan online. Perusahaan dengan jumlah yang cukup banyak ini pastinya akan sangat terbantu dengan menggunakan sistem absensi online seperti halnya LinovHR. Namun, bagaimanakah cara sistem ini bekerja sehingga dapat memberikan laporan absensi yang akurat?

 

Cara Absensi Online Bekerja dan Kemampuan yang Dihasilkan

Berikut ini terdapat cara kerja dari sistem absensi online dan kemampuan yang dihasilkan:

 

Proses Absensi Karyawan

Seperti pada namanya, sistem ini pastinya dapat berfungsi untuk melakukan absensi karyawan.

Namun berbeda dengan cara manual, proses absensi bisa dengan cara menempelkan jari ke alat absensi atau dikenal dengan alat fingerprint atau dengan mendeteksi wajah yang dikenal dengan face identification.

Setelah itu, sistem akan menginput waktu masuk dan juga pulang karyawan secara otomatis.

Atau jika karyawan sedang melakukan perjalanan dinas, mereka juga bisa melakukan absensi melalui ponsel pribadinya.

Dengan begitu, karyawan akan sangat memudahkan absensi tanpa harus mendatangi kantor terlebih dahulu.

 

Rekap Data Absensi

Saat menjelang akhir periode, divisi HR akan merekap seluruh data absensi karyawan. Rekap data absensi ini akan berguna untuk proses kerja selanjutnya seperti penggajian atau penilaian karyawan. 

Dengan absensi karyawan online, para HR bisa menginput dan merekap data absensi karyawan secara otomatis hanya dengan mengakses sistem melalui komputer.

Cara kerja seperti ini tentu saja akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan cara manual yang masih menggunakan kertas. Hasil rekap data pun akan menghasilkan laporan absensi yang akurat.

 

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Absensi Android Terbaik untuk Karyawan

 

Kelebihan Sistem Absensi Online Karyawan

Pemanfaatan absensi karyawan online yang dapat melakukan semua pekerjaan secara otomatis ini tentunya akan sangat memudahkan karyawan dan juga perusahaan. Untuk itu terdapat beberapa kelebihan dari absensi online ini!

 

  • Cepat 

Proses yang dilakukan secara otomatwis ini dapat melakukan seluruh proses kerja dengan sangat cepat. Dengan kecepatan ini, karyawan tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk mengurus segala sesuatu yang terkait dengan absensi dan dapat dilakukan dengan cara yang mudah.

 

  • Efektif 

Hanya dengan mengandalkan satu sistem saja, seluruh proses pengerjaan mulai dari mereka data absensi, menghitung waktu kerja karyawan, pengajuan izin kerja, dan yang lainnya dapat dikerjakan. Adanya sistem ini membuat perusahaan dapat mengurangi penggunaan banyak kertas untuk mencatat atau menyimpan data absensi, sehingga proses kerja bisa lebih efektif.

 

  • Pencatatan Waktu yang Akurat

Adanya akses internet ini akan mensinkronisasikan pencatatan waktu kehadiran dan kepulangan karyawan. Jadi saat karyawan melakukan absensi baik di dalam kantor dengan menggunakan mesin absensi ataupun di luar kantor dengan smartphonenya, waktu yang tercatat akan sama dengan waktu yang berada di dalam sistem absensi. Dengan begitu, pencatatan waktu karyawan akan lebih akurat dan meminimalisir adanya kesalahan.

 

  • Dapat Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan

Dengan sistem absensi karyawan online ini karyawan tidak bisa melakukan titip absen dengan karyawan lain atau mengubah waktu datang/pulang. Sehingga hal ini dapat mengurangi kecurangan dan meningkatkan kedisiplinan karyawan.

 

Modul Time Management LinovHR, Solusi Absensi Online Terbaik!

Pembahasan di atas memberikan gambaran secara jelas cara absensi online bekerja dan beberapa kemudahan lainnya. Jika Anda tertarik untuk menggunakan alat ini di perusahaan, segera gunakan Modul Time Management dari LinovHR!

Software HRD LinovHR memiliki Aplikasi Absensi Online dapat memudahkan perusahaan khususnya divisi HRD untuk mengelola absensi karyawan baik dalam jumlah sedikit maupun jumlah yang banyak. Selain itu, modul ini juga dapat mengelola jadwal kerja karyawan dengan dinamika yang tinggi serta pola kerja yang bervariasi.

 

Fitur-fitur yang terdapat dalam modul ini dapat menunjang pekerjaan Anda secara baik, antara lain:

  • Time Group untuk mengatur jadwal kerja karyawan
  • Calendar, untuk menampilkan jadwal libur dan agenda perusahaan
  • Schedule Exception untuk mengganti atau merubah jadwal kerja
  • Leaves berfungsi untuk mengatur dan menentukan cuti karyawan
  • Permit Request dapat digunakan jika karyawan ingin mengajukan izin kerja
  • Leave untuk melihat sisa kuota cuti
  • Overtime Request untuk mengajukan dan mengelola lembur
  • Fitur Timesheet untuk pengelolaan kehadiran karyawan

 

Baca Juga: Kemudahan Pembuatan Laporan Absensi Karyawan dengan LinovHR

 

Seluruh fitur di atas pastinya dapat diakses secara online dan melakukan pekerjaan secara otomatis dan memberikan hasil yang akurat. Dengan diawali dengan pengelolaan absensi yang baik akan meningkatkan kinerja karyawan.

Apakah Anda tertarik dengan kemampuan sistem absensi online dari Modul Time Management LinovHR? Segera hubungi tim LinovHR dan jadwalkan demo bersama tim kami!