10 Business Intelligence Software yang Paling Banyak Digunakan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Business intelligence software
Isi Artikel

Business intelligence software merupakan solusi yang tepat untuk mendukung kesuksesan bisnis yang sedang dijalankan. Sebab di  era digital yang terus berkembang, bisnis modern membutuhkan teknologi yang tepat untuk membantu mengambil keputusan yang cerdas dan akurat. 

Dengan adanya, software ini, sangat memungkinkan bisnis untuk memperoleh informasi yang diperlukan dengan cepat dan mudah. Anda dapat melihat tren, mengidentifikasi peluang, dan memprediksi hasil bisnis di masa depan secara efektif.

Lalu, apa saja rekomendasi business intelligence software yang paling bagus dan banyak digunakan? Simak penjelasannya pada artikel LinovHR berikut, ya!

 

Mengapa Penting Menggunakan Business Intelligence Software 

Business intelligence software adalah perangkat teknologi yang dirancang untuk mengumpulkan, menyortir, mengkonsolidasi, menganalisis, dan menyajikan data yang kompleks ke dalam suatu laporan yang dapat dicerna.

Sehingga, dapat membantu perusahaan untuk memahami tren, mengidentifikasi peluang, dan mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan data yang tersedia.

Penggunaan software ini sangat penting bagi perusahaan karena dapat memberikan banyak manfaat yang signifikan.

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa penting untuk menggunakan business intelligence software, di antaranya:

 

1. Meningkatkan Efisiensi Operasional dan Produktivitas

Dengan menggunakan software BI, perusahaan dapat mengumpulkan, menganalisis, dan memvisualisasikan data bisnis dari berbagai sumber.

Hal ini dapat membantu perusahaan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dan meningkatkan kinerja bisnis. Dengan demikian, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas.

 

2. Membantu Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Dalam dunia bisnis yang sangat kompetitif saat ini, perusahaan harus mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

Business intelligence software dapat membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang didasarkan pada data dan bukan hanya berdasarkan intuisi.

Dengan demikian, perusahaan dapat meminimalkan risiko dan meningkatkan peluang untuk sukses.

 

3. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Dengan menggunakan software business intelligence, perusahaan dapat memahami preferensi pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik.

Hal ini dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun reputasi yang baik di pasar.

 

4. Memahami Tren Pasar dan Lingkungan Bisnis yang Sedang Berlangsung

Sistem BI dapat membantu perusahaan untuk memahami tren pasar dan lingkungan bisnis yang sedang berlangsung.

Dengan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tren pasar dan lingkungan bisnis, perusahaan dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk mempertahankan atau meningkatkan posisinya di pasar.

 

Baca Juga: Apakah Business Intelligence Itu dan Skill yang Dibutuhkan

 

Keuntungan Menggunakan Business Intelligence Software

Selain itu, ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan business intelligence software untuk bisnis.

Beberapa keuntungan tersebut di antaranya:

 

  • Menambah nilai data dan informasi yang diinginkan oleh perusahaan karena data dan informasi dapat diintegrasi.
  • Membuat pengambilan keputusan dalam keadaan bisnis menjadi lebih mudah diakses dan dipahami.
  • Membantu manajemen dalam membuat keputusan yang lebih baik dan cerdas.
  • Menolong bisnis dalam mengambil tindakan yang tepat ketika menghadapi krisis.
  • Mempermudah pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan Key Performance Indicator (KPI) sebagai tolak ukur.
  • Menunjukkan pencapaian KPI secara cepat, mudah, dan akurat.
  • Mempersiapkan langkah-langkah antisipatif ketika ada indikator masalah, seperti jika target masih jauh dari pencapaian.
  • Meningkatkan nilai investasi teknologi informasi yang sudah digunakan sebelumnya oleh perusahaan.
  • Meningkatkan efisiensi biaya.
  • Mempercepat kinerja tenaga kerja sehingga menghemat waktu.
  • Mengalokasikan sumber daya perusahaan dengan lebih akurat.

Jenis Business Intelligence Software 

Business intelligence software memiliki beberapa jenis yang dapat membantu perusahaan untuk menganalisis data dengan lebih efisien dan efektif, di antaranya:

 

1. Spreadsheet

Produk dari Microsoft Excel dan sekarang juga tersedia di Google Docs ini adalah tools BI yang paling banyak digunakan untuk memproses data berupa angka. Namun, sifatnya masih manual.

 

2. Reporting Software

Sesuai dengan namanya, perangkat lunak satu ini digunakan untuk membuat laporan, mengatur, menyaring, dan menampilkan data sesuai dengan kebutuhan.

 

3. Data Visualisation Software

Software business intelligence ini membantu Anda untuk menerjemahkan kumpulan data menjadi bentuk grafis yang lebih mudah dibaca dan menarik. Dengan bantuan software ini, Anda bisa memahami data dengan cepat.

 

4. Data Mining Tools

Jenis satu ini digunakan untuk menambang data untuk pola tertentu menggunakan AI, machine learning, atau statistik.

 

5. Online Analytical Processing (OLAP)

OLAP dapat digunakan untuk menganalisis kumpulan data dari berbagai perspektif yang berbeda sehingga memberikan wawasan yang kaya untuk Anda.

 

10 Software Business Intelligence yang Banyak Digunakan

Berikut ada berbagai macam software business intelligence yang paling banyak digunakan, di antaranya:

 

1. Microsoft Power BI

Software BI yang mudah digunakan dan menyediakan fitur visualisasi data yang kaya. Microsoft Power BI memungkinkan pengguna untuk menggabungkan data dari berbagai sumber dan membuat laporan, serta dashboard yang dapat diakses dari mana saja.

Fiturnya mencakup visualisasi data, konektivitas data, dan integrasi dengan aplikasi Microsoft seperti Excel dan SharePoint.

 

2. Tableau

Tableau adalah business intelligence software yang populer dengan kemampuan analisis data real-time. Tools ini menyediakan fitur visualisasi data interaktif yang memudahkan pengguna dalam membuat laporan.

Selain itu, Tableau juga memiliki kemampuan analisis prediktif dan konektivitas data yang kuat.

 

3. QlikView

QlikView adalah software BI yang cepat, mudah digunakan, dan menyediakan fitur analisis yang komprehensif dengan visualisasi yang menarik.

QlikView memungkinkan pengguna untuk menggabungkan data dari berbagai sumber sehingga mampu mengambil keputusan dengan lebih baik.

Fitur-fiturnya mencakup visualisasi data, konektivitas data, dan analisis data yang mendalam.

 

4. SAP BusinessObjects

SAP BusinessObjects memungkinkan pengguna untuk menggabungkan data dari berbagai sumber dan membuat laporan dan dashboard yang mudah dimengerti.

Fitur di dalam SAP membantu penggunanya untuk melakukan perencanaan dan penganggaran.

 

5. IBM Cognos

Tools BI ini dapat digunakan untuk memahami kinerja bisnis dan menemukan peluang baru dengan analisis dan visualisasi data yang mudah dipahami.

Dengan software ini, Anda dapat mengintegrasikan berbagai sumber data dan melakukan analisis serta perkiraan yang kuat.

 

6. Oracle BI

Software ini dapat Anda gunakan untuk mendapatkan wawasan baru mengenai keadaan bisnis Anda.

Selain itu, software ini juga membantu Anda dalam proses pengambilan keputusan yang lebih cepat dengan dukungan data yang akurat dan mudah diakses di berbagai perangkat.

 

7. MicroStrategy

Sesuai dengan visinya, software BI ini cocok sekali untuk diterapkan di segala bidang. Tools MicroStrategy ini akan memberikan Anda jawaban data yang kaya yang dapat Anda gunakan untuk mendukung kesuksesan bisnis.

 

8. Sisense

Tools ini membantu Anda untuk melakukan analitik data sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Di dalam aplikasi ini juga didukung AI yang mendukung pengambilan keputusan lebih cepat.

 

9. TIBCO Spotfire

Tools satu ini dilengkapi dengan sistem analitik yang lengkap.

TIBCO Spotfire memungkinkan penggunanya untuk mengeksplorasi dan memvisualisasi data melalui dashboard bisnis yang interaktif dan canggih. Selain itu, tools ini juga mampu menganalisis data dalam skala besar, termasuk analisis prediktif.

 

10. Software HRIS LinovHR

Software HRIS LinovHR adalah software business intelligence yang memiliki berbagai modul dan fitur yang dapat mendukung pengelolaan human resource perusahaan.

Dengan software ini, HR dapat mengelola berbagai data terkait administratif perusahaan, mulai dari data karyawan, data kehadiran, data penggajian, data kinerja, sampai dengan data pelatihan karyawan.

Tidak hanya itu, sebagai business intelligence software, Software HRIS LinovHR punya fitur report dan analisis. Di mana Anda dapat mengunduh seluruh laporan terkait keadaan human resource perusahaan dengan data-data yang real-time.

 

software hris

 

Mulai dari data absen, data jam kerja, data penggajian, data kinerja, sampai dengan data kompetensi karyawan. Nantinya semua ini dapat membantu Anda dalam menyusun strategi yang tepat terkait SDM perusahaan yang efektif dan efisien.

Sebagai data yang menyimpan berbagai data penting, Software HRIS LinovHR menjamin seluruh keamanan data dengan sistem cloud-nya.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Software HRIS LinovHR, Anda bisa mengajukan demo gratisnya.

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Related Articles

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru