HR Team

Panduan Membangun HR Team untuk Performa Terbaik

Human Resource Development atau HRD adalah divisi yang memegang tanggung jawab pada keefektifan sumber daya manusia perusahaan. Divisi HR atau HR Team tidak hanya memiliki fungsi untuk mengatur hubungan baik sesama karyawan maupun karyawan dengan atasan. 

Tetapi ada banyak tugas dan tanggung jawab penting lain terutama terkait dengan bidang Human Resource Management.

Karena divisi ini memiliki peran penting, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan untuk membangun HR Team, agar dapat meningkatkan performa perusahaan khususnya di bidang human resource.

 

Pentingnya Divisi HR Pada Perusahaan

Kualitas karyawan sebagai sumber daya manusia akan menentukan keberlangsungan perusahaan. Namun, tidak mudah untuk mengelola dan mendapatkan karyawan unggulan yang cocok dengan perusahaan. Selain itu, pendekatan perusahaan kepada karyawan tidak bisa dilakukan secara kaku tanpa adanya sentuhan manusia. 

Sebab, bagaimanapun juga, karyawan adalah manusia biasa dan butuh pendekatan secara manusiawi untuk meningkatkan kualitas kinerjanya. 

Di sinilah peranan penting divisi HR dalam mengelola karyawan. Tanpa peranan divisi HR, perusahaan akan kesulitan menjalankan operasional karena dari pengelolaan karyawan yang paling dasar saja belum berjalan dengan baik.  

 

Cara Membangun HR Team untuk Performa Terbaik

Menjalankan sebuah bisnis di perusahaan pastinya tidak bisa ditangani oleh satu orang. Maka dari itu, sebagai pemilik perusahaan Anda membutuhkan beberapa divisi yang akan membantu dalam proses bisnis, salah satunya adalah divisi HR.

software hris

 

Lalu bagaimana cara membangung HR Team agar dapat menghasilkan performa terbaik?

 

1. Pahami Tujuan Perusahaan

Sebagai orang yang akan berkecimpung untuk mengelola sumber daya manusia, hal pertama yang harus dilakukan seorang HRD adalah paham akan tujuan perusahaan. Karena dengan memahami hal tersebut akan membantu HRD untuk mengarahkan sdm sesuai dengan tujuan perusahaan.

Oleh karena itu penting untuk memiliki HR yang mempunyai kesamaan visi dan misi yang sama dengan perusahaan.

 

Baca Juga: Pentingnya Visi Misi Perusahaan dan Contohnya

 

2. Seimbangkan Tugas HR Specialist dan Generalis!

Dalam membangun performa HR Team, perhatikan tugas antara HR Specialist dan juga generalis. HR Generalist dapat menangani semua masalah tentang sumber daya manusia seperti penggajian, tunjangan, orientasi karyawan, dan juga kebijakan sdm. 

Sedangkan HR Specialist lebih berfokus pada segmen kerja tertentu seperti administrasi tunjangan, perekrutan dan hubungan antar karyawan. Jadi dalam membangun performa HR Team, tugas dari HR Generalist maupun Specialist harus saling berkesinambungan.

 

3. Pilih Anggota yang Memenuhi Kualifikasi Unggulan

Anggota HR Team juga harus memiliki sifat dan juga skill yang memenuhi standar HRD. Mereka harus dapat mengambil setiap keputusan berdasarkan data, pintar mencari solusi, dan memiliki emosional yang stabil. 

Karena divisi HRD pada dasarnya bekerja dengan menemui banyak kepribadian yang berbeda-beda.

 

Gunakan Software HRD Untuk Memaksimalkan Kinerja Divisi HR

Tugas dan tanggung jawab seorang HRD perusahaan memang terbilang cukup berat, karena divisi ini harus mengelola karyawan perusahaan dan juga melakukan beberapa tugas lain. Agar HR team bisa lebih mudah mengerjakan tugasnya, gunakan software HRD dari LinovHR.

Software HRD dari LinovHR akan menawarkan berbagai fitur yang dapat memberikan kemudahan bagi perusahaan Anda khususnya divisi HR, antara lain:

  • Memudahkan dalam mendata informasi karyawan secara terperinci dan meminimalisirkan data akan tertukar atau mengalami redundancy.
  • Mengelola jadwal kerja dan memantau status kehadiran karyawan akan lebih mudah diakses dengan memanfaatkan Time Management System LinovHR
  • Proses penyaringan calon kandidat perusahaan akan lebih mudah karena data dari setiap calon kandidat tersimpan dengan rapi dan mudah di cari.
  • Dapat mengukur dan menilai kinerja karyawan dengan tepat dan jelas.
  • Mengadakan program pelatihan dan pengembangan karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan melalui modul Learning and Development LinovHR.
  • Pemberian tugas-tugas kepada karyawan dapat disampaikan secara cepat. Selain itu karyawan juga dapat mengajukan izin, cuti, sakit tanpa harus menghubungi pihak HRD secara langsung.

 

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perkembangan kualitas karyawan ditentukan dengan bagaimana kinerja divisi HR dalam suatu perusahaan. Sehingga HR team sendiri perlu membentuk atau membangun kinerja yang unggul bersama staf yang berkompeten. 

Menggunakan Software HRD dari LinovHR akan membantu divisi HRD untuk menyelesaikan tugasnya dengan cepat, efisien, dan cepat. Maka, pengembangan kualitas sumber daya manusia pun bisa dilakukan jauh lebih baik dibandingkan mengandalkan cara manual. Untuk demo Software HRD dari LinovHR, hubungi tim layanan kami dengan klik tautan berikut ini!  LinovHR/Contact/

 

Referensi:https://lattice.com/library/how-to-build-an-hr-team-from-scratch