Curriculum vitae

Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Langsung Dilirik HRD!

Setelah kita membahas tentang hal-hal yang harus dihindari dalam membuat CV, maka kali ini kami akan membahas hal apa saja yang harus dilakukan untuk membuat CV agar dilirik HRD. Menulis CV yang bagus bisa menjadi tantangan besar dalam mencari kerja. Kebanyakan perusahaan hanya membaca beberapa detik setiap CV sebelum menyimpan atau membuangnya. Ow!

Jangan takut! Di bawah ini sudah ada tips untuk mendapatkan interview idaman Anda.

 

Buat CV Yang Masuk Akal

Biasanya CV tidak lebih dari dua halaman A4. Para HRD menghabiskan sekitar 8 detik melihat sebuah CV, jadi jangan tuliskan semua pengalaman hidup Anda. Pilih yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar, dan to the point. Simpan beberapa detil kecil untuk interview.

 

CV Khusus Untuk Setiap Perusahaan

Mungkin kita semua pernah melakukannya. Membuat CV yang sama ke berbagai perusahaan untuk menghemat waktu. Stop! Ini malah membuat Anda membuang biaya dan tidak dipanggil interview. Cari tahu tentang pekerjaan tersebut, perusahaannya, dan gunakan iklan itu untuk menulis secara persis dan spesifik keahlian apa saja yang harus Anda tonjolkan. Mereka akan menghargai usaha Anda.

 

Update CV Anda

Anda harus mengupdate CV Anda bahkan jika tidak sedang mencari kerja. Update setiap kali suatu kejadian penting terjadi dalam karir Anda. Tuliskan atau catat sehingga Anda tidak lupa sesuatu yang penting dan berguna di masa depan.

 

Kesalahan Pengetikan

HRD sengaja mencari kesalahan dalam CV Anda, dan jika menemukannya maka Anda bisa kelihatan buruk di mata mereka. Alasannya sederhana: dengan banyaknya CV yang harus dibaca, mereka menggunakan kesalahan ketik sebagai filter untuk menolak aplikasi dan menganggap Anda tidak serius melamar kerja. Baca ulang CV Anda untuk mencari kesalahan ketik, jika perlu gunakan spell checker atau minta orang lain memeriksanya.

 

Beritahukan Yang Sesungguhnya

Setiap orang berbohong dalam CV mereka, bukan? Jangan! Berhenti melakukannya! Kebohongan dalam CV bisa membuat masalah besar jika perusahaan mengecek latar belakang dan referensi Anda. Anda tidak mau mulai bekerja untuk kemudian diberhentikan karena tidak mengatakan yang sebenarnya, bukan? Anda bisa saja kena waktu interview ketika tidak bisa menjawab pertanyaan yang seharusnya Anda tahu jawabannya karena Anda menulisnya di CV.

 

Tunjukkan Angka

Mungkin ini kelihatannya membosankan, tetapi mendukung pencapaian Anda dengan angka-angka yang relevan membuat CV Anda lebih menjual. Ketika menulis riwayat pekerjaan, jangan sekedar menulis Anda meningkatkan penjualan. Beritahu perusahaan bagaimana Anda meningkatkan penjualan sebesar 70% dalam waktu enam bulan. Lebih meyakinkan, kan?

 

Penampilan CV Yang Menarik

Kita semua dinilai terlebih dahulu dari penampilan. CV Anda juga demikian. Sesuaikan dan buatlah CV Anda menarik. Gunakan bullet point dan buat kalimat yang pendek. Gunakan trik desain grafis dengan meninggalkan banyak area putih di sekitar tulisan dan di antara kategori sehingga lebih mudah untuk dibaca. Jadilah kreatif dengan aplikasi Anda!

 

CV Yang Keyword Friendly

Jika Anda mengupload CV ke portal job, keywords atau kata kunci sangat penting. Jabatan kerja dan kata-kata spesifik yang berhubungan dengan pekerjaan akan menolong mesin pencari (search engine) menemukan CV Anda. Bingung? Tunggu dulu. Sebagai contoh, seorang kandidat marketing mungkin menyebutkan SEO (Search Engine Optimization), direct marketing dan digital marketing sebagai pengalaman dan keahlian mereka. Jika Anda tidak yakin, carilah online dan lihat kata-kata apa yang sering muncul ketika Anda memasukkan jabatan kerja atau posisi Anda.

 

Jangan Buat Celah

Perhatikan jika ada detil-detil yang bisa merugikan Anda saat CV dibaca HRD perusahaan. Contohnya, jika ada waktu kosong antara dua pekerjaan sebelumnya sebaiknya Anda mengisinya dengan sesuatu yang positif. Apakah Anda melakukan pekerjaan sosial? Ikut kursus soft skills seperti public speaking, komunikasi, kerja sama tim, kepribadian, atau lainnya? Sebagai calon karyawan, anda dituntut untuk lebih kompetensi dan kelebihan yang relevan dengan pekerjaan yang anda lamar.

 

Dengan melampirkan itu semua kedalam Curriculum Vitae yang anda buat, ditambah dengan sentuhan kreatif yang anda miliki, maka CV anda bukan hanya dilihat oleh HRD, namun juga anda akan diterima bekerja di tempat tersebut.